Sehat dan Ceria Berkat 3K

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Nutrisi untuk Bangsa memperingatinya dengan cara yang berbeda. Bertempat diarea Car Free Day Taman Bungkul Surabaya, Nutrisi untuk Bangsa mengadakan sebuah acara yang bertajuk “ Bunda Tanggap Alergi dengan 3K Bersama alergianak.com “ untuk membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang alergi.


Kita sadari bersama bahwa perubahan iklim dan lingkungan banyak mempengaruhi kesehatan, kalau dulu faktor genetik banyak mempengaruhi terjadinya alergi pada buah hati kita. Sebagai orang tua kita harus peka melihat jika ada yang “tidak biasa” terjadi pada diri anak kita, maka kita harus tanggap dengan cara 3K yaitu 
Kenali – Konsultasikan – Kendalikan

Gejala yang dialami tiap anak bisa berbeda-beda, ada yang batuk terus menerus, kulit kemerahan, bersin-bersin, muntah, bahkan diare. Namun kita sebagai orang tua jangan panik dulu, setelah kita mengenali gejalanya segera konsultasikan ke dokter spesialis anak. Kalau memungkinkan mintalah tes alergi agar bisa diketahui anak kita allergen terhadap apa sehingga bisa segera di kendalikan penyebabnya. Deteksi atau tes alergi bisa dilakukan dengan 3 cara :
  1. Skin Prick Test ( Tes tusuk )
  2. Tes Darah
  3. Uji Tempel Kulit


Di acara pagi itu ada banyak acara seru, bersama dengan adik-adik dari PAUD dan TK Wonokusumo Surabaya beserta para pengunjung Car Free Day acara dimulai dengan fun walk. Para orang tua dan anak-anaknya berjalan sejauh 1,5 KM sambil menyerukan komitmen 3K.

Selesai fun walk langsung dibagikan buah pisang cavendish dan air mineral untuk mengembalikan energi setelah lelah berjalan santai. Anak-anak langsung bisa mengekspresikan kreativitasnya di booth mewarnai, sementara para orang tua bisa berkonsultasi masalah alergi dengan 6 orang dokter yang sudah bersiap di booth konsultasi.

Disela-sela acara juga diadakan games-games seru yang berhadiah gimmick menarik, ada juga senam Zumba yang seru habis yang membuat para pengunjung acara berkeringat dan bergembira tentunya.

Selain booth mewarnai dan konsultasi, juga ada booth alergianak.com disana kita bisa langsung melakukan pendaftaran di website alergianak.com Selain informasi segala sesuatu tentang alergi, disana kita juga bisa melakukan virtual tes untuk mengetahui kemungkinan alergi yang terjadi pada anak kita.

Seperti yang saya tulis diatas, faktor genetik masih mempengaruhi resiko alergi pada si kecil, namun prosentase kemungkinannya bisa berbeda-beda
  • Kedua orang tua tidak mengalami alergi resiko anak menderita alergi adalah 20%
  • Salah satu sudara kandung mengalami alergi resiko anak menderita alergi 20-30%
  • Salah satu orang tua mengalami alergi resiko anak menderita alergi 17-29%
  • Kedua orang tua mengalami alergi resiko anak menderita alergi meningkat hingga 50-80%

Jenis alergi yang umum terjadi penyebabnya biasanya karena makanan ( termasuk susu sapi ), obat, sengatan serangga, bulu binatang, dan debu. Seperti yang bisa kita lihat bahwa 1 dari 12 anak memiliki resiko alergi protein susu sapi, dan 1 dari 25 anak mengalami alergi protein susu sapi. Namun kita tak perlu takut karena semuanya bisa dikendalikan dan bisa dicegah pencetusnya.

Apalagi bagi anak-anak yang intoleran terhadap protein susu sapi, seperti anak saya Ara, kita bisa mengganti kebutuhan susunya dengan susu pengganti, seperti yang kemarin dijelaskan oleh para dokter di booth konsultasi ada 3 jenis susu pengganti
  • Susu formula terhidrolisis parsial, yang diberikan pada anak yang belum muncul manifestasi alerginya
  • Susu formula terhidrolisis sempurna, susu ini diberikan untuk anak dengan manifestasi alergi
  • Susu formula soya, diberikan pada anak yang alergi susu sapi namun tidak alergi kacang kedelai


Acara ditutup dengan pembagian doorprize yang banyak sekali, mulai dari voucher belanja, rice cooker, dan juga handphone. Pengunjung yang datang pagi ini tidak hanya senang namun juga pulang membawa ilmu baru dan kesadaran yang lebih tinggi lagi tentang alergi pada anak.




Comments

  1. aku ini ada alergi, dingin dan debu. makanya, kadang suka khawatir banget dua anakku juga nurun alerginya. makasih mbak sudah diingatkan yang tentang 3K ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment