Skip to main content

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Seringkali saya membaca berita di e100 kejadian kecelakaan lalu lintas, dimana korbannya belum tentu meninggal ditempat. Banyak masyarakat yang merasa kebingungan apa yang harus dilakukan untuk menolong korban laka tersebut tanpa mencelakakan dirinya sendiri dan korban yang ditolong. Bahkan jika saya sendiri yang mengalami hal tersebut saya juga pasti panik, meskipun saat masa SMA dulu saya pernah aktif menjadi anggota PMR dan “biasa” melihat darah atau luka.

Dari beberapa literature yang pernah saya baca, saya coba merangkum beberapa cara sederhana menolong korban kecelakaan lalu lintas :

  1. Pastikan diri anda aman saat menolong korban, jika anda sendirian minta bantuan pengguna jalan yang lain untuk mengamankan area laka. Kalau anda sendiri bawa motor, letakkan motor anda diposisi yang aman yang masih dalam jangkauan pandangan mata anda. Jika anda bawa mobil, cari tempat parkir yang aman dan kunci mobil anda.
  2. Pastikan tidak ada ceceran bensin atau percikan api didekat anda sebelum mulai menolong korban.
  3. Hubungi kantor polisi terdekat, bisa juga telpon ke 110 ( bebas pulsa ) atau lapor saja ke twitter @e100ss gate keeper nya sangat responsive kalau menerima tweet laka atau bisa langsung telpon ke 031-5600000
  4. Periksa denyut nadi korban, meskipun kelihatannya sudah berdarah-darah dimana-mana belum tentu korban meninggal. Raba diarea leher atau di nadi tangan atau bisa juga mendekatkan telinga ke hidung korban. Kalau anda merasakan ada udara hangat berarti korban masih bernafas. Longgarkan semua yang menghalangi jalan nafas, seperti kancing baju, jaket, lepas jam tangan, ikat pinggang, dan sepatu.
  5. Ajak bicara, agar korban tidak mengalami shock. Tanya apa saja yang bisa membuat korban tetap sadar.
  6. Jika korban masih menggunakan helm, jangan dilepas karena bisa jadi korban mengalami gegar otak atau patah tulang belakang. Bisa berakibat fatal jika ada pergerakan dilehernya.
  7. Jika posisi korban tertelungkup jangan  ditelentangkan, cukup pastikan korban masih bisa mendapatkan udara untuk bernafas, bersihkan darah diarea hidung dan jangan diberi minum.
  8.  Jika korban dalam posisi terlentang, pastikan juga tidak ada hambatan bagi korban untuk bernafas.
  9. Sebisa mungkin amankan luka-luka ditubuh korban dengan menutupinya dengan kain bersih
  10. Sambil menunggu ambulans datang, minta orang-orang disekitar mencari koran bekas atau kayu atau benda apapun yang cukup keras untuk menopang badan dan leher korban saat dievakuasi nanti.

Jika posisi korban ada ditengah jalan yang cukup berbahaya, ada baiknya anda memindahkan korban ketempat yang lebih aman, namun sebelumnya pastikan dulu hal-hal diatas tadi. Nah, kalau kita tidak yakin apakah korban mengalami patah tulang punggung atau tidak lebih baik kita menyeret saja daripada mengangkat. Memang kedengarannya kok kejam banget manusia kok diseret, tapi jangan salah dengan melakukan penyeretan kita akan meminimalisasi cedera tambahan. Penyeretan mengurangi resiko leher terpelintir, patah tulang tertekuk, atau jika ada patahan tulang yang runcing di area rusuk dan punggung bisa dikurangi resiko menusuk organ-organ dalam  yang beresiko menimbulkan pendarahan.



Itu tadi kalau korbannya cukup berdarah-darah yaaa, nah kalau korbannya hanya sekedar lecet atau masih bisa duduk ataupun berdiri kita juga wajib menolong mereka, beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain :

  1. Ajak korban bicara, biasanya orang yang mengalami kecelakaan walaupun cuma jatuh akan shock.
  2. Jika korban pingsan, baringkan ditempat yang datar, buka kancing kerah baju dan longgarkan ikat pinggangnya. Beri bau-bauan seperti minyak angin didekat hidungnya, coba buka matanya jika tidak ada reaksi pupil selama 1 menit segera lakukan napas buatan atau CPR
  3. Setelah korban sadar, tanya apakah ada bagian tubuh yang mati rasa atau nyeri dan jangan boleh langsung duduk apalagi berdiri.
  4. Tanya juga barang yang dibawa apa saja dan amankan karena banyak orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.
  5. Coba tanya nomer keluarga yang diingat untuk dihubungi, beri kabar keluarga korban dan beritahukan posisi tepatnya korban ada dimana agar bisa dijemput keluarganya.
  6. Untuk luka lecet sebaiknya segera disiram dengan air yang mengalir agar kotoran yang menempel bisa hilang.
  7. Kalau dirasa ada darah yang keluar cukup banyak, ambil kain lalu tekan area yang banyak mengeluarkan darah tadi untuk menghentikan pendarahan.
  8. Sekali lagi, korban jangan diberi minum karena kita tidak tahu apakah ada benturan didadanya atau tidak.

Sekali lagi, berhati-hatilah berkendara dijalan, selalu periksa kelayakan kondisi kendaraan dan berserah diri pada Tuhan. Dan ingat, hidup dan matinya seorang manusia sudah digariskan oleh Tuhan. Selalu berdoa dan minta restu orang tua atau suami/istri saat akan keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billahi”

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

Comments

  1. Ini penting banget lho, Mbak. Harusnya semua pertolongan pertama diajarkan di sekolah2 sejak kecil. Nggak cuma penanganan kecelakaan lalu lintas, tapi juga kalo kena luka bakar, kesetrum, tenggelam, dll. Gimana kita bisa mengurangi risiko kecelakaan? kalo kita aja ngga pernah belajar caranya nolongin orang. At least buat diri sendiri juga perlu tau sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak Nisa, seharusnya selain sebagai ekstrakulikuler, P3K harusnya ada dalam salah satu mata pelajaran disekolah. Dan regenerasi kader PMR dan PMI juga harus digencarkan. Sedikit banget anak muda yang mau ikutan, jadi keinget masa SMA dulu, susah cari kader.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surabaya Patata, Oleh-Oleh Surabaya yang Enaknya Beda

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…