Skip to main content

Remake Pertamaku : Matcha Pound

Saya....buat kue? 
Biasanya sih kalo ga bantat ya gosong 😂😂


Bagi followers instagram saya pagi ini pasti lihat postingan saya, sebuah resep Matcha Pound Cake. Sebenarnya ini adalah sebuah tantangan yang dibuat oleh EZ Cooking Class nya Hartono dan saya merasa tertantang untuk bisa membuat kue yang sama persis tanpa dikurangi 1 bahanpun dan 1 gram pun. Biasanya saya kalo remake selalu adaaa aja yang dikurangi ato ditambahi, tapi kali ini nggak yaa..

Karena sudah niat, kemarin saya ke Tobaku yang di Dukuh Kupang. Beli apa coba? Ya beli bubuk Matcha, karena salah satu bahan WAJIB dalam resep ini adalah Matcha. Kalo dibilang mahal cukup mahal juga sih, harga per 100 gram nya Rp 70.000,- Dan karena loyang nya juga harus sama, mampirlah saya ke Hartono Bukit Darmo. Cuss langsung naik kelantai 2 langsung menuju ke bagian baking, untunglah masih ada stocknya di display, harganya 49.000 untuk loyang jenis ini.
Untuk bahan-bahan lainnya cukup mudah didapat, antara lain :


350 gram gula pasir
300 gram mentega
4 butir kuning telur
4 butir telur ayam utuh
250 gram tepung terigu protein rendah, saya pakai Bogasari Kunci Biru
1/4 sdt garam
4 sdm bubuk matcha


Cara pembuatannya juga mudah :
1. Mixer gula dan mentega sampai menyatu
2. Masukkan semua telur jadi satu, mixer sampai mengembang
3. Setelah mengembang matikan mixer, tuang terigu, garam dan bubuk matcha.
Ingat ya sebelum dicampur ayak dulu semuanya biar ga ada grundulan2 nanti di adonannya
4. Aduknya perlahan-lahan aja pokoknya sampai semua bahan nyampur jadi 1 dan konsistensi warna hijaunya kelihatan.
5. Kalau di resep harusnya dipanggang dalam oven dengan suhu 180 derjat celcius selama 60 menit atau sampai matang, tapi karena saya pakai oven nangkring saya panggangnya lebih dari 60 menit dan apinya juga jangan besar nanti bisa gosong outside mentah inside  🤣🤣


Cake ini waktu di oven ya ampun bau nya mabul2 wangi teh banget, karena dia ga pake pelembut kue semacam SP/TBM/Ovalet menurut saya teksturnya sedikit kasar, pas diiris pasti ada remah2. Tapi tetep moist yaaa, tau sendiri kan telur yang dipake ada 8.


Dan satu hal lagi, bagi saya yang ga terlalu suka pahit lain kali kalau mau bikin lagi mungkin bubuk matcha nya saya kurangi 2,5 - 3 sdm aja karena yang ini rasa matcha nya masih nempel dilidah. Ya seperti minum teh ocha gitu deh.

Berapa uang yang saya habiskan untuk membuat 1 resep kue ini ?

Kita hitung yaa....

350 gram gula pasir = 4.375
300 gram mentega = 6.600
4 butir kuning telur = 4.750
4 butir telur ayam utuh = 4.750
250 gram tepung terigu protein rendah = 2.500
1/4 sdt garam = 100
4 sdm bubuk matcha = 7.000


Total = 29.985 untuk bahannya aja belum termasuk listrik dan gas (duhhh perhitungan amat buuu  😁😁 )

Wokehhh....inilah hasil remake saya, bagaimana dengan hasil remake anda ?



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…