Ibadah Cerdas bersama Persada Indonesia

by - Desember 14, 2016

Pagi itu langit Surabaya cukup cerah, karena hari ini Abi ada lembur umi didrop didepan The Square ICBC sekitar jam 8 pagi untuk memenuhi undangan dari PersadaIndonesia yang di tanggal 11 Desember 2016 lalu mengadakan sebuah acara yang bertajuk “ MANASIK AKBAR PERSADA INDONESIA 2016 “ Acara ini diselenggarakan dalam rangka pemberangkatan beberapa kelompok Umroh di bulan Desember 2016 ini, selain itu juga ada acara meet and greet dengan pasangan suami istri Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang nantinya akan mendampingi jamaah Umrah di “December Enlighting Umroh” bersama Gus Alfin dan Coach Daru Dewayanto .

Photo Booth

Begitu saya menaiki lantai 3 gedung ICBC langsung disambut dengan photo booth yang bisa dijadikan sudut untuk membuat dokumentasi bagi para calon jamaah Umroh. Sebelum masuk ke ballroom sudah berjejer penerima tamu yang dengan ramahnya menyambut para calon jamaah Umroh sesuai dengan tanggal keberangkatannya. Para calon jamaah Umroh juga diberi itinerary perjalanan sesuai dengan jadwal keberangkatan masing-masing dan juga materi manasik Umroh pada hari itu. Didalam ruangan sudah dipenuhi oleh para calon jamaah Umroh yang antusias hendak mengikuti serangkaian acara dipagi hingga siang hari nanti.

Acara dibuka dengan pembacaan Tilawah ayat-ayat suci Al-Quran, lalu dilanjutkan dengan pemberian materi Fiqih oleh Ustad Masrur. Sebelum materi fiqih dimulai, para calon jamaah Umroh diajak bersama-sama mengumandangkan Talbiyah

Labbaikallhumma Labbaik
Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik
Innalhamda Wan Ni’mata
Laka Wal Mulk
Laa Syarikalaka

Duhhh rasanya merinding  banget, rasanya ingin saya ke Baitullah. Tapi kapan ya? Hehehe harus optimis donk, yang penting kita berniat dulu. Karena mengunjungi Ka’bah adalah sebuah undangan dari Allah S.W.T meskipun harta kita melimpah namun jika Allah S.W.T belum mengundang apa mau dikata?



DiSurabaya memang banyak tour and travel yang melayani pendampingan ibadah haji plus dan umroh, namun hanya di Persada Indonesia kita bisa memilih berbagai layanan paket Umroh mulai yang hemat hingga kelas VVIP, tinggal sesuaikan saja dengan budget dan kemampuan kita. Memang kita bisa tanya-tanya ya paketnya apa saja? Ya bisa donk, kita bisa langsung ke kantor Persada Indonesia di Graha Bumi Putera di jalan Raya Darmo 155-159 Surabaya, telponnya di 031 – 5624688 yang buka setiap hari Senin – Jumat jam 08.30 – 17.00 WIB dan di hari Sabtu jam 08.30 – 14.00 WIB. Malu?? Ya udah browsing saja dimana kita bisa melihat berbagai macam paket Umroh dan Haji Plus yang ditawarkan. Dan kita juga gak perlu khawatir akan legalitas dan kredibilitas Persada Indonesia, karena mereka sudah melayani Umroh dan Haji Plus sejak tahun 1989. Jadi sudah terbukti selama 27 tahun pelayanannya memuaskan jamaahnya, menjalankan ibadah cerdas ya Persada Indonesia pilihannya.

Handout peserta Manasik Akbar 2016
Apa sih yang pengertian Haji dan Umroh, Haji dan Umroh artinya mengunjungi Baitullah Ka’bah dalam rangka beribadah kepada Allah S.W.T dengan menjalankan syarat-syarat tertentu. Lantas apa donk perbedaan Haji dan Umroh? Yang pasti bedanya ada di rukun-rukun yang dilaksanakan, Haji besar tentunya rukun yang dilaksanakan lebih sederhana dibandingkan haji kecil alias Umroh. Umroh bisa dilaksanakan kapan saja tanpa waktu-waktu tertentu, Umroh juga dilaksanakan tanpa Wukuf, Lempar Jumroh, serta Mabid.

Sedangkan syarat sahnya Umroh antara lain :
  1.  Islam, karena beribadah Umroh hanya diperuntukkan bagi ummat Muslim  
  2.  Baliq, jadi kalau ada orang tua yang mengajak anaknya yang belum baliq sebaiknya dipikir-pikir lagi ya  karena tidak sah ibadah Umrohnya jika anak tersebut belum baliq
  3. Berakal sehat, dalam artian tidak mengalami penyakit jiwa alias gila
  4. Merdeka, bukan budak, dalam artian bisa meninggalkan pekerjaan dalam waktu lama dengan seijin atasannya
  5. Istitaah, dalam artian mampu baik secara fisik, finansial, maupun rasa aman (dalam artian tidak sedang dalam kondisi perang)

Rukun Umroh yang harus dilaksanakan antara lain :

  1.  Ihram, bagi laki-laki Ihram berarti memakai pakaian yang terdiri dari 2 lembar kain yang tidak berjahit. Ehh Pak Ustad kasih contoh juga lhoo bagaimana cara memakai kain Ihram yang praktis dan nyaman bagi laki-laki
  2. Sedangkan untuk wanita, pakaian Ihram lebih bebas namun disunnahkan berwarna putih, yang paling penting menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
  3. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali
  4. Sai juga dilakukan selama 7 kali putaran, berawal dari Shafa dan berakhir di Marwah. Tapi jangan sampai salah yaa yang dimaksud 1 kali putaran itu dari sudut Shafa menuju Marwah, dan dari Marwah menuju Shafa juga dihitung 1 kali putaran
  5. Tahalul maksudnya mencukur sebagian rambut dikepala
  6. Tertib, dan rukun Umroh ini kenapa dikatakan tertib karena dalam pelaksanaannya HARUS berurutan dan tidak boleh dibolak balik

Lantas setelah ada syarat, rukun pasti ada kewajiban. Apa saja nih Wajib nya Umroh :
  1.  Ihram, yang artinya memasuki proses ibadah Haji atau Umroh, niatnya bisa dilakukan di Miqot
  2. Meninggalkan yang dilarang dalam ihram sah
  3. Melaksanakan Tawaf Wada yang artinya Tawaf perpisahan sebelum kembali ke tanah air. Dan ingat ya setelah melakukan Tawaf Wada kita dilarang kembali ke Masjidil Haram dan Kabah.
Bagaimana Ihram dikatan tidak sah ?
  1. Berpakaian yang berjahit bagi laki-laki
  2. Memakai sepatu yang menutupi mata kaki bagi laki-laki
  3. Memakai penutup kepala yang melekat ( topi, kopyah,dll ) bagi laki-laki
  4. Berkaus tangan bagi wanita
  5. Memakai penutup muka / cadar bagi wanita
  6. Memakai wangi-wangian
  7. Memotong kuku dan bercukur
  8. Memburu atau mengganggu atau membunuh hewan dengan cara apapun
  9. Memotong atau merusah pepohonan di tanah haram
  10. Meminang, menikah, atau menikahkan serta bersaksi
  11. Bercumbu atau berjimak suami istri
  12. Memaci, bertengkar, atau mengucapkan kata kotor

Dari tadi kita banyak membicarakan masalah Tawaf, sebenarnya Tawaf sendiri apakah memiliki syarat sah untuk pelaksanaanny? Tentu ada, bahkan ada 6 syarat sahnya, antara lain :
  1. Suci dari hadast dan kotoran pada badan, pakaian, juga tempat ibadahnya
  2. Menutup aurat
  3. Berniat tawaf
  4. Mulai dari Hajar Aswad
  5. Menjadikan Baitullah disebelah kirinya
  6. Melakukan Tawaf 7 kali dengan yakin


Oh iya, tau gak sih kalau Persada Indonesia itu Pioner nya penyedia jasa Umroh dan Haji plus yang memiliki aplikasi online dan sistem informasi yang up to date. Kita bisa mengunduh di google play atau di app store, dan didalam aplikasi tersebut sudah disediakan informasi-informasi penting mengenai tata cara Haji dan Umroh serta update promo terbaru yang ditawarkan. Dan yang lebih kerennya lagi, keluarga dirumah juga bisa memantau perjalanan ibadah Umroh dan Haji keluarga, silahkan follow saja media social Persada Indonesia baik di Facebook, Twitter, maupun Instagram. Bahkan sering juga diadakan event-event berhadiah dimedia social mereka, dan yang sempat saya baca juga ada lomba selfie khusus bagi Jamaah Umroh dengan berbagai macam hadiah yang dibagikan. Seperti kali ini ada Persada Selfie competition season 2 dengan hadiah voucher diskon sebesar $ 3.600 untuk 12 orang pemenang, keren kan.

Selesai materi Fiqih dilanjutkan dengan penyampaian Tauziah dari Kyai Syamsul Arifin selaku Presdir dan Pemilik Persada Indonesia, beliau memberikan bahasan mengenai TITIPAN. Bahwasanya segala sesuatu yang kita miliki didunia ini hanyalah titipan dari Allah S.W.T maka janganlah kita sekali-kali sombong dihadapan Nya. Karena ketika titipan itu diminta oleh Nya kita harus ikhlas, jangan pernah menyesali ataupun menangisi karena semua itu bukan milik kita. Dan karena semua yang kita miliki didunia hanyalah titipan, maka jagalah.
Apalagi ketika kita dihadapkan dengan Musibah, jangan menangis, karena sesungguhnya musibah itu hanyalah ujian dari Allah S.W.T untuk meningkatkan keimanan dan derajat kita dihadapan Nya.

Kyai Syamsul Arifin juga menceritakan tentang tanda-tanda Mabrur nya ibadah Haji dan Umroh kita. Lho, berarti ada ya yang Haji dan Umrohnya tidak Mabrur? Sebelum dibahas lebih jauh apa sih arti Mabrur sebenarnya? Mabrur artinya diterima oleh Allah S.W.T dan sah. Lantas apa sajakah yang bisa menjadi tanda Mabrur nya ibadah Haji seseorang :
  1. Harta yang dipakai untuk berhaji dan Umroh adalah harta yang halal
  2. Amalan-amalannya dilakukan dengan ikhlas dan baik, sesuai dengan tuntunan Rasulullah Nabi Muhammad S.A.W
  3. Hajinya dipenuhi dengan banyak amalan baik, seperti banyak berdzikir, sholat di Masjidil Haram, sholat tepat pada waktunya, dan membantu orang-orang disekitarnya
  4. Tidak berbuat maksiat selama Ihram
  5. Setelah melaksanakan ibadah Haji atau Umroh perbuatan, perkataan, dan ibadahnya menjadi lebih baik

Orang yang Haji dan Umrohnya mabrur akan menjadikanibadah Haji dan Umrohnya sebagai titik tolak untuk membuka lembaran baru dalam mencapai ridho Allah S.W.T Ia akan menjadi takut dan semakin dekat pada ibadah dan menjauhi kemaksiatan dunia.

Dan menurut paparan dari Kyai Syamsul Arifin ada 1 tempat yang mempunyai keutamaan lebih untuk beribadah di Masjid Nabawi yaitu Raudhah. Raudhah artinya Taman, secara harafiah Raudhah ini adalah area disekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Muhammad S.A.W untuk berkhutbah. Bahkan juga disebutkan barangsiapa yang shalat disana seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga. Sehingga menjadikan shalat yang dilakukan disana berpahala banyak. Sebagaimana juga sholat dibagian masjid Nabawi yang dilipat gandakan pahalanya 1000 kali dari sholat di masjid lain.

Selesai pembacaan doa tibalah sang bintang tamu yang ditunggu akhirnya datang, Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang siang itu nampak anggun dengan balutan busana muslimahnya yang syar’I namun tetap modis. Dalam sesi ini selain pasangan suami istri tersebut juga datang Gus Alfin dan Coach Daru Dewayanto yang nantinya akan menemani jamaah Umroh.

Ditengah-tengah sesi sharing, para calon jamaah meminta Irwansyah untuk melantunkan sepenggal ayat Al-Quran, bahkan suaranya merdu sekali ketika bertilawah. Dan tidak hanya bertilawah para calon jamaah Umroh juga “nodong” mereka untuk bernyanyi sepenggal lagu “Adakah Cinta” yang menjadi hits Irwansyah dan Zaskia.

Selama Umroh nanti, Coach Daru yang merupakan seorang business coach yang tergabung dalam Hijrah Coach akan mengajarkan bagaimana cara berbisnis yang baik secara Islami. Selama perjalanan Umroh nanti para jamaah akan sering diajak untuk sharing bisnis. Bahkan tidak selesai sampai disitu saja, nantinya selesai Umroh coach Daru akan sering mengadakan temu alumni bersama para jamaah.
Dan beliau juga menyarankan jika para jamaah adalah seorang pebisnis, maka persiapkan terlebih dahulu siapa pengganti yang nantinya akan bertanggung jawab menjalankan bisnis selama pelaksanaan ibadah Umroh. Bahkan beliau membagi video tips bagaimana mendesign bisnis secara lengkap lewat sebuah bahasan di bit.ly/businessdesign

Dilanjutkan oleh Gus Alfian, beliau banyak membahas mengenai pentingnya beribadah bersama keluarga. Karena keluarga adalah harta terbesar, maka betapa nikmatnya ketika bisa mengajak seluruh anggota keluarga ke Baitullah. Karena dengan beribadah bersama keluarga maka akan bertambahlah Sakinah, Mawadah, dan Warohmah kita sebagai keluarga ketika bisa berdoa bersama didepan Ka’bah.

Gus Alfian juga mengingatkan, saat ini orang banyak yang menganggap ibadah Umroh sebagai wisata, padahal tidak. Umroh adalah ibadah haji kecil, jadi berperilakulah selayaknya kita sedang beribadah. Jangan sedikit-sedikit selfie, sedikit-sedikit update status, dimana khusyuknya kalau ibadahnya dibarengi hal-hal duniawi seperti itu? Edukasi yang sangat menarik saya terima dihari itu.

Acara terakhir adalah ramah tamah, dimana semua calon jamaah Umroh dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan panitia. Ada 4 meja yang sudah disiapkan, namun melihat antusiasme para calon jamaah Umroh yang rata-rata membawa serta anggota keluarga yang lain membuat 4 meja yang disediakan penuh sesak .

Dan ternyata dilantai 2 gedung The Square ICBC diadakan jumpa pers yang dihadiri oleh Kyai Syamsul Arifin dan juga Irwansyah serta Zaskia Sungkar. Sayang banget karena tadi sibuk cariin Ara makan siang ( kata Ara perutku sudah bunyi-bunyi umi ) jadinya saya gak kebagian jumpa pers nya dehh.

Dalam acara kali ini selain Manasik Akbar 2016 juga diadakan Blogger Gathering, dan Alhamdulillah saya salah satu yang beruntung diundang. Di acara kali ini selain kami bisa meliput serangkaian acara Manasik Akbar 2016 juga diadakan lomba live tweet dengan  2 pemenang yang masing-masing berhak atas uang tunai senilai Rp 500.000,- kalau kriterianya seperti biasa selain banyaknya tweet juga kualitas tweet yang disampaikan. Kalau saya ketika ada lomba tweet tidak pernah saya memperhatikan kuantitas alias jumlah tweet, tapi bagi saya yang namanya Live tweet adalah menyampaikan apa yang saat itu terjadi dievent yang tengah saya ikuti dengan konten yang berbobot bukan asal banyak tweetnya. Dan ada lagi lomba foto di instagram, lagi-lagi bagi saya bukan soal banyak-banyakan upload foto, tapi kualias gambar yang saya share apakah mewakili perusahaan dan acara yang saya hadiri. Sesuai dengan brief yang saya terima seharusnya juga ada 2 pemenang dengan hadiah masing-masih Rp 500.000,-

Last competition ya ini, tulisan saya ini. Review acara yang sudah saya hadiri, saya menuliskan dengan apa adanya yang terjadi yaa namanya juga live report. Untuk kompetisi yang satu ini hadiahnya lumayan menggiurkan yaitu untuk juara 1 tiket PP Jakarta/Surabaya – Singapore sedangkan untuk juara 2 tiket PP Jakarta/Surabaya – Bali. Apapun hasilnya saya sebagai manusia hanya bisa memberikan yang terbaik dari diri saya, rezeki sudah diatur oleh Allah S.W.T Sampai jumpa diliputan selanjutnya, 


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu


You May Also Like

0 komentar