Skip to main content

PRUprime Healthcare Syariah, jawaban atas kegalauan muslimat

Pernah ga sih merasa ingin memberi perlindungan diri tapi masih sangsi alias ragu apakah prosesnya sesuai dengan syariat dan kaidah agama Islam? Kalau saya iya, apalagi bagi kita yang sedang berhijrah, berproses agar segala aspek duniawi yang menyentuh kehidupan kita sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Allah S.W.T dan Rasulullah S.A.W


Dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke 10 tahun dalam bidang asuransi syariah, Prudential Indonesia meluncurkan sebuah produk yang menjawab kegalauan muslimat Indonesia selama ini. Lewat sebuah produk asuransi berbasis syariah yang diberi nama Pruprime Healthcare Syariah

Sebenarnya kalau boleh dibilang PruSyariah sudah cukup berpengalaman menangani masalah asuransi yang berbasis syariah, 10 tahun lho sudah hadir di Indonesia. Dan mereka terus berinovasi, mendengarkan dan memahami apa sih keinginan masyarakat Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa prinsip universal dari syariah sendiri adalah saling tolong menolong, berbagi resiko, dan keuntungan untuk semua orang dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga terutama di Indonesia.

Untuk itulah dalam rangka Prudential 10th anniversary ini, Prusyariah melaksanakan roadshow dibeberapa kota besar di Indonesia. Setelah minggu lalu di Jakarta, di tanggal 16 Mei 2017 kemarin giliran Surabaya yang disambangi. Dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber, antara lain :
  • Rinaldy Mudahar, sebagai Country CEO Prudential Indonesia
  • Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia
  • Nini Sumohandoyo, selaku Corporate Marketing & Communication and Sharia Director Prudential Indonesia
  • Paradikma Subawa, selaku Product Planning and Development Prudential Indonesia


Lantas bagaimana sistematika kerja dari asuransi syariah itu sendiri?

Underwriting à adalah sebuah proses penafsiran jangka hidup seorang calon peserta yang nantinya berkaitan dengan jumlah premi yang harus dibayar. Namun pada asuransi syariah tujuan underwriting itu sendiri bertujuan untuk memberikan skema pembagian resiko yang adil dan proporsional diantara peserta. Dalam proses underwriting di asuransi syariah nantinya juga akan dikenakan biaya upah (ijarah/fee) pada peserta.

Polis à Sama halnya dengan asuransi konvensional, dalam asuransi syariah juga ada polis yaitu surat perjanjian antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dalam polis asuransi tentunya memuat Akad, perjanjian asuransi, pernyataan polis, pengecualian, dan tentunya adanya pengesahan dari pihak asuransi itu sendiri.

Premi à Pada asuransi syariah, premi umumnya dibagi menjadi 3 yaitu : Premi tabungan, Premi Tabarru’ dan Premi biaya

Pengelolaan Dana Asuransi à Dalam pemilihan pengelolaan dana asuransi, sebagai nasabah kita bebas memilih apakah mau menggunakan akad muharabah, mudharabah musyarakah, atau wakalah bil ujrah

Melanjutkan pembahasan mengenai asuransi PruPrime Healthcare Syariah, apa sih keunggulannya dibanding dengan produk asuransi syariah lainnya, diantaranya :
  1. Pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit untuk sebagian besar manfaat sesuai dengan plan yang dipilih.
  2. Dapat perlindungan dengan biaya asuransi lebih murah dengan memilih fasilitas PruPrime Saver
  3. Fasilitas PruPrime limit booster untuk menambah batas manfaat tahunan PruPrime healthcare syariah
  4. Fasilitas manfaat berkembang, yakni 10% peningkatan batas manfaat tahunan awal asuransi tambahan setiap tahun, maksimal 50% dari batas batas manfaat tahunan awal, apabila peserta yang diasuransikan tidak mengajukan klain
  5. Nikmati perlindungan global, termasuk ketika kita hendak melakukan perawatan rawat inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. Kita juga bisa melakukan perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Tinggal tunjukkan saja kartu PruPrime healthcare syariah kita tidak perlu mengeluarkan uang sendiri.
  6. Fleksibilitas bagi peserta yang diasuransikan dalam menentukan masa perlindungan asuransi tambahan (sampai peserta yang diasuransikan berusia 55, 65, 75 atau 85 tahun)
  7. Terdapat santunan dana Marhamah (santunan kasih sayang) yang akan dibayarkan apabila peserta yang diasuransikan meninggal

Diatas tadi kita sempat mengenal beberapa fasilitas yang ditawarkan juga oleh PruPrime healthcare syariah seperti PruPrime saver dan PruPrime limit booster, apa sih itu ?

PruPrime Saver à adalah fasilitas pilihan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan biaya asuransi yang lebih murah. Jika kita memilih untuk menanggung sendiri sejumlah biaya rawat inap hingga batas tertentu, kita tinggal menyesuaikan dengan plan yang kita pilih.

PruPrime Limit Booster à adalah fasilitas yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan batas manfaat tahunan perlindungan rawat inap kita. Dan manfaat ini hanya diberikan satu kali selama masa pertanggungan PruPrime healthcare syariah mulai aktif.
Misalnya nih kamar yang seharusnya menjadi hak kita penuh dan kita memilih untuk menempati kamar yang dibawahnya, selisih harga itulah yang nantinya akan menambah limit booster kita.

Fasilitas Manfaat Berkembang à Kita juga akan mendapatkan tambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal hingga maksimal 50% dari batas manfaat tahunan awal, dengan ketentuan :
Tidak ada klaim yang terjadi selama 1 tahun polis berjalan
Total akumulasi klaim selama pertanggungan asuransi tambahan lebih kecil dari pada 10% dari batas manfaat tahunan awal.

Berbicara mengenai kontribusi, pada asuransi PruPrime healthcare syariah tergantung pada usia dan jenis kelamin, sedangkan plan yang dipilih dapat juga berubah sewajtu-waktu. Dan setiap bulannya, biaya asuransi PruPrime healthcare syariah akan dialokasikan untuk biaya/ujroh pengelolaan resiko sebesar 30% dan untuk iuran Tabarru’ sebesar 70%

Lantas apa saja sih syaratnya agar kita bisa menjadi peserta PruPrime healthcare syariah :

  1. Mulai usia 1 bulan sampai dengan 65 tahun diulangtahun berikutnya
  2. Masa perlindungan yang dapat dipilih sampai dengan usia 55 tahun, 65 tahun, 75 tahun, atau 85 tahun diulang than berikutnya
  3. Hanya tersedia dalam mata uang rupiah
  4. Memenuhi kriteria minimum santunan asuransi untuk manfaat meninggal dunia per polis
  5. Maksimum manfaat harian sesuai plan yang dipilih pada table manfaat
  6. 1 peserta yang diasuransikan hanya boleh memiliki maksimal 1 asuransi kesehatan sejenis di Prudential
  7. Memiliki kriteria financial underwriting yang berlaku di Prudential



Setelah di Jakarta dan Surabaya, roadshow dalam rangka launching PruPrime healthcare syariah ini juga akan hadir dikota Makassar pada tanggal 22 Mei 2017. Harapannya agar semua masyarakat semakin sadar pentingnya menghargai dan melindungi diri sebagai salah satu wujud rasa syukur kepada Allah SWT dengan memberikan perlindungan berupa asuransi yang berbasis syariah. Kembali lagi kepada diri kita, sayangkah kita pada diri kita sendiri ?

Comments

  1. nah ini memang bener-bener menjawab kagalauan banyak orang, termasuk saya :)

    salam
    https://budiono.net

    ReplyDelete
  2. Masyarakat perlu tahu PRUsyariah ini, sekarang kan apa-apa kudu syariah biar tenang dunia & akherat!

    ReplyDelete
  3. Ternyata Prudential Syariah itu prosesnya mudah banget, kirain sulit dan berbelit belit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…