Tutorial Membuat Blog di Blogspot


Hari gini internet cuma buat di pakai main game online atau buka-buka fb? Sebenarnya sech boleh-boleh saja, tapi kalau kita bisa eksis di dunia maya sekaligus berbagi pengalaman & pengetahuan dengan yg lain sekaligus mencari uang jajan tambahan itu lebih bagus kaaaan. Blogger yang banyak visitornya tentu bisa dijadikan ajang promosi bisnis, bagi yang senang menulis bisa 'memamerkan' hasil tulisannya di blog, siapa tau banyak yang suka lalu dibikin buku. Pokoknya ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi bila kita memiliki blog & menjadi seorang blogger.

Nah, buat yang mau menjadi seorang blogger tapi masih belum mengerti bagaimana cara membuat blog. Sekarang ami akan mengajarkan step by step cara membuat blog di blogspot. Yuuk mari kita lihat tutorialnya disini..


Membuat Email

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah kamu memiliki alamat gmail yang masih aktif atau di gunakan. Jika kamu belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail


Daftar Blog di blogger

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami.
    pilih bahasa
  3. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail kamu ( akun email kamu bisa untuk login ke blogger).

    login gmail
  4. Isilah formulir yang ada :
    1. Nama tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog kamu.
    2. Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin kamu, misal : wanita.
    3. Penerimaan Persyaratan : Beri tada ceklis sebagai tanda kamu setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Saran: sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar kamu tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.
    4. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”.

      lanjutkan membuat blog
  5. Klik tombol “Blog Baru”.

    buat blog baru
  6. Isilah formulir :
    1. Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal: Catatan sang penghayal
    2. Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila kamu ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar kamu inginkan. Kalau ada tanda seru, berarti nama itu sudah ada yg memakai, carilah nama yg lain.
      Tanda contreng berwarna biru, berarti nama itu bisa di pakai oleh kamu.
    3. Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
    4. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.

      cara bikin blog
    5. Sampai disini blog kamu telah berhasil di buat.
  7. Untuk menghindari spam filter, sebaiknya kamu langsung posting sembarang saja. Klik tulisan “Mulai mengeposkan”.

    mulai posting
  8. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”.

    blogger
  9. Silahkan lihat blog kamu dengan klik tombol “Lihat Blog
  10. Selesai.

Sekarang blog kamu telah tercipta dan dapat di buka di berbagai belahan dunia. Tinggal umumkan pada semua teman-teman kamu, bahwa kamu kini telah mempunyai blog. Terus promosikan blog kamu agar banyak visitornya, bisa lewat social media yg anda punya atau bisa pakai free website traffic agar blog kamu mendapat banyak pengunjung / traffic

Comments