Tips Merawat Kulit Bayi

by - Mei 03, 2024

Suka banget deh nyium-nyiumin kulit bayi, apalagi pas habis mandi tuh seger banget wanginya. Kulit bayi yang lembut, kenyal, sehat, dan harum tentunya yang paling kita inginkan sebagai orang tua. Namun adakalanya ada kondisi tertentu yang membuat kulit anak-anak kita tidak seperti yang diharapkan.

Tips Merawat Kulit Bayi


Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya kemerahan, ruam, atau penyakit kulit lainnya. Yang paling sering biasanya karena cuaca, apalagi kita yang tinggal dinegara dengan iklim tropis. Kita yang dewasa saja sering kali mengalami kemerahan karena panasnya suhu, apalagi bayi yang kulitnya lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Ketebalan kulit bayi tuh hanya 40-60% dari orang dewasa.

Kulit bayi semuanya juga masih sensitif sehingga mudah banget iritasi. Bukan hanya itu, kulit bayi juga cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya tuh juga cenderung tinggi. 

Memang apa sih ciri khasnya kulit bayi ?

  • Kulit bayi lebih tipis, lebih rentan, lebih lemah sehingga mudah luka, infeksi dan iritasi
  • Rambut lebih jarang dan halus
  • Produksi keringat lebih sedikit sehingga pengaturan suhu tubuh mudah terganggu
  • Produksi pigmen warna kulit kurang sehingga kulit lebih mudah terbakar sinar matahari
  • Penyerapan bahan (krim, obat oles, dbs) lebih mudah sehingga resiko bahaya lebih besar
  • Pergantian sel kulit lebih lambat sehingga fungsi pelindung berkurang
Memang sepenting itukah menjaga kulit? Penting banget moms, karena kulit itu punya fungsi:
  • Pelindung terhadap gangguan dari luar (benturan bahan kimia dan infeksi)
  • Pengatur suhu dan cairan tubuh
  • Sebagai indra perasa dan peraba (panas, nyeri, sentuhan)
  • Pembentukan vitamin D yang penting untuk perkembangan tulang
  • Pembentukan pigment warna kulit sebagai pelindung terhadap dampak negatif sinar matahari
  • Penyerap berbagai bahan dari luar
Kita yang sudah dewasa yang punya kulit lebih tebal saja wajib pakai produk-produk untuk melindungi dan menjaga kulit, apalagi bayi yang masih sensitif banget. Dan kita juga ga bisa sembarangan dalam memilih produk-produk perawatan kulit bayi.

Yang pasti, kandungan berbahaya yang perlu dihindari untuk produk perawatan kulit bayi adalah Alkohol dan SLS/SLES. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih produk yang aman bagi bayi :
  1. Mencantumkan informasi yang jelas termasuk isi, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa
  2. Zat yang digunakan tidak iritasi
  3. Tidak mengandung fragrance
  4. pH sedikit asam
  5. Karena masih sedikit jumlah sebum yang diproduksi pada kulit bayi, produk tidak perlu mengandung aksi deterjen yang kuat.
Lengkap banget deh paparan dari dokter Lala, ditambah lagi ada Ibu Duma Widiyanti selaku Marketing Manager dari Baby-Dee yang memang sejak awal didirikan sudah berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk perawatan kulit bayi yang aman, tanpa alkohol, dan bebas SLS.

Baby-Dee yang diproduksi oleh PT Joenoes Ikamulya (YURI) punya 4 rangkaian produk yang bisa digunakan dari bayi bahkan sampai orang dewasa. 

Body Wash & Shampoo
Baby Dee Body Wash & Shampoo terbuat dari bahan alami dengan formulasi lembut di mata dan telah teruji Hypoallergenic. Dengan tekstur halus dan lembut untuk kulit bayi dan membantu menenangkan bayi sebelum tidur.

Body Lotion
Baby Dee Body Lotion diformulasikan dengan bahan-bahan teruji Hypoallergenic serta pH seimbang untuk mempertahankan kelembaban kulit bayi. Mengandung Citronela Oil yang efektif sebagai penangkal nyamuk.

Diaper Cream
Baby Dee Diaper Cream diformulasikan dengan Hypoallergenic untuk melindungi kulit bayi dari iritasi. Mengandung Zinc Oxide sebagai pelindung kulit dari ruam dan iritasi ringan, Allantoin membantu regenerasi kulit.

Baby Powder
Baby Dee Baby Powder diformulasikan dengan bahan halus dan lembut, serta mengandung Sodium PCA yang membantu melembabkan dan meregenerasi kulit. Teruji Hypoallergenic serta pH seimbang.

Dua orang anak saya, Kak Ara sama dek Ayya punya kulit yang sensitif banget. Terutama ketika masa pancaroba, kulitnya pasti keluar biang keringat dan dek Ayya nih akhir-akhir ini kulitnya juga sering melepuh karena kepanasan.

Momfluencer Gathering


Gimana sih tips untuk merawat kulit bayi ?

Kemarin nih saya dan beberapa momfluencer Surabaya diundang oleh Baby-Dee untuk menghadiri "Momfluencer Gathering" yang diadakan di Java Cup - Gedung Balai Sahabat, Jl. Genteng Kali no. 89-91 Surabaya. 

Acara ini selain jadi ajang saling berkumpulnya Mommy-mommy influencer di Surabaya seperti Mom Amanda Kohar dan Mom Ajeng yang sharing tentang anak-anaknya, ada juga bu dokter cantik Dr.dr Dhelya Widasmara SpKK(K) yang memberikan tips merawat kulit bayi.

Menurut dokter Lala, merawat kulit bayi bisa dilakukan dengan cara :

  • Mandi 2 kali sehari, dengan durasi mandi singkat (10 menit) dan menggunakan air hangat untuk menghindari tingginya air dikulit yang hilang.
  • Gunakan pakaian berbahan katun yang lembut
  • Pastikan kuku dipotong pendek dan bersih untuk mencegah luka
  • Oleskan lotion pelembab bayi segera setelah mandi untuk menjaga barrier kulit minimal dua kali sehari atau lebih sering bila cuaca dingin, kering atau bayi yang mengalami eksema.
  • Jaga kenyamanan suhu dan kelembapan ruangan
  • Gunakan krim/lotion pelindung matahari khusus bayi (hanya bila diperlukan dan untuk usia 6 tahun keatas)
Sederhana kalau kita bisa rutin melakukannya, dan yang penting produk yang kita pilih adalah produk yang aman untuk kulit bayi, Produk yang lembut untuk kulit bayi dan direkomendasikan oleh para ahli seperti produk-produknya Baby-Dee. 


You May Also Like

0 komentar