Skip to main content

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.



Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang kita beli, dan ami lihat diatas etalase ada nota yang bisa ditulis sama itu SPG. Ami lihat nih disebelah kiri ada 1 SPB cowo yang gak ngapa-ngapain, didepan ami ada 2 SPG yang lagi nulis nota dan ngelayani customer tapi disisi kanan ada beberapa orang SPG lama dan training yang cuma diem aja gak ngapa-ngapain. Ami langsung bilang “mbak saya udah selesai” dengan nada dan intonasi biasa tapi si mbaknya cuma ngelirik aja. Sementara SPB tadi lihat bapak-bapak nyamperin dia ehh langsung dilayani sama dia. Wah gak bener nih, ami juga pernah jadi SPG mbak dan yang mbak lakukan salah. Setengah teriak nih ami langsung bilang “ Ini ada pegawainya gak sih? Saya udah selesai belanja tolong dibuatin nota “ dalam kondisi marahpun ami masih bilang tolong lhoo. Dan si 2 SPG tadi ngedumel gak jelas, dan datang si anak training yang langsung ngebikin nota sambil bilang “ mau maghriban ya mbak kok kesusu “ males jawabnya ami diemin aja dia.

Habis dikasi nota ami langsung ke kasir, dikasirpun ami lihat 4 orang ngumpul diarea kasir dan yang dibuka cuma 1 POS aja. Aduhhh, lagi2 yaa saya dulu juga mantan kasir jadi harusnya tahu kalau dibelakang ada antrian meski posisi istirahat ya dibuka dulu sebentar. Dan gak boleh lhoo ngumpul seenaknya diarea Kasir, karena area Kasir itu harus steril. Balik lagi ke ami, ami nunggu nih dibelakang orang yang lagi beli jam dan jam nya dites di area kasir gak jalan jadinya kudu nunggu lama si customer ambil gantinya. Padahal seharusnya customer tadi waktu pilih jamnya sama SPG nya di tes kan dulu donk, bukannya baru di tes di area kasir. 
What a stupid selling education !!!!!!!

Evi, sebelah kiri

Balik lagi, waktu si customer ambil jam yang baru, ami udah maju nih berharap didahulukan transaksi. Ehhh lha kok nggak, kita yang antri dibelakang malah didiemin, padahal ami lihat belum ada transaksi gantung lhoo dari si mbak customer tadi. Begitu si mbak customer datang langsung dilayani dan kasir sebelah dibuka. Kalau orang tahu aturan, yang seharusnya dilayani dulu ya yang antri dibelakang customer sebelumnya. Ini malah ada bapak-bapak baru datang nyerobot langsung aja dilayani sama sikasir yang baru buka ( Evi ). Selesai di bapak ami langsung dilayani, ami tahu di nota SPG tadi nulis buku yang ami beli cuma 5 padahal fisiknya 6, kalau ami gak teliti siapa donk yang rugi? Pemilik toko? Bukan, kalian SPG dan kasir lah yang rugi karena harus bayar ganti barang yang “hilang”. Setelah Evi input dan mau menyebutkan total belanjaan ami langsung tegur dia “ mbak coba dicek lagi, buku yang saya beli 6 lho bukan 5 “ dan si Evi gelagapan ngeluarin lagi belanjaan saya sambil hitung jumlah fisik bukunya. Tanpa bilang oh iya bu maaf mungkin SPG nya salah hitung, nggak, nih si Evi mencap mencep aja sambil batalin transaksi terus buang itu struk yang keluar dari POS dan nyoret nota yang tadi ditulis si SPG. Total belanjaan saya Rp 14.600 uang saya Rp 50.000 dimana-mana yaa pembeli adalah raja dan yang namanya struk dan kembalian WAJIB diserahkan ke tangan customer bukannya ditaruh gitu aja diatas meja tanpa ucapan terima kasih.

Ampunn,,, ini toko yang punya siapa sih?? Tolong dong pegawainya dididik, setidaknya hargailah pelanggan cukup dengan senyuman. Kalau anda butuh barangnya sih silahkan beli disana, tapi bagi ami kepuasan belanja adalah yang utama dan ami TIDAK akan merekomendasikan toko Pelangi Krian ke kantor, teman, kenalan, atau siapapun yang minta pendapat mana toko ATK yang baik di Krian. Lebih baik beli aja di Gramedia meski harganya lebih mahal tapi pelayanannya memuaskan.

Comments

  1. ibu santi yg terhormat kami pihak pelangi minta maaf baru merespon complain ibu kepada kami...sehubungan dengan itu kami bermaksud meminta maaf secara langsung kpd ibu,semoga ibu berkenan dengan memberi no kontak atw alamat rmh(bisa melalui email pelangi atk200@gmail.com)atas perhatiannya kami ucapkan beribu terima kasih.

    ReplyDelete
  2. waduhh,,, habis baca ini kyaknya harus brpikir ulang deh utk belanja ke toko tsb,, padahal saya mo order ATK utk toko saya,,makasih bu santi atas infonya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang sama Saya dapatkan beberapa tahun yg lalu, Sebelumnya Sy bertahun2 belanja disitu cukup banyak namun kesininya pelayanan tidak bagus dan mengecewakan alhasil lebih baik belanja ditoko lainnya lebih murah dan lebih ramah.

    ReplyDelete
  5. saya baru 2 kali ke pelangi cabang sidoarjo. gak lagi lagi deh kesana, bahkan ibu saya yang sabarnya kebangetan sampe kesel pas di mobil habis dari pelangi. heran deh, spg nya emang dimodelin gitu apa gimana sih? mending toko atk lain lah kalo mau beli apa apa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…