Skip to main content

Belajar Mengatasi Sembelit bersama Interlac

Ada yang bilang sembelit itu wajar kok, perbanyak aja makanan berserat dan minum air putih nanti juga hilang sendiri sembelitnya.

Bagi beberapa orang mungkin berhasil, tapi lebih banyak yang tidak berhasil. Ujung-ujungnya ya minum obat pencahar yang secara instan memang melancarkan gangguan sembelit. Tapi, kalau digunakan dalam jangka waktu panjang apakah aman? Apakah aman juga dikonsumsi bayi, balita, anak-anak bahkan ibu hamil dan menyusui ?

Sebelum kita bahas gimana sih cara mengatasi sembelit yang aman, sebaiknya kita perlu tahu dulu apa sih sembelit itu sebenarnya? 


Hari Jumat 28 September 2018 lalu saya berkesempatan menghadiri talkshow yang diadakan Interlac di acara Mother and Baby Fair 2018 yang diadakan di atrium Pakuwon Mall Surabaya. Menghadirkan ibu dr. Intan Diana Sari sebagai pembicara kami belajar "Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit pada Bayi dan Anak"

Berbicara sembelit yang lebih banyak dialami bayi terutama yang baru lahir serta anak-anak kita harus tahu dulu apa definisinya. Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi tertahannya feses dalam usus besar karena kesulitan dalam pengeluaran. Yang menyebabkan terjadinya sembelit ini boasanya adanya perubahan pola makan, misalnya nih dari yang awalnya hanya ASI lalu menuju ke MPASI, itu kan ada fase dimana usus beradaptasi dari yang awalnya hanya cairan ada sesuatu yang padat yang harus dicerna usus. Bisa juga terjadi ketika kita mengganti susu formula dari merk A ke merk B atau dari tahap 1 ke tahap 2, dan tidak menutup kemungkinan sembelit juga terjadi karena efek trauma, dehidrasi, kurang bergerak, bahkan bisa disebabkan adanya kondisi medis lainnya.

Lantas darimana kita bisa mendeteksi tanda-tanda sembelit?

Yang pasti frekuensi BAB akan berkurang, normalnya BAB pada anak 2x sehari tapi ketika sembelit mulai menampakkan diri bisa jadi BAB terjadi 2 hari sekali. Yang pasti tekstur BAB lebih keras, anak akan mengalami kesulitan saat akan BAB dan biasanya rewel karena perutnya ga nyaman dan area anusnya juga sakit karena tekstur keras tadi. Nah, kalau balita udah bisa ngomong enak ya dia bisa diajak komunikasi dan mengekpresikan yang dia rasakan. Bagi bayi nih kita harus lebih jeli, karena pada umumnya bayi akan menolak ketika diberi susu atau MPASI karena perutnya penuh akibat BAB yang tidak bisa keluar.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, mengatasi sembelit bisa dengan cara instan yaitu dengan memasukkan obat pencahar atau obat suppositoria (obat yang dimasukkan melalui anus), tapi hal ini juga jangan dibiasakan. Kita bisa mengatasi sembelit dengan memperbanyak asupan air, memijat perut bayi dengan gerakan tertentu (tentunya kita harus belajar dulu ya gerakannya seperti apa), perbanyak makanan berserat dari sayur dan buah, melatih anak untuk pergi ke toilet saat perutnya sakit, dan tentunya bisa juga dengan mengkonsumsi probiotik.



Apa itu Probiotik ?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya. Dan berdasarkan rekomendasi WHO, bakteri yang memenuhi syarat probiotik ada 2, yaitu : Lactobacilus dan Bifidobacterium. 

Sudah ga asing juga kan sama istilah probiotik? Atau jangan-jangn kita masih bingung nih, karena ada juga selain Probiotik ada istilah Prebiotik dan Sinbiotik. Banyak minuman siap saji yang saat ini diclaim mengandung probiotik dan bagus untuk pencernaan, namun apakah sudah memenuhi syarat? 

Probiotik yang baik harus memenuhi syarat-syarat seperti ini :
1. Bakteri yang digunakan berasal dari manusia
2. Tidak bersifat patogen
3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
4. Mampu menempel pada dinding usus'
5. Menghasilkan zat antimikroba, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
6. Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan
7. Secara genetik stabil.

Saat ini sudah banyak merk dagang yang menawarkan sajian probiotik untuk mengatasi sembelit, namun kebanyakan sediaannya dalam serbuk dan penyimpanannya juga harus disuhu tertentu agar bakteri didalamnya tetap hidup. Lantas kenapa kita harus memilih Interlac sebagai asupan probiotik buah hati kita bahkan untuk seluruh anggota keluarga kita?

Interlac adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan internasional dari Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Interlac juga sebagai satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis yang memiliki efikasi serta keamanan yang teruji klinis untuk segala usia. Probiotic Interlac juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. Dan yang penting Interlac tidak mengandung lactose sehingga aman untuk bayisejak hari pertama kelahirannya, apalagi bagi anak-anak dengan intoleransi lactose seperti putri saya sangat penting untuk menghindari lactose. Kita juga bisa mengenal Interlac lebih dalam dengan membuka websitenya di www.interlac-probiotics.com atau bisa juga kepoin media sosialnya di facebook : interlacprobiotics atau follow instagramnya di @interlacprobiotics

Malam itu acara juga diisi oleh bapak Mohamad nurhadi, selaku Brand Manager Interbat. Beliau memaparkan apa saja sih jenis-jenis produk Interlac yang bisa kita dapatkan sesuai dengan tahapan usia.



Bayi (0-3 tahun)
Ada 2 varian Interlac yang bisa dikonsumsi untuk bayi 0-3 tahun, yaitu Interlac Drops dan Interlac Sachet (bisa juga digunakan untuk anak usia 1-5 tahun). Untuk pemakaian 2 jenis ini disarankan 1x saja sehari, untuk drops 1x5 tetes dan untuk sachet cukup 1 sachet perhari yang bisa dilarutkan dalam air. 

Berapa lama masa pemakaian Interlac untuk bayi? Tentunya berbeda-beda tergantung apa yang dialami, seperti :
Diare          : 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh        : 4 minggu pemakaian
Kolik            : 3 minggu pemakaian

Bahkan untuk menjaga imunitas kita bisa memberikan Interlac dalam jangka panjang, selain itu pemberian Interlac pada bayi baru lahir juga bisa membantu mencegah dermatitis atopik, membantu mencegah infeksi (demam, influenza, diare) dan menaikkan imunitas bayi terhadap alergi.

Oh iya, baik Interlac drop ataupun sachet sama-sama tidak memiliki rasa alias plain, jadi bayi kita akan nyaman saat diberi Interlac. Interlac drop 1 botolnya bisa digunakan untuk 25 hari pemakaian atau setara 125 tetes.

Anak-anak dan Dewasa (diatas 3 tahun)
Sama halnya dengan pada bayi, pada anak-anak diatas 3 tahun bahkan dewasa dosis konsumsi Interlac cukup 1x sehari. Varian yang bisa dikonsumsi dalam jenis tablet kunyah dengan 2 rasa yaitu Strawberry dan Lemon, untuk jangka waktu penggunaannya sama dengan pada bayi. Pada dasarnya penyimpanan Interlac disarankan pada suhu dibawah 25 derajat celcius, namun ketika bepergian kita masih bisa membawa Interlac namun usahakan suhunya tidak lebih dari 40 derajat celcius agar bakteri sehat didalamnya tetap bisa hidup dengan baik.

Untuk saya yang suka travelling bersama keluarga, membawa Interlac seperti sebuah keharusan. ga seru donk ditengah-tengah kita menikmati suasana liburan si kecil terganggu karena sembelit. untuk itu jangan lupa bunda sediakan selalu dirumah ataupun ditravelling bag kita Interlac sebagai sahabat pencernaan keluarga. Interlac bisa kita dapatkan baik online di mothercare.co.id ; jd.id ataupun di orami. Bisa juga beli onstore seperti di Guardian, Viva health dan baby shops juga.


Comments

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Pakai Klik BCA

Awalnya saya kalau bayar BPJS Kesehatan selalu lewat ATM Mandiri, selain karena malas kalau bayar di ATM Mandiri sering banget ga bisa dengan alasan sistem nya lagi down atau apalah sampai akhirnya nunggak-nunggak hehehe
Saya lebih suka bayar-bayar kewajiban lewat Klik BCA, saya juga gak tahu tepatnya kapan menu bayar BPJS Kesehatan muncul di Klik BCA. Bulan ini pas saya mau bayar sesuatu kok lihat ada menu BPJS wah senangnya akhirnya saya bisa bayar BPJS tepat waktu, gak perlu ke ATM Mandiri lagi dan gak perlu nunggak lagi J Dan cara pembayarnnya cukup mudah :
Login ke www.klikbca.com , Masukkan User ID dan PIN internet banking  Pilih menu PembayaranPilih menu BPJS  Masukkan no.bayar , Isi sesuai dengan nomer yang ada di kartu BPJS kesehatan ( 13 digit ). Kalau mau disimpan ke daftar pembayaran silahkan dicentang, tapi kalau hanya untuk sekali bayar ga perlu dicentang    Pilih lanjutkanSelanjutnya akan muncul menu rincian tagihan BPJS kita ( sengaja saya block supaya ga ketahuan  ketah…