Skip to main content

Mitos atau Fakta, Mengajarkan bahasa asing membuat anak bingung bahasa ?


 Me : Hai Ara, how are you today?
Ara : I’m fine, thank you umi


Duhh, senang kan ya kalau buah hati kita bisa merespon dengan benar ketika kita berkomunikasi menggunakan bahasa inggris yang notabene bukan bahasa ibu mereka. Apalagi saat ini ketika era keterbukaan sudah didepan mata, kita sebagai orang tua harus mempersiapkan anak kita agar bisa menjalani era nya nanti.

Namun ada beberapa orang tua yang dilemma dengan pola pengajaran bahasa asing, mereka masih takut anaknya bingung bahasa bahkan ada juga yang takut anaknya dianggap “sok” karena berbahasa yang bukan bahasa ibunya. Apalagi bagi masyarakat urban seperti saya yang hidup dilingkungan perumahan, ada nih tetangga yang nyinyir “ih sok keminggris” hal-hal seperti ini yang kadang membuat kita sebagai orang tua menunda untuk membiasakan anak berbicara multi lingual.



Hari Sabtu lalu tepatnya tanggal 15 Juli 2017 bertempat di Food Society Pakuwon Mall Surabaya, English First Surabaya mengundang para orang tua di Surabaya untuk mengikuti bincang-bincang dengan mbak Vera, itu lho psikolog cantik yang setiap pagi wajahnya bisa kita lihat di Trans TV bareng Oki Setiana Dewi. Disini mbak Vera berbincang mengenai bagaimana menstimulasi anak agar mahir berbahasa inggris, tentunya didampingi juga dengan pasangan suami istri Darius Sinathrya dan Donna Agnesia yang bukan hanya sebagai brand ambassador EF Indonesia tapi juga sebagai orang tua dari 3 putra putri merek berbagi pengalaman bagaimana mengajarkan berbahasa inggris pada anak-anak mereka.

Siang itu dibahas mengenai mitos seputar bilingualism dan perkembangan berbahasa, ada 2 mitos yang selama ini banyak dikhawatirkan orang tua termasuk saya

MITOS
Khawatir anak terlambat bicara bila diajari berbahasa asing sejak dini
FAKTA
Perkembangan kemampuan berbahasa atau fungsi bicara sangat kompleks, melibatkan SSP & area berpikir ( seperti interpretasi bunyi, kemampuan verbal,memori, dll ) hingga aspek emosi dan social individu

MITOS
Anak bilingual alami bingung bahasa
FAKTA
Bingung bahasa atau code switching atau language mixing adalah bagian dari proses menguasai kedua bahasa dengan baik. Seiring berjalannya waktu kondisi ini akan hilang dengan sendirinya

Di satu tahun pertama kehidupan anak adalah golden moment, inilah waktu yang tepat untuk kita mengenalkan berbagai macam bahasa karena disaat inilah anak bisa merekam semua informasi yang diterima didalam otaknya. Kita sebagai orang tua harus memberikan stimulasi berbahasa pada anak dengan menerapkan metode CDS ( Child Directed Speech ) seperti :

Merespon bunyi-bunyi dari bayi dengan bunyi atau kata
Memberi perhatian dan komentar pada apa yang anak lihat
Bermain social games
Melibatkan anak-anak dalam bermain pura-pura
Melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari

Hal-hal itulah yang bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran dan pembiasaan berbahasa inggris ataupun bahasa asing lainnya. 
Tidak hanya melalui pembiasaan sehari-hari dirumah, agar kemampuan berbahasa inggris anak kita mumpuni kita bisa memberikan yang lebih seperti belajar bahasa inggris melalui media lembaga yang peduli dan berdeikasi menangani masalah pendidikan bahasa, EF salah satunya. EF atau English First adalah sebuah lembaga pendidikan kursus bahasa inggris yang mengajarkan berbahasa inggris yang baik dan benar secara FUN atau menyenangkan. 

5 ALASAN MEMILIH EF

  1. 50 tahun sebagai ahli dalam pendidikan internasional. Dan mulai mengajarkan pendidikan bahasa inggris di Indonesia sejak tahun 1995
  2. Memiliki pengajar yang berdedikasi, berkualitas, dan bertalenta
  3. Berkolaborasi dengan Cambridge University dan Harvard Graduate School of Education
  4. Terbukti 95% orang tua merekomendasikan EF terpercaya. EF adalah Official Language Supplier untuk olimpiade Beijing 2008, olimpiade Sochi 2014, dan olimpiade Rio 2016
  5. Inovasi bukan hanya kiasan, Inovasi adalah hasrat utama bagi EF, mulai dari kurukulukm terpadu sampai dengan desain sekolah yang modern dan sertifikat yang diakui secara internasional.


EF juga memiliki fasilitas program untuk segala usia, sistem belajar interaktif, guru berstandard internasional, serta fasilitas belajar terkini.

Dan di Surabaya saat ini EF ada di 6 cabang yang tersebar di seluruh penjuru kota Surabaya

  • Surabaya Bukit Mas
  • (031) 567 7600
  • Komp. Villa Bukit Mas Ruko RD No. 2-5, Jl. Abdul Wahab Siamin, Surabaya Jawa Timur 60225
  • Surabaya Jemursari
  • (031) 849 9900
  • Jl. Raya Jemursari, No. 76, Blok C 30-31, Surabaya Jawa Timur 60237
  • Surabaya Kayun
  • (031) 534 0071
  • Jl. Kayun No. 42 Surabaya Jawa Timur 60271
  • Surabaya Klampis
  • (031) 599 8800
  • Ruko Klampis Jaya No. 48 (dekat Hero Supermarket) Surabaya Jawa Timur 60117
  • Surabaya Plaza
  • (031) 548 4000
  • Lestari Sasana Pamer, Lt. 1, Jl. Pemuda No. 33-37, Surabaya Jawa Timur 60271
  • Surabaya PTC Supermal
  • (031) 739 2255
  • Pakuwon Trade Center, The Terrace, blok TT 17-18, Jl. Raya Puncak Indah Lontar 2, Surabaya Jawa Timur 60211
  • Surabaya Town Square (SUTOS)
  • 1 500 003
  • Surabaya Town Square, 1st Floor, Jalan Adityawarman No.55, Jawa Timur 60242


Untuk mulai belajar bahasa inggris di EF sudah bisa dimulai sejak anak berusia 3 tahun sampai dewasa, di EF ada jenjang-jenjang pendidikan yang bisa dipilih berdasarkan kemampuan tiap individu.

Lebih jelasnya bisa buka website English First di
http://www.ef.co.id

Jadi, tidak ada alasan lagi yang meragukan kita untuk mengenalkan bahasa inggris pada anak-anak kita, apalagi selama Juli sampai Agustus 2017 EF menawarkan promo menarik yaitu diskon hingga 1,8 juta rupiah dan hadiah langsung kepada semua siswa baru.

Comments

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…