Say No To Calo

Tahun ini motor kesayangan kami, si cakar macan genap berusia 10 tahun. Tepatnya di 19 Mei 2017 tanggal kadaluarsa TNKB nya. Sabtu itu saya dan suami berkunjung ke SAMSAT Tandes Surabaya, karena motor ini atas nama suami dan alamatnya masuk kewilayah Tandes jadinya pagi itu kami jalan-jalan kesana.


Sekarang semuanya serba mudah dan cepat, kami datang sekitar pukul 08.30 motor tidak kami letakkan ditempat parkir tapi kami langsung menuju ke area CEK FISIK. Untuk tahapan-tahapannya kira-kira seperti ini :

  1. Posisikan motor langsung diarea CEK FISIK
  2. Siapkan BPKB asli, KTP atau SIM asli (nama harus sesuai dengan yang tertera di BPKB, jika tidak harus membuat surat kuasa diatas materai Rp 6.000), STNK asli semuanya silahkan difoto copy ditempat yang sudah ditentukan, Biayanya Rp 6.000 sudah termasuk map dan plastik STNK
  3. Ambil formulir di loket PENGAMBILAN FORMULIR, serahkan semua yang dari tempat foto copy an tadi. kalau mau pajak 5 tahunan formulirnya ada 2, yang satu untuk cek fisik dan satu lagi untuk pembayaran pajaknya. Disini bebas biaya, jangan dikasi uang ya petugasnya. 
  4. Isi kedua formulir tadi, ada contohnya kok ditempat yang sudah disediakan, tapi pulpennya ga disediakan ya jadi jangan lupa bawa pulpen biar ga pinjam tetangganya
  5. Setelah mengisi formulir silahkan ke loket cek fisik, disana cuma diliat aja tuh surat-suratnya. Terus disuruh naikin deh motornya ditempat Cek Fisik. yang disayangkan sebegitu banyak kendaraan yang mau dicek fisik, eh petugasnya cuma ada 2 dan gak jelas pula pengaturannya. Kalau orangnya grapyak seperti suami saya tadi ya bisa cepet deh di cek sama bapaknya, tapi seandainya itu tadi saya ya wes silahkan menunggu lama. Disini setelah selesai cek fisik formulir yang cek fisik akan dibawa oleh petugasnya, kita tinggal nunggu aja untuk pengesahannya.
  6. Setelah pengesahan cek fisik kita dipersilahkan untuk masuk kedalam, wahh senangnya dari tadi sudah kepanasan diluar. Didalam kita bisa langsung antri untuk bayar, tadi total yang saya bayarkan Rp 349.500, rinciannya sih seperti ini :
          Pajak tahunan                            = Rp 189.500
          Penerbitan STNK                      = Rp 100.000
          Penerbitan TNKB                     = Rp   60.000


Lanjut ke loket pengambilan STNK disini ga lama kok nunggunya, langsung ke loket pengambilan plat nomer alias TNKB sudah deh selesai. Jadi... SAY NO TO CALO ya, sekarang sudah gampang kok mau bayar pajak kendaraan, kalau yang tahunan bisa di drive thru atau di mall. 

Tapi kadang kita butuh calo juga, apalagi yang kendaraannya masih atas nama orang lain. Mau urus sendiri agak ribet, iya kalo si empunya nama mau minjemin KTP kalo kagak. Tinggal datang aja ke Samsat ntar pas diparkiran kalo kita celingukan pasti ditawarin jasa mereka, kalo motor biasanya nambah 75ribu tapi kalo mobil 150ribu. Itu kalo status pajaknya ga bermasalah lho ya, kalo status pajaknya sudah terblokir dan lapor jual biasanya mahal lebih baik langsung balik nama aja kan sekarang balik nama juga gampang. 

si mbak berkerudung merah ini bawa setumpuk map, dan dia langsung masuk gitu aja ke ruang cek fisik padahal kalo dilihat sepintas juga bukan pegawai SAMSAT, siapa ya dia??


Comments