Skip to main content

Perbanyak minum air yuk

Pernah nggak mengalami pinggang dan punggung sakit saat kita terlalu lama bekerja? Ternyata penyebabnya bukan hanya karena kita kurang gerak lho tapi yang paling utama biasanya kalau kita sudah sibuk kerja kita lupa minum. Beberapa kali ami mengalami yang seperti ini, aduh pinggang rasanya mau patah sakit banget. Apalagi kalau pas dikantor banyak kerjaan, yang namanya air putih dimeja dari pagi sampai siang gak tersentuh sama sekali.

Seperti kita ketahui 70% tubuh kita terdiri dari cairan, otomatis disaat kita lupa memasukkan unsur cairan kedalam tubuh, tubuh kita akan mengeluarkan sinyal ya seperti itu tadi pinggang sakit bahkan kadang bisa pusing. Karena tubuh kita kan berpori, panas tubuh membuat cairan yang ada didalam menguap lewat keringat. Kalau kebutuhan cairan tidak terpenuhi otomatis sirkulasi tubuh menjadi terganggu. Selain menggantikan cairan tubuh yang hilang air putih memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia

1. Menghilangkan dehidrasi dan haus
Coba deh pas kita lagi jalan ditengah terik matahari atau selesai aktivitas fisik rasanya dahaga mulai menyerang. Otak kita pasti memberi sinyal “hai…minum donk haus nih” apa hayo yang pertama kali kepikiran? Kalau ami sih segelas sir putih lebih menyegarkan daripada minuman lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi air tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan yang pasti gak bakal kehausan. Makanya kapanpun dan dimanapun ami selalu bawa tumbler buat bawa air putih.

2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Karena tubuh kita 70% terdiri dari cairan, minum air secara cukup akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh karena cairan tubuh inilah alat transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, coba deh pas puasa cek suhu tubuh kita pasti akan naik beberapa derajat, membantu mencerna makanan dan masih banyak deh manfaat lainnya.

3. Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan
Beneran nih, waktu ami program diet frekwensi minum air putih jauh meningkat karena saat ami merasa lapar ami langsung minum segelas air putih udah deh hilang laparnya. Apalagi pas sebelum makan minum air putih dulu segelas besar, dijamin deh udah kenyang duluan.

4. Meningkatkan energi
Lho, apa hubungannya air putih dengan energi? Ada donk, karena otot kita juga butuh air untuk bekerja secara optimal. Coba deh selesai olahraga, tubuh mengeluarkan keringat secara berlebih karena proses pembakaran lemak dan karena suhu tubuh meningkat cairan tubuh juga ikut keluar. Sebenarnya badan kita yang lelah setelah olah raga bukan karena apa, melainkan karena otot kita kekurangan cairan akibat kenaikan suhu tubuh tadi. Habis olah raga langsung minum air putih, lihat deh hasilnya tubuh akan berangsur segar karena otot sudah tercukupi cairannya.

5. Membantu mengeluarkan racun
Emang bisa kita berkeringat atau buang air kecil kalau kita gak minum dulu? Bisa sih tapi volumenya sedikit sekali, pada saat kita berkeringat dan buang air kecil itu adalah saat tubuh mengeluarkan racun. Dengan meminum air putih kita membantu tubuh untuk lebih banyak mengeluarkan racun lewat keringat dan urine. Oh iya, ami dulu pernah kena penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ternyata salah satu penyebabnya adalah karena ami kurang minum air putih sehingga pada saat racun dikeluarkan tubuh tidak maksimal dan mengendap di saluran kencing. Jadi perbanyak minum air putih yaa, biarpun resikonya sering ke toilet.

6. Menghaluskan dan mencerahkan kulit
Mau cara yang murah untuk mempunyai kulit yang halus dan cerah?? Gampang, cukup perbanyak minum air putih. Seperti yang tadi ami bilang semakin banyak cairan yang masuk kedalam tubuh maka semakin banyak uap yang keluar lewat pori-pori kulit. Semakin sering pori-pori kulit bekerja akan semakin halus dan cerah warna kulit kita. Gak perlu lagi deh sering-sering ke salon buat treatment, cukup rajin minum air putih kinchlonk deh kulit kita.

7. Menjaga fungsi ginjal
Dalam sehari kedua ginjal kita memproses 200 liter darah dalam tubuh, ginjal akan menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Kalau kita gak minum air putih secara cukup ginjal gak akan mampu untuk membersihkan 200 liter darah dalam tubuh kita. Jadinya mineral yang harusnya keluar bersama urin mengendap didalamnya dan jadilah batu ginjal. Karena di keluarga ami ada riwayat berpenyakit batu ginjal ( nenek dan bapak ) ami harus memproteksi diri dengan mengkonsumsi cairan secara cukup. Gak hanya ami sih, Ara juga ami jaga karena saat usia 3 tahun Ara juga pernah kena ISK jadi setiap hari dia harus banyak minum air putih.

8. Meningkatkan fungsi otak
Masih ingat iklan yang tagline nya “ Ada A$%# ?? “ ternyata kekurangan cairan bisa mengurangi konsentrasi lho. Dengan rutin minum 2 liter air dalam sehari akan membantu meningkatkan konsentrasi dan membantu kelancaran sistem saraf di otak


Selain air putih kita juga bisa menggantikannya dengan mengkonsumsi buah dengan kadar air tinggi seperti semangka, jeruk, melon de el el. Namun karena dalam prosesnya buah-buahan tadi masih diproses lagi didalam tubuh alangkah lebih baiknya jika air putih saja yang diperbanyak jumlahnya. Selain mudah didapat juga murah kan harganya? Yuk perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari


Comments

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…