Skip to main content

Puasa yang menyenangkan anak


Alhamdulillah, senangnya tahun ini kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan. Bersyukur juga karena tahun ini Ara sudah mulai belajar berpuasa. Tahun ini Ara akan menginjak usia 6 tahun di Agustus nanti, telat ga sih belajarnya? Nggak juga sih, semuanya tergantung pada kemampuan si anak sendiri tapi kalau mau dimulai diusia sebelum 5 tahun juga bisa kok. Prinsipnya bulan Ramadhan itu mengajarkan anak untuk disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran. Memberikan edukasi bahwa puasa itu menyenangkan dan menyehatkan.

Untuk yang baru pertama kali puasa jangan dulu langsung diajarkan untuk menjalani puasa dari Shubuh sampai Maghrib, dicoba secara bertahap dulu. Kalau untuk balita atau yang masih TK setelah makan sahur dihitung saja 6 jam sesudahnya, yaa kira-kira jam 10 pagi anak bisa berbuka setelah itu dilanjutkan lagi puasanya 6 jam kemudian atau kalau kuat bisa langsung sampai maghrib tiba. 

Karena ketahanan setiap anak berbeda-beda, misalnya anak diusia SD bisa bertahan sampai dzuhur tiba lalu bisa melanjutkan lagi puasanya. Apalagi diawal-awal Ramadhan, anak-anak masih beradaptasi, ketika dia belum kuat untuk puasa penuh itu tidak apa-apa biarkan saja dulu tapi jangan lupa tanyakan kenapa dia tidak kuat, jangan langsung dimarahi yaa. Tapi ketika sudah memasuki minggu kedua anak kita ketahuan curang saat berpuasa, apalagi bagi anak yang usianya sudah diatas 9 tahun kita sudah harus memberikan ketegasan bahwa itu dosa.


Seperti yang saya bilang tadi, dari sisi psikologis puasa itu intinya adalah SELF CONTROL , mengajarkan anak untuk disiplin, bertanggung jawab, dan jujur. Untuk mengajarkan itu semua sebagai titik awal kita orang tua harus berkaca dulu dan memberikan contoh yang baik pada anak-anak kita. Kita juga tidak boleh memberikan informasi secara setengah-setengah pada anak, misalnya si anak tanya 
“bunda, kenapa sih kita harus puasa?”
Kita jangan hanya bilang “ Ya harus, kalau enggak dosa “ si anak akan bingung juga kok bisa dosa? Kita sampaikan kebenaran pada anak, sampaikan makna puasa secara total, bukan hanya dosa tapi bahwa puasa itu wajib hukumnya bagi kita ummat Islam agar kita bisa mengontrol diri dan emosi. Terutama untuk anak kita yang sudah berusia sekolah dasar, itu masa-masa kritis anak kita harus memberikan jawaban yang logis dan mudah dipahami oleh mereka.

Jadi bagaimana sih caranya agar anak-anak bisa berpuasa dengan menyenangkan? 

Mudah saja kok, apalagi buat anak-anak. Yang utama buatlah suasana sahur yang menyenangkan, hidangkan makanan-makanan sehat kesukaan anak-anak kita. Sempatkan memberi dongeng sebelum tidur dengan cerita-cerita Ramadhan dan selipkan juga teaser menu sahur nanti sehingga anak akan lelap tidurnya dan tidak sabar menunggu waktu sahur tiba. 

Boleh kita berikan reward, misalnya kalau si anak berhasil puasa 1 hari bisa dapat uang 5.000. Kita berikan reward ini bukan untuk dia beli jajan atau mainan, tapi uang yang dia dapatkan setiap harinya ketika dia berhasil berpuasa nantinya akan diberikan ke teman-temannya di panti asuhan ketika Lebaran tiba. Kita dapat 2 poin nih, mengajarkan anak berpuasa sekaligus mengajarkan anak untuk berempati serta berbagi.

Nah, kalau puasa kan anak-anak biasanya lebih lemas atau malas ngapa-ngapain. Itu jangan dibiarkan yaa bunda, ajak anak untuk tetap bermain dan beraktivitas seperti biasa. Tapi batasi anak untuk melakukan aktivitas yang banyak menguras energi seperti bersepeda atau main bola, terutama di siang hari. Ubah jadwal bersepeda atau olah raga lainnya di sore hari menjelang adzan maghrib tiba. Sarankan anak untuk bermain dirumah atau membaca buku saja.

Lantas apa sih makanan yang tepat agar anak-anak bisa kuat untuk menjalankan ibadah puasa?
Utamanya untuk menu sahur ya, kita bisa menghidangkan makanan yang mengandung karbohidrat lepas lambat, jangan memberikan yang manis-manis karena sebenarnya gula inilah yang menyebabkan kita mudah lapar. Jangan juga memberikan makanan yang menghasilkan gas tinggi seperti jagung atau kubis karena bisa menyebabkan perut kembung.

Pada saat “buka puasa” ditengah haripun sediakan makanan yang tidak terlalu manis karena nantinya anak-anak akan melanjutkan puasanya lagi sampai adzan maghrib tiba.

Boleh ditambahkan lhoo bagi ayah atau bunda yang punya tips lain bagaimana membuat puasa menjadi menyenangkan bagi anak-anak

Comments

  1. anakku juga tahun ini mulai belajar puasa. tapi untuk jam sahurnya belum bisa sesuai jadwal sahur kayak orang dewasa hehehe.sebangunnya dia. kalo bangun subuh ya "sahur" subuh.semoga anak-anak kuat sampai akhir Ramadhan ya

    ReplyDelete
  2. anakku belum 4 tahun tapi udah aku kenalin sahur n puasa meskipun ikut sahur nanti paginya pas bangun tidur dia minta makan lalu dy blg puasa lagi. Makasi loh mba sarannya aku pengen coba semoga tahun depan bisa ikutan puasa dan berikan reward kek mba gitu :)

    ReplyDelete
  3. Tahun ini si bungsu belajar puasa sampai maghrib. Semoga dimudahkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…