Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe

Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :

  1. Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking 
  2. Pilih menu Pembayaran
  3. Pilih menu BPJS 
  4. Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang   
  5. Pilih lanjutkan
  6. Selanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketahuan nunggaknya berapa, hehehehe)      
  7. Gunakan Token BCA lalu pilih APPLI 1 dan masukkan di kolom “RESPON KEYBCA APPLI 1”
  8. Sebelum tekan tombol “KIRIM” pastikan jumlah peserta dan jumlah pembayaran sudah benar
  9. Setelah menekan tombol “KIRIM” transaksi kita sudah selesai diproses dan sebaiknya simpan bukti pembayarannya  







Sudah selesai, semudah itu ternyata membayar BPJS Kesehatan. Jadi, sudah ga ada alasan lagi yaa untuk menunda-nunda. 

Kebetulan orang tua saya dan suami kami ikutkan BPJS Kesehatan Mandiri, selama ini sih ga ada masalah untuk pelayanan termasuk ketika tahun lalu bapak saya harus operasi Hernia disalah satu rumah sakit di Gubeng - Surabaya. Harusnya bapak di kelas 2 tapi karena katanya kelas 2 penuh kami harus naik kelas atau turun ke kelas 3. Katanya kelas 3 juga penuh, kelas 1 dan VIP juga penuh dan "terpaksa" bapak menjalani perawatan di kelas VVIP. Kalau mau nunggu, satu bulan baru bisa dioperasi karena sifatnya tidak mendesak. Untuk operasi Hernia kami harus nambah sekitar 7 juta untuk perawatan selama 4 hari. 

Pengalaman juga ayah mertua saya, tahun lalu beliau periksa mata dan dinyatakan harus operasi. Untuk operasi harus antri giliran dulu, katanya akan dipanggil ketika gilirannya tiba. Namun hingga kini hampir satu tahun tak kunjung tiba giliran ayah mertua saya untuk operasi. Katanya kalau mau cepat ya harus naik kelas seperti bapak saya. 


Kalau pengalaman anda bagaimana?

Comments