60 Menit Untuk Mengubah Nama

Skeptis, ini yang sebelumnya saya rasakan dan mungkin dirasakan banyak orang lainnya jika harus berurusan dengan birokrasi apalagi untuk urusan bayar pajak kendaraan. 



Yah, bulan depan mobil harus bayar pajak 5 tahunan nih mana masih atas nama orang lain duh males banget deh rasanya. Apalagi kata orang kalau mau bayar pajak yang bukan atas nama sendiri katanya susah dan lama banget. Hmm...coba deh pikiran jeleknya dipinggirkan sebentar, mumpung masih pengangguran iseng main ke Samsat Surabaya Utara tanya-tanya prosedur kalau mau bayar pajak 5 tahunan sekaligus balik nama bagaimana.

Siang itu sekitar jam setengah satu siang selesai interview kerja saya coba mampir ke Samsat Surabaya Utara, sengaja sih kesananya jadi di tas sudah bawa BPKB dan juga STNK asli. Disana saya langsung ke meja layanan informasi, disana disambut oleh bapak yang ramah banget ( duh pak maaf ya saya lupa nama bapak ) saya tanya bagaimana prosedur kalau mau bayar pajak 5 tahunan sekaligus balik nama. Oleh beliau BPKB dan STNK asli diminta untuk dicek di database. Karena pemilik mobil sebelumnya alamat rumahnya didaerah Kapas Krampung dan rumah saya masuk wilayah kecamatan Semampir jadi kami masuk dalam satu wilayah. Saya diarahkan untuk ke tempat foto copy dulu untuk copy berkas, disana tinggal bilang saja mau BBN satu wilayah nanti petugas foto copy nya sudah ngerti apa saja dan berapa lembar yang harus difoto copy. Untuk foto copy dan pembuatan kwitansi jual beli uang yang harus saya keluarkan Rp 20.000
Kalau saya cek ada 3 rangkap dokumen yang masing-masing terdiri dari beberapa lembar dari halaman BPKB, STNK, KTP, dan kwitansi jual beli 


Keesokan harinya saya kembali ke Samsat Surabaya Utara sama suami dan bawa mobilnya juga, karena sebelumnya saya sudah tanya apa saja yang harus dilakukan suami langsung saya minta parkir kendaraan kedalam didepan area cek fisik.

Saya langsung menuju ke meja layanan fisik yang ada disebelah gedung arsip, ke petugas saya langsung bilang mau BBN satu wilayah sekaligus pajak 5 tahunan. Semua yang sudah saya foto copy kemarin beserta aslinya saya serahkan ke petugas, oleh beliau di cek dan langsung diberi map dan formulir yang harus saya isi juga satu lembar untuk saya berikan ke petugas gesek mesin. lembar gesek mesin saya serahkan ke suami, tugasnya dia buat nemenin pak petugas sekaligus nyangoni. Sebenarnya ga ada keharusan sih, cuma ga tau kayaknya sungkan aja dan kebiasaan kali ya, ga banyak sih cuma 10 ribu aja. 


Setelah formulir saya isi, semuanya dokumen asli dan foto copy serta hasil cek fisik saya jadikan satu di map tadi. Langsung serahkan ke loket layanan fisik tunggu sampai nama saya dipanggil. Setelah itu langsung ke gedung utama untuk melanjutkan proses administrasi. Jangan lupa tulis nopol dan nomer HP di bagian depan map nya ya. Pastikan nama dan data yang  ditulis di formulir sudah sesuai dengan KTP terbaru.

Masuk ke dalam gedung utama silahkan langsung menuju ke loket 1 untuk pendaftaran dan penetapan. Siapkan KTP asli karena diminta sama petugasnya untuk dicek kesesuaian datanya. Setelah saya diberi tanda terima saya diminta duduk untuk menunggu panggilan pembayaran.

Kurang lebih 15 menit langsung ada panggilan dari kasir 4 untuk melakukan pembayaran. Karena sebelumnya saya sudah tanya ke petugas informasi berapa kira-kira biayanya jadi saya sudah menyiapkan uang pas dan tepat sekali perhitungan bapak informasi kemarin. Untuk pembayaran pajak dan total biaya balik nama yang harus saya bayar adalah Rp 2.672.000 rinciannya tertera di lembar pajak STNK.

Rinciannya :


BBN KB
720.000
PKB
1.134.000
SWDKLLJ
143.000
Biaya Adm STNK
575.000
Biaya Adm TNKB
100.000
 
Dari loket pembayaran saya diberi bukti pembayaran dan berkas dokumen saya tadi. Langsung diarahkan ke loket PNBP untuk menyerahkan berkas 1 map tadi dan juga bukti pembayaran pajak mobil saya. Disana saya langsung diberi tanda pembayaran buku pemilik kendaraan bermotor sebagai bukti pengambilan BPKB yang lamanya +/-4 bulan. Ya Salam nggak kurang lama tuh bu 4 bulan, padahal niatnya BPKB nya setelah selesai  langsung mau "sekolah" lhooo hehehehe


Tunggu lagi 10 menit sampai ada panggilan dari loket layanan penyerahan STNK/TNKB, dan setelah ada panggilan masih harus tunggu lagi sebentar untuk TNKB nya selesai dan itupun tidak lama. Kurang lebih 10 menit juga TNKB yang baru sudah diserahkan.

Saya sampai di Samsat Surabaya Utara sekitar setengah 11 siang dan menjelang adzan Dhuhur semua proses sudah selesai. Jadi, skeptisisme yang sebelumnya saya rasakan hilang seketika dan saya harapkan masyarakat juga bisa membuktikan bahwa saat ini layanan pajak sudah beda banget dari jaman baheula. Urus pajak sendiri, tertiblah membayar pajak dan hindari calo karena saat ini semuanya dipermudah.

Kesimpulannya, untuk prosedur balik nama dan bayar pajak 5 tahunan 1 wilayah yang harus dilakukan adalah :
  1. Bawa mobil, BPKB asli, STNK asli, dan KTP asli kita ( yang akan dibalik nama ) parkir langsung diarea cek fisik
  2. Ke tempat foto copy, bilang saja mau BBN 1 wilayah dan pajak 5 tahunan
  3. Ambil formulir di meja layanan formulir
  4. Gesek nomor mesin 
  5. Ke loket layanan fisik
  6. Ke loket 1 ( Pendaftaran dan Penetapan )
  7. Bayar di kasir
  8. Ke loket PNBP
  9. Ke loket layanan penyerahan STNK/TNKB



Comments