Skip to main content

Say No To Calo

Tahun ini motor kesayangan kami, si cakar macan genap berusia 10 tahun. Tepatnya di 19 Mei 2017 tanggal kadaluarsa TNKB nya. Sabtu itu saya dan suami berkunjung ke SAMSAT Tandes Surabaya, karena motor ini atas nama suami dan alamatnya masuk kewilayah Tandes jadinya pagi itu kami jalan-jalan kesana.


Sekarang semuanya serba mudah dan cepat, kami datang sekitar pukul 08.30 motor tidak kami letakkan ditempat parkir tapi kami langsung menuju ke area CEK FISIK. Untuk tahapan-tahapannya kira-kira seperti ini :

  1. Posisikan motor langsung diarea CEK FISIK
  2. Siapkan BPKB asli, KTP atau SIM asli (nama harus sesuai dengan yang tertera di BPKB, jika tidak harus membuat surat kuasa diatas materai Rp 6.000), STNK asli semuanya silahkan difoto copy ditempat yang sudah ditentukan, Biayanya Rp 6.000 sudah termasuk map dan plastik STNK
  3. Ambil formulir di loket PENGAMBILAN FORMULIR, serahkan semua yang dari tempat foto copy an tadi. kalau mau pajak 5 tahunan formulirnya ada 2, yang satu untuk cek fisik dan satu lagi untuk pembayaran pajaknya. Disini bebas biaya, jangan dikasi uang ya petugasnya. 
  4. Isi kedua formulir tadi, ada contohnya kok ditempat yang sudah disediakan, tapi pulpennya ga disediakan ya jadi jangan lupa bawa pulpen biar ga pinjam tetangganya
  5. Setelah mengisi formulir silahkan ke loket cek fisik, disana cuma diliat aja tuh surat-suratnya. Terus disuruh naikin deh motornya ditempat Cek Fisik. yang disayangkan sebegitu banyak kendaraan yang mau dicek fisik, eh petugasnya cuma ada 2 dan gak jelas pula pengaturannya. Kalau orangnya grapyak seperti suami saya tadi ya bisa cepet deh di cek sama bapaknya, tapi seandainya itu tadi saya ya wes silahkan menunggu lama. Disini setelah selesai cek fisik formulir yang cek fisik akan dibawa oleh petugasnya, kita tinggal nunggu aja untuk pengesahannya.
  6. Setelah pengesahan cek fisik kita dipersilahkan untuk masuk kedalam, wahh senangnya dari tadi sudah kepanasan diluar. Didalam kita bisa langsung antri untuk bayar, tadi total yang saya bayarkan Rp 349.500, rinciannya sih seperti ini :
          Pajak tahunan                            = Rp 189.500
          Penerbitan STNK                      = Rp 100.000
          Penerbitan TNKB                     = Rp   60.000


Lanjut ke loket pengambilan STNK disini ga lama kok nunggunya, langsung ke loket pengambilan plat nomer alias TNKB sudah deh selesai. Jadi... SAY NO TO CALO ya, sekarang sudah gampang kok mau bayar pajak kendaraan, kalau yang tahunan bisa di drive thru atau di mall. 

Tapi kadang kita butuh calo juga, apalagi yang kendaraannya masih atas nama orang lain. Mau urus sendiri agak ribet, iya kalo si empunya nama mau minjemin KTP kalo kagak. Tinggal datang aja ke Samsat ntar pas diparkiran kalo kita celingukan pasti ditawarin jasa mereka, kalo motor biasanya nambah 75ribu tapi kalo mobil 150ribu. Itu kalo status pajaknya ga bermasalah lho ya, kalo status pajaknya sudah terblokir dan lapor jual biasanya mahal lebih baik langsung balik nama aja kan sekarang balik nama juga gampang. 

si mbak berkerudung merah ini bawa setumpuk map, dan dia langsung masuk gitu aja ke ruang cek fisik padahal kalo dilihat sepintas juga bukan pegawai SAMSAT, siapa ya dia??


Comments

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…