Skip to main content

Sambang Pabrik Viva Cosmetics Bareng Surabaya Beauty Blogger




Coba lihat make up pouchnya, yang ga pernah ketinggalan adalah sebuah pensil alis yang warnanya orange merk nya Viva Cosmetics. Mulai dari emak-emak berdaster sampai MUA kenamaan di Indonesia semua mempercayakan kecetaran alisnya sama yang satu ini. Dan saya salah satu yang beruntung bisa menyambangi pabriknya, PT. Vitapharm



Sebuah bangunan yang nampak asri dari luar, tepatnya di jalan Panjang Jiwo no.42 Surabaya membawa kesan yang teduh dan adem bagi siapapun yang melihatnya. Bahkan tidak terkesan sebagai sebuah industry manufaktur yang sudah mendunia, itulah mungkin cermin kebersahajaan dari PT. Vitapharm.

Bersama komunitas Surabaya BeautyBlogger, saya termasuk salah satu yang beruntung bisa berkeliling di pabrik penghasil kosmetik terbaik di Indonesia. Dengan luas 4,7 hektar bangunan ini meliputi area produksi, Administrasi, distribusi, serta ada juga area perkebunan dimana disana ditanami tanaman buah, sayur, dan bunga yang digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan kosmetiknya seperti bengkoang, mentimun, kemuning, juga lidah buaya.

Pagi itu perempuan-perempuan cantik, para beauty blogger dan juga lifestyle blogger sudah berkumpul di multifunction hall gedung utama PT. Vitapharm. Kami disuguhi dengan sweet corner yang menghidangkan aneka snack manis dan juga gurih. Yang mau foto-foto juga sudah disediakan photo booth yang bergaya shabby chick didepan sana.

Acara dibuka oleh bapak Deni Wibisono, beliau adalah Marketing Head PT. Vitapharm yang sudah membawa perusahaan ini selama 55 tahun Berjaya didunia perkosmetikan di Indonesia. Acara yang bertajuk “Meet n Greet Beauty Blogger with Viva Cosmetics” ini juga punya yel-yel seru lhoo



Aku Cantik
Aku Sehat
Aku Bahagia
Muaahhh…Muaahh..Muaahh




Dengan gaya yang seru nan centil semua peserta selalu antusias ketika MC, Olivia Setia, meminta untuk mengumandangkan yel-yel

Setelah sedikit pembukaan dari bapak Deni dilanjutkan dengan penayangan company profile dan juga sedikit product knowledge oleh ibu Ana. PT. Vitapharm yang lahir di tahun 1962 ini telah menerima penghargaan sebagai “Indonesia Living Legend Brand’ dari SWA karena selain usianya yang sudah diatas 50 tahun, karena inovasi, produktivitas dan juga ketaatan dalam membayar pajak sudah ketiga kalinya pengharaan ini diterima. Apalagi PT. Vitapharm juga sudah menerima sertifikat CPKB ( Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik ) mulai tahun 2007 karena adanya pemisahan ruang bersih dan ruang umum dalam proses produksinya.

Setelah perkenalan kami semua diajak mengelilingi pabrik, dimulai dari area warehouse yang kalau saya lihat rapi banget. Penataannya menggunakan racking dan semua bahan baik bahan baku sampai barang jadi menggunakan teknik FIFO ( First In First Out ) dalam pendistribusiannya. Lanjut keruang produksi, inilah yang membuat saya takjub. Saya Pribadi pernah beberapa tahun bekerja di industry manufaktur tapi baru kali ini saya masuk ke area produksi yang bersihnya minta ampun.

Semua operator menggunakan pakaian khusus yang bebas dari kontaminasi luar, yang saya perhatikan adalah loker nya. Biasanya loker karyawan itu kan “kempros” (jawa:kotor) tapi disini nggak lho, seriusan, saya lihat sampai kesudut-sudut, sampai ke rak sepatu semuanya bersih. Ya karena disana gak boleh ambil gambar ya sudah dinikmati aja tournya.

Oh iya, respect banget deh sama PT. Vitapharm karena disana disediakan ruang Laktasi khusus buat ibu-ibu yang mau pumping ASI nya. Duhhh senang yaa kerja di perusahaan yang perduli dengan karyawannya. Jadi ingat dutempat kerja saya dulu, ada rekan yang kalau pumping di kamar mandi atau mojok di musholla nunggu ga ada orang.

Setelah dari ruang produksi kami masuk ke ruang QC, disanalah awal dan ujung sebuah produk. Mulai dari incoming material baik dari supplier atau kebun sendiri dites kelayakannya sebelum digunakan. Bahkan ketebalan kardus, warna packing sampai uji patahan lipstick juga dilakukan disana.

Setelah berpeluh mengelilingi pabrik Viva Cosmetics kami kembali lagi kedalam aula dan kali ini ada games seru. 5 pasangan, termasuk saya diadu untuk make up dan 3 pasangan dengan make up paling seru dialah pemenangnya. Setelah make up war, dilanjutkan dengan beauty class dengan tema corrective make up yang dipandu oleh mbak Yustin.

Bareng-bareng kami membersihkan muka yang awalnya full make up jadi bersih tanpa setitik make up pun yang tersisa dikulit wajah. Mulai dari peeling sampai maskeran kami lakukan bersama. Dilanjutkan dengan pengaplikasian contouring dan juga penggunaan foundation yang benar. Untuk make upnya juga dilakukan bareng-bareng mulai dari cara membuat alis yang baik, mengaplikasikan blush on agar Nampak segar dan juga memilih lipstick yang sesuai dengan warna baju yang dikenakan.

Setelah acara make up class kami semua dipersilahkan untuk makan siang dan juga beribadah. Sembari menunggu untuk makan siang, ternyata hari itu Divisi Media Online sedang berulang tahun yang ke 6. Divisi yang digawangi oleh ko Andre ini lahir tepat di 11-11-11 dan divisi inilah yang bertanggung jawab dalam penjualan produk Viva Cosmetics secara online juga merekalah yang memegang tanggung jawab dibidang media social.

Sekitar jam 2 siang sesi kedua dimulai, sesi belajar tentang fotografi bareng Moch.Rizky dimulai. Diawal kami diberi ilmu bagaimana mencari angle terbaik dalam foto, baik selfie atau saat difoto orang lain. Karena angle yang baik akan membuat feed Instagram ataupun blog kita menjadi kece. Dan ga hanya itu, dalam foto kita juga harus memperhatikan sumber cahaya dan darimana arah cahaya itu datang.

Dilanjutkan dengan materi Beauty Blogger 101 yang terdiri dari 10 poin penting, apa saja sih yang harus dimiliki seorang beauty blogger :

  1. Suka menulis tentang kecantikan
  2. Senang berbagi info yang menyenangkan
  3. Bisa make up sendiri
  4. Mereview produk kecantikan dengan benar, info yang diberikan harus berimbang dan nyata. Dalam artian meskipun kita di endorse untuk mereview sebuah produk kita juga harus menunjukkan apa sih kelebihan dan kelemahan produk itu
  5. Membangun networking yang luas
  6. Mau terus belajar
  7. Menguasai teknologi informasi
  8. Kenali banyak merk kosmetik /  make up
  9. Jadilah diri sendiri
  10. Paham foto dan videografi


Nah, kami juga belajar untuk praktek fotografi secara langsung nih dengan barang-barang yang ada dimeja dan tas masing-masing. Ternyata dalam foto yang harus diperhatikan adalah :


  • Building layer
  • Using colour



Setelah semua sesi usai dan foto bersama, kami dipersilahkan pulang dengan membawa segudang ilmu, banyak teman baru, kenangan yang Indah dan tidak lupa segambreng hadiah yang diberikan. Selamat juga yang hari itu dapat doorprize, duhh kurang baik apa coba PT. Vitapharm

Semoga ditahun yang ke 55 ini PT. Vitapharm semakin Berjaya, semakin merajai pasar kosmetika baik lokal maupun internasional, dan semakin inovatif untuk produk-produknya.

Comments

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…