Skip to main content

Amankah Proses Kelahiran dengan Water Birth?

Senangnya bisa melahirkan dirumah sendiri
https://www.instagram.com/andienaisyah/

Beberapa hari lalu penyanyi cantik Andien Aisyah baru saja melahirkan putra pertamanya melalui proses water birth. Seperti beberapa tahun lalu penyanyi Oppie Andaresta juga melakukan hal yang sama, kalau melihat videonya proses kelahiran gentle birth dengan media air steril ini menegangkan ya. Dan apakah proses kelahiran ini akan menjadi tren nantinya?

Bagi orang awam proses kelahiran biasa dilakukan melalui proses spontan ataupun Caesar, namun akhir-akhir ini mulai banyak yang tertarik dengan proses kelahiran yang satu ini padahal proses melahirkan ini sudah ada mulai tahun 70an yang kala itu lebih popular dibenua Eropa terutama di Rusia dan Prancis. Awalnya saya sering kepo bidanku.com, karena yang banyak melakukan praktik gentle birth ini biasanya bidan yang sudah bersertifikat tentunya.

Secara logika menurut saya memang benar sih melalui proses water birth bayi yang lahir tidak akan “kaget” karena selama 9 bulan bayi ada didalam air ketuban. Dengan water birth ketika bayi keluar dari jalan lahir ibunya dia akan bertemu dulu dengan air, sebuah dunia yang tidak asing baginya. Makanya bayi-bayi yang lahir melalui proses water birth tidak akan menangis, dia seperti tenang bahkan saya pernah baca pengalaman seorang ibu ketika bayinya lahir pe we ( posisi wenak ) banget seperti ketika didalam rahim, bayinya belum sadar kalau dia sudah lahir didunia. Dan menurut penelitian proses ini juga bisa mengurangi rasa sakit si ibu dan mencegah pendarahan yang berlebihan.

Proses kelahiran water birth ini tanpa bantuan obat penahan sakit atau epidural dan semacamnya, jujur saya pengen banget suatu saat nanti kalau melahirkan anak kedua mau pakai proses water birth. Tapi ada yang bilang kalau biayanya juga mahal karena media air yang digunakan bukan sembarang air dan apakah juga ditanggung asuransi ya? Airnya harus benar-benar steril karena selama proses pembukaan sampai bayinya lahir spontan semuanya dilakukan didalam air. Suhunya juga harus dijaga tetap hangat berkisar 36-37 derajat celcius, ini tujuannya agar ketika bayinya lahir dia tidak akan merasakan perubahan suhu yang ekstrem antara didalam dan diluar, selain itu juga bisa mencegah hipotermia bagi ibu dan bayinya. Wah saya gak kebayang tuh gimana menggigilnya, melahirkan kan kita telanjang bulat udah gitu masuk didalam air. Kalau suhunya tidak dijaga tetap hangat bisa menggigil, jadi ingat waktu melahirkan Ara beberapa tahun lalu, memang melalui proses Caesar tapi tetap “ditelanjangi” dan saya menggigil setengah mati karena kedinginan.

Suamipun bisa menemani didalam kolam
https://www.instagram.com/andienaisyah/

Mengutip dari bidanku.com melahirkan didalam air ini punya beberapa manfaat yang bagus bagi ibu, antara lain :
  • Ibu akan merasa lebih rileks karena didalam air semua otot yang berkaitan dengan proses kelahiran menjadi lebih elastis
  • Mempermudah proses mengejan karena ketika kita berada didalam air berat tubuh menjadi lebih ringan sehingga rasa nyeri yang dirasakan lebih sedikit
  • Ketika berada didalam air proses pembukaan jalan lahir akan lebih cepat

Sedangkan manfaatnya bagi bayi sendiri antara lain :
  • Menurunkan resiko cedera kepala bayi
  • Peredaran darah bayi akan lebih baik, sehingga tubuh bayi akan cepat berwarna setelah dilahirkan

Tentu saja segala sesuatu ada resikonya, termasuk ketika kita memutuskan untuk melahirkan dengan metode water birth. Resiko yang bisa dialami bayi adalah air yang kemungkinan besar akan tertelan, maka dari itu media air yang digunakan harus benar-benar steril sehingga walaupun tertelan tidak akan menimbulkan resiko yang berbahaya bagi bayi. Dan resiko bagi si ibu tentu saja hipotermia, apalagi biasanya anak pertama proses pembukaannya lebih lama. Dan disinilah peran pengatur suhu sangat diperlukan, dengan menjaga suhu air sama dengan suhu tubuh manusia diharapka resiko hipotermia bisa diminimalkan.

Tapi kembali lagi kepada anda dan suami, buatlah keputusan yang tepat sebelum memilih proses kelahiran. Kalau berniat melahirkan dengan gentle birth sedari awal pilihlah dokter atau rumah sakit yang mendukung proses ini. Atau jika ingin melahirkan dengan bantuan bidan, pastikan bidan tersebut bersertifikat dan berpengalaman membantu proses kelahiran dengan teknik water birth. Jangan lupa juga rutin mengikuti senam hamil, bukan hanya bagi yang pertama kali melahirkan tapi untuk semua ibu yang akan melahirkan. Karena dengan senam hamil yang benar kita bisa melatih pernapasan dan melenturkan jalan lahir sehingga ketika tiba saatnya bayi kita akan bisa “meluncur” dengan mudahnya.

Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kita memilih rumah sakit, dokter, ataupun bidan yang benar-benar perduli dan berpengalaman menangani proses kelahiran water birth. Sejauh yang pernah saya baca, kasus-kasus kematian bayi akibat water birth biasanya disebabkan karena paru-paru bayi yang belum sempurna dan tidak siap dilahirkan didalam air. Namanya juga gentle birth dengan media water seharusnya pihak-pihak professional yang membantu proses kelahiran adalah orang-orang yang punya jiwa lebih untuk mengasihi, ibarat kata sabarnya kudu 3x lipat. Dan kalau ditanya apakah aman melahirkan dengan proses water birth? Jawabannya AMAN asalkan memperhatikan hal-hal yang tadi sudah saya sebutkan diatas. Bahkan Andien pun melahirkan bayi tampannya dirumah dengan bantuan bidan, asalkan semua sudah dipersiapkan dengan matang dan Bismillah. 

Sekarang tergantung kepada anda, mau menyambut kedatangan si kecil dengan proses yang mana?


Comments

  1. Tfs Mbak, saya lagi hamil dan selama ini selalu kagum sama kehamilan dan persalinan Andien yang inspiring banget. Jauh sebelum hamil saya sudah banyak cari ilmu untuk bisa melahirkan normal, alami dan indah. Semoga saya juga bisa bersalin dengan nyaman seperti Andien dan Mbak juga bisa VBAC ya aamiin^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin....semangat mbak pasti bisa lahiran normal 😊

      Delete
  2. Saya merinding baca IG nya Andien. Salut deh dengan proses melahirkannya. Saya juga mau water birth nanti, tapi mahal engga ya? kira-kira bidannya Andien praktik dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat facebook ato webnya bidanku.com mbak mereka banyak kayaknya praktek didaerah2 juga.
      Kalo lihat di youtube seru2 mbak proses lahiran water birth. Apalagi lihat bayi2 yang didalam air serasa masih dikandungan

      Delete
  3. Istri temannya suami melahirkan dengan water birth juga, katanya sih lebih enak dibandingkan dua persalinannya yang lain. Saya juga mau melahirkan bentar lagi, semoga lancar jaya, Aamiin.. :)

    ReplyDelete
  4. nice info, buat persiapan saat melahirkan kelak :D

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…