Skip to main content

5 langkah tuntas diare



Menurut Riskesdes 2017, 1 diantara 7 anak di Indonesia menderita diare padahal dampak negatif ketika anak sering terkena diare adalah menurunnya IQ dan terhambatnya proses perkembangan





Pernah terbayang nggak kalau diare ternyata bisa menyebabkan penurunan IQ dan menghambat proses perkembangan anak? Duhh sampai segitunya ya efek buruk diare, selain yang utama bisa menyebabkan dehidrasi hingga kematian pada anak.

Dan yang lebih mencengangkan lagi, hanya 1 dari 10 ibu di Indonesia yang yakin sudah memberikan nutrisi yang tepat ketika anaknya terkena diare. Lhoo, kok gitu? Padahal kebanyakan orang tua pasti memberikan banyak minum pada anaknya, tapi memang sih banyak yang menyatakan kalau saat diare susunya dikurangi. Padahal itu sebenarnya salah, saat anak diare malah harus dipenuhi bahkan ditingkatkan nutrisinya.

Jadi jangan percaya mitos untuk mengurangi makan atau mengganti susu saat diare. Karena nutrisi adalah daya dorong agar si anak cepat sembuh. tapi perhatiannya bukan hanya saat diare namun 3 bulan setelah diare juga harus dipantau asupan nutrisinya agar anak tidak diare lagi.

Penyebab utama diare

Diare yang cair,yang sifatnya akut biasanya berlangsung 2-3 hari. Disebabkan oleh infeksi, virus, bakteri, parasite. Utamanya pada anak dibawah usia 2 tahun adalah virus Rotavirus.

Rotavirus adalah penyebab diare terbanyak pada anak dibawah usia 2 tahun yang diikuti gejala panas, bapil, dan muntah. Bahkan intoleransi laktosa timbul setelah seorang anak terinfeksi rotavirus dengan gejala kembung, nyeri perut karena anak kesulitan mencerna laktosa. Ciri lain biasanya pantatnya jadi kemerahan karena BAB nya asam.

Intoleransi laktosa sendiri adalah kegagalan anak dalam mencerna laktosa dengan sempurna yaitu gula dalam susu. Yang ringan tidak perlu melakukan perubahan ubah susu atu mengencerkan susu. Tapi yang berat harus diberikan susu khusus.

Yang harus dikhawatirkan saat anak terkena diare adalah dehidrasi, karena komposisi cairan tubuh anak berbeda dengan dewasa, .semakin kecil anak semakin berat efek dehidrasinya.

Penanganan yang paling tepat adalah dengan litas diare  "5 langkah tuntas diare"

  1. Pemberian oralit untuk mencegah kekurangan cairan
  2. Pemberian zinc selama 10 hari
  3. Asupan nutrisi yang cukup
  4. Antibiotik bila perlu, terutama yang disebabkan bakteri
  5. Edukasi, kenali tanda2 yang harus diperhatikan agar tidak terlambat

Penanganan yang dilakukan, untuk diare ringan cukup diberi oralit dan nutrisi yang cukup. Tapi perhatikan tanda-tanda yang harus diwaspadai antara lain dehidrasi ( anak cenderung lesu, malas main, matanya kelihatan cowong, kulitnya tidak kenyal, bibir dan matanya kering,volume urine sedikit ) , jika sudah melihat gejala-gejala itu pada anak kita segera bawa ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Yang paling penting adalah pencegahan yang bisa dilakukan dengan :

  • Cuci tangan yang benar
  • Perbaiki higienitas
  • Vaksinasi





Comments

Popular posts from this blog

Awas..Jangan buang struk belanja kamu !!! BAHAYA

Pasti pernah belanja kan? Atau makan direstoran? Pasti pernah donk, selama ini setelah belanja atau makan struknya dikemanain? Kalau saya sih dibuang…tapi itu dulu. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membuat struk belanja atau makan kita menjadi uang. Kalau saya pasang 2 aplikasi yang platformnya sama hanya cara konversinya yang berbeda. Snapcart dan Manis yang dua-duanya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya.
Snapcart
Hal utama yang harus kita perhatikan saat akan mengunggah foto di snapcart adalah pastikan struk pembelanjaan terlihat jelas dan ketika posting foto lakukan perbagian dari atas sampai bawah, karena bisa nambah foto untuk 1 struk pastikan ketika kita foto tulisan belanjaannya apa terlihat jelas ( nama barang, jumlah barang, harga barang, total belanja, tanggal dan waktu belanja ). Pastikan detil informasi mengenai toko ( nama toko, alamat toko ) juga terlihat jelas dan struk tidak sobek.
Selain lewat barang belanjaan, kita juga bisa nambah cashback lewat snaptastic, fi…

Rapet Wanita, andalanku agar bisa jadi seperti Mimi Lan Mintuno

Mimi Lan Mintuno, pada hakikatnya adalah sepasang hewan jantan dan betina yang sejak masa Devon ( 400-250 juta tahun yang lalu ) tidak berubah bentuknya. Sehingga didalam filosofi Jawa untuk menggambarkan pasangan abadi dan serasi selalu digambarkan sebagai “ Mimi lan Mintuno” Dan kenapa juga dalam filosofi Jawa melambangkan hewan ini, pernah tau Mimi ? Atau bahkan mungkin sudah pernah makan telurnya? Bagi yang sudah pernah pasti tahu kalau Mimi telurnya banyak banget, kurang lebih 20.000 telur dikeluarkan dalam sekali masa reproduksi. Jadi, selain lambang kesetiaan dan cinta abadi, Mimi lan Mintuno ini juga sebagai lambang kesuburan.
Tapi kali ini saya tidak akan membahas filosofi ini, saya mau membagikan pengalaman saya setelah rutin minum jamu tradisonal yang dikemas modern dari Mustika Ratu yang diberi nama “ Rapet Wanita “ Awal saya tertarik minum jamu ini setelah saya browsing di asmaraku.com dan membaca beberapa review produk jamu untuk wanita. Dari banyak review yang saya baca …

Toko Pelangi yang pelayanannya tak seindah Pelangi

Bagi warga Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya pasti tahu toko Pelangi, toko yang menjual ATK yang cukup lengkap yang punya cabang dibeberapa lokasi di kota Surabaya dan Sidoarjo. Ami pun termasuk pelanggan setia yang selalu belanja ATK maupun perlengkapan sekolah Ara disana. Selain lengkap harga disana juga lebih murah dibanding toko buku lainnya.


Namun pengalaman semalam membuat ami enggan belanja kesana lagi, oh iya yang lagi kita bicarakan ini cabang toko Pelangi yang ada di Krian-Sidoarjo. Kemarin pas pulang kerja sekitar jam 17.15 ami mampir kesana karena Ara minta dibelikan buku mewarnai dan orotan. Karena ami sudah tahu letak bukunya ada dimana ami langsung ambil 6 buku dan langsung ke etalase tempat orotan. Nunggu gak lama datang satu SPG nya dan ami langsung pilih 2 orotan kenko. Lha kok habis ambilin orotannya si SPG ngacir gitu aja. Sabar nih ami coba tungguin, padahal ami udah bilang kalo udah ini aja belanjaannya. Ami tau kalo disana SPG nya harus nulis di nota apa aja yang…