Pengalaman pertama lari 5K

by - April 25, 2016

Wow, itulah kata pertama yang ami rasakan waktu mengikuti event Pocari Sweat #SafeRunning 2016. Ya Allah nekat banget ya ami, belum pernah sebelum-sebelumnya lari sepanjang ini kok ya udah nekat ikutan lari 5KM. Beneran, ami ikutan event ini yang pertama karena penasaran seperti apa sih even running yang akhir-akhir ini jadi gaya hidup? Dan ternyata dari usia anak SD sampai kakek-kakek semua numplek blek disana. Ami waktu itu daftar pas presale  di 4 Maret 2016 via website www.pocarisweat.co.id/run  seharga Rp 180.000,-
Race Pack


Event di Surabaya hari minggu kemarin tanggal 24 April 2016, racepack ami ambil hari Sabtu di Ciputra mall, dapat nomer dada 8737. Kaosnya keren banget, dari Adidas, dapat juga asuransi dari Tokio Marine, voucher belanja Rp 100.000 ( dengan minimal pembelian Rp 500.000 ) dari Adidas, dan voucher 1 month free membership dari Gold Gym Indonesia.

Habis sholat shubuh ami bangunin abi minta anterin ke Graha Intiland, naik motor aja tuh berdua biar romantis. Acara dimulai sekitar jam 05.45 kami pemanasan dulu dipimpin mbak-mbak cantik dari Gold Gym. Oh iya, yang boleh masuk ke line up yang ikut 10K dulu karena mereka memang start race nya di jam 06.00. Menjelang jam 6 pagi kami semua menyanyikan lagu Indonesia Raya, tepat jam 06.00 pelari 10K mulai berlomba. Kalau ami lihat pelari-pelari di 10K udah “sego jangan”  dan banyak juga dari kelompok lari seperti indo runner dan lain sebagainya. Sementara yang ikut 5K yaa orang-orang seperti ami, kebanyakan pemula dan hanya menjadikan lari sebagai olah raga dan aktivitas selingan saja. 15 menit kemudian kami yang di 5K diberangkatkan, senang banget bisa lari barengan orang banyak meskipun gak ada satupun yang ami kenal. 1 KM pertama masih semangat lari, menjelang Hydration Point di KM 1,5 udah mulai kerasa nih kaki senut-senut. Sayang gak sempat ami foto, disana mah mau minum Pocari Sweat bergalon-galon monggo, udah disediakan kok sama panitianya.
Race Map
 Nah, abis minum nih kaki udah gak bisa diajak kompromi. Dan menurut ami penting lho pakai sepatu yang khusus buat lari, waktu itu ami pakai sepatu olah raga biasa alhasil jari-jari kaki terutama jempol membengkak karena kena tekanan tubuh. Ya sudah lah daripada gak bisa melanjutkan ami putuskan jalan cepat saja, tapi ami jalan cepatnya ambil kecepatan yang konstan gak seperti orang jalan kaki biasa. Di KM 3 ada Hydration Point lagi dan kami melalui cek point. Oh iya, di BIB yang kami gunakan ada chip pencatat waktunya lho, semuanya dicatat menggunakan MyLaps®BibTag System. Dan hasilnya nantinya akan di upload di website setelah selesai lomba. Ya Allah 5 KM kok rasanya jauh amat ya?? Oh iya, race map seperti ini.


Di KM 4,5 ada last hydration point tapi ami memutuskan gak minum soalnya mau nerusin lari aja. Disepanjang jalan official crew dari Pocari sweat selain menjaga keamanan, memberi arahan juga selalu menyemangati para pelari. Subhanallah pas menyentuh garis finish rasanya plong banget, waktu di garis finish kalo gak salah 53:19 (hasil resmi belum keluar) semua runner langsung ke tenda refreshment ambil satu botol pocari, pisang sama medali finisher. Wuihhh rasanya bangga dan senang banget ami akhirnya punya medali finisher untuk pertama kalinya. 

Sambil nunggu waktu ami ikut pendinginan dulu sama mbak-mbak dari Gold Gym lagi. Foto sana foto sini sambil menikmati suasana, ada beberapa tenda yang disediakan panitia, mulai dari community, baggage drop, mushola, ada juga tenda yang jualan produknya    PT. Amerta Indah Otsuka ( Pocari Sweat dan Soy Joy ). Didalam sana ada free cetak foto dari photo booth yang sudah disediakan, adajuga free sport massage dengan pembelian produk senilai Rp 10.000 aja. 





Dan tibalah saatnya pengumuman Juara 1,2,3 untuk Male dan Female kategori 5K dan 10K.


Untuk hadiahnya :
5K ( Male & Female )
Juara 1  : Uang Rp 5.000.000 + produk dari Garmin
Juara 2  : Uang Rp 3.500.000
Juara 3  : Uang Rp 2.000.000
10K ( Male & Female )
Juara 1  : Uang Rp 7.000.000 + produk dari Garmin
Juara 2  : Uang Rp 5.000.000
Juara 3  : Uang Rp 3.000.000
Untuk yang komunitas juga sama ada juara 1,2,3 cuma waktu itu ami lupa catat ^_^ 
Oh iya, itu kaki para pemenang bisa kecil-kecil kayak kancil gitu yaa, pantes kuat larinya, sementara ini kaki udah kayak kaki gajah, hehehe









Event pertama ini benar-benar berkesan buat ami, selain “njarem kabeh” yang gak akan bikin ami kapok, dari event ini ami jadi semangat berolah raga dan akan ikut event-event lari berikutnya. Semoga tahun depan catatan waktu nya bisa lebih baik lagi dan bisa full running tanpa jalan.





You May Also Like

0 komentar