Skip to main content

Bebas Bau Meski Berkerudung


Teman, pernah ga sih merasakan rambut berbau ga sedap? Terutama bagi kita yang dalam keseharian mengenakan kerudung. Kalau saya pernah, dan itu sangat sangat membuat saya tidak percaya diri sepanjang hari.

Sebagai perempuan baik yang berkerudung ataupun yang tidak kita harus menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala kita, ibarat pepatah rambut adalah mahkota perempuan yang harus selalu dijaga kilau dan keindahannya. Ada beberapa tips nih bagi kita yang ingin menjaga rambut tetap sehat dan bebas dari bau tidak sedap :

1. Pilih bahan kerudung yang dapat menyerap keringat, seperti katun atau kaos. Dua bahan ini seperti kita ketahui termasuk dalam jenis kain berserat alami. Pori-porinya membuat sirkulasi udara tetap baik terjaga. Coba deh pakai kerudung berbahan satin diudara yang lagi panas-panasnya, uuhh kulit kepala pasti berkeringat dan bercucuran laksana sedang didalam sauna. Kalau sudah begini ketombe akan muncul, rambut akan mudah rontok, dan yang pasti rasa lembabnya bikin ga nyaman. 

2. Hindari memakai kerudung dalam keadaan rambut basah. Apalagi pagi hari nih biasanya kita udah cepet-cepet aja habis keramas langsung pakai kerudung tanpa menunggu rambut kering 100%. Pastikan setiap selesai keramas kita mengeringkan rambut dengan alami dan sempurna keringnya. Tapi kalau tergesa-gesa boleh lah sesekali menggunakan hair dryer. Pengalaman saya nih kalau pakai kerudung dengan rambut dalam keadaan basah, agak siang biasanya saya sudah garuk-garuk karena kulit kepala yang gatal dan ada bau-bau yang ga sedap karena kerudung yang lembab. Hadehh kalau sudah gini bawaannya bad mood deh sepanjang hari, ga mau kan? Makanya pastikan rambut dalam keadaan kering sempurna sebelum memakai kerudung

3. Jangan terlalu erat waktu mengikat rambut, rambut juga butuh ruang gerak dan nafas juga lho. Pilih juga bahan yang berpori, kalau mau pakai karet pilih yang elastisitasnya baik, ga tertalu kaku tapi juga ga gampang putus. Saya kalau ngikat rambut terlalu kencang biasanya pusing banget kepala ini, apalagi kalau naik motor pakai helm dehhh langsung cenut-cenut ini kepala. Dan efek buruk lainnya kalau rambut terlalu erat diikat waktu pakai hijab rambut akan cepat lembab dan ujung-ujungnya kulit kepala yang berkeringat pasti bisa menimbulkan bau yang ga sedap

4. Keramas secara teratur 3 kali seminggu dengan menggunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala kita. Tau sendiri kan saat ini banyak ditawarkan produk-produk perawatan rambut yang khusus digunakan bagi perempuan berkerudung. Jangan langsung tergiur lho ya, pastikan produk yang kita pakai sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau mau mencoba silahkan saja tapi pastikan proses trial and error itu membuahkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan kita. Karena belum tentu teman kita cocok menggunakan produk A kita cocok juga, karena keadaan kulit kepala dan rambut setiap orang berbeda-beda.


5. Selain rutin keramas lakukan juga perawatan rambut seperti masker rambut atau creambath secara teratur setidaknya satu bulan sekali. Tidak harus kesalon mau dilakukan sendiri dirumah juga sangat bisa, tapi kalau saran saya sih sebaiknya ke salon saja karena mereka pasti lebih mengerti cara merawat kulit kepala dan rambut kita. Apalagi saat ini sudah banyak salon-salon yang khusus untuk muslimah bahkan produk serta proses perawatannya juga menggunakan produk dan cara yang halal.

6. Selain itu semua, sebisa mungkin ketika kita berada dirumah bebaskan rambut. Dalam artian saat kita melepas kerudung rambut jangan diikat, digerai saja dan biarkan rambut bergerak bebas dan menikmati udara.

Selain nutrisi dan perawatan dari luar tadi kita juga bisa memberikan nutrisi dari dalam seperti memperbanyak makan sayur, buah serta kacang-kacangan. Jadilah muslimah yang tidak hanya cantik hati dan perilakunya tapi juga yang bisa menjaga penampilannya agar bisa menyejukkan hati siapapun yang melihatnya.




Comments

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…