Mengatasi Kolik Saat MPASI

by - Desember 14, 2020

Alhamdulillah bulan ini Ayya sudah masuk 6 bulan. Cepat ya? Cepat bagi yang ga tiap hari ketemu, bagi kami yang dirumah setiap hari adalah tantangan baru. 

Mama's Choice Calming Tummy Oil
Ayya senang dipijat pakai Mama's Choice Calming Tummy Oil 

Seperti kebanyakan bayi pada umumnya, masuk usia 6 bulan adalah masa transisi saat bayi mulai MPASI. Dia sudah mulai saya kenalkan dengan makanan yang bertekstur. Disinilah tantangan kembali muncul. 
Diawal MPASI saya transisikan dengan mencampur sedikit bubur bayi dalam susunya. Hari pertama lancar tapi hari kedua mulailah drama tangisan semalam. 

Ingat banget saya ditelpon sama anak saya yang pertama dia bilang adek nangis terus. Saya yang waktu itu posisi dikantor langsung panik, saya bilang sama ibu saya kalo mau pulang tapi ibu ngelarang. Ibu bilang ga apa nanti juga diam. Ketika saya sampe rumah ternyata Ayya masih rewel, saya raba kakinya dingin banget dan dia sering angkat kaki gitu. 

Dari beberapa artikel yang saya baca ini adalah tanda-tanda anak mengalami kolik. Tanda-tanda bayi Kolik : 
1. Saat menangis kedua tangannya mengepal 
2. Menarik lututnya kearah perut 
3. Wajahnya memerah 
4. Melengkungkan tubuh 

Kolik ini penyebabnya banyak, salah satunya adalah ketika pencernaan bayi mengalami masalah. Iya lah kan Ayya sedang masa transisi, pencernaannya mungkin kaget nerima tekstur makanan baru. Dan itu normal, tinggal kitanya aja yang jangan panik untuk mengatasinya. 

Untuk mengatasi kolik nya Ayya kemarin saya yang selalu melakukan pijat setiap habis mandi mulai melakukan pijatan yang bisa meredakan kolik. Ga perlu keahlian khusus kok karena teknik pijatannya juga sederhana. 

Saya pijatnya ga pakai minyak telon, saya pakai Mama's Choice Calming Tummy Oil. Ga beli sendiri sih, Ayya dapat kado dari teman saya salah satu isinya ada minyak ini. Sengaja saya simpan sih buat jaga-jaga pas emergency seperti ini. 

Saya belajar pijat kolik juga dari kemasan Mama's Choice Calming Tummy Oil atau bisa juga dibaca di artikel cara mengatasi kolik pada bayi. Cara pakainya mudah banget, tuangkan secukupnya pada telapak tangan, oleskan pada bagian dada, perut dan telapak kaki. Seperti ini urutannya :

1. Usap tubuh perlahan 
2. Usap perut searah jarum jam 
3. Pijat dengan ibu jari melawan jarum jam 
4. Usap telapak tangan ke arah luar pusar 
5. Usap bagian pusar 
6. Sentuhan jari berjalan ke luar pusar 

Ini bisa dilakukan berulang-ulang ketika anak mengalami kolik atau rewel. Kalau saya sih biasanya setelah Ayya mandi. Selain itu ketika bayi kita mengalami kolik biasanya kan mereka nangis tuh ga bisa diam, jangan dibiarkan ya Ma. Gendong bayi kita selama dia menangis, bila perlu pakaikan selimut yang nyaman dan gendong dengan posisi dipeluk. 

Ketika melakukan pijatan saya biasanya sambil nyanyi ya Ma, meskipun anak lagi nangis kita tetap harus tenang.Ga bisa nyanyi? Boleh senandung atau sholawatan juga ga apa. 

Konsistensi Mama's Choice Calming Tummy Oil
Konsistensi Mama's Choice Calming Tummy Oil 

Kenapa sih kita harus pilih Mama's Choice Calming Tummy Oil untuk meredakan gangguan pencernaan bayi?

Yang pasti Mama's Choice Calming Tummy Oil terbuat dari bahan alami yang mengandung 3 bahan alami pilihan yaitu minyak pala, lavender dan chamomile yang memiliki kehangatan yang lembut untuk kulit bayi. 

• Nutmeg Oil: Meredakan gangguan pencernaan dan perut kembung. Juga dapat membantu meredakan nyeri pada bayi. 
• Lavender Oil : Membuat RIleks dan menenangkan bayi yang rewel serta mengurangi gejala kolik. 
• Chamomile Oil : Mempunyai efek menenangkan alami dan membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak. 

Ayya nih setelah saya pijat pakai Mama's Choice Calming Tummy Oil pasti langsung tidur. Selain itu yang paling saya suka adalah AROMA nya yang wanginya tuh khasnya bayi dan awet sepanjang hari. 

Karena tidak mengandung minyak cajuputi, kulit bayi tidak akan mengalami iritasi dan aman untuk kulit bayi yang sensitif. Konsistensi cairannya ga cair seperti minyak kayu putih atau minyak telon, tapi ga kental juga. Kalau dipakai untuk pijat bayi enak, sluruttt ga sakit di kulit. 

Selain itu Mama's Choice Calming Tummy Oil juga Hypoallergenic Tested, Dermatologically Tested, tanpa Mineral Oil, tanpa parfum, tanpa paraben, tanpa preservatives dan pastinya dijamin HALAL. Kemasannya juga saya suka, dikemas dalam botol bening dengan pump yang mudah ditekan. Sekali tekan sudah cukup untuk membalur area perut sikecil. Jadinya ga perlu takut tumpah atau kebanyakan karena takarannya sudah pas.

1 botol Mama's Choice Calming Tummy Oil ini isinya 55ml. Bisa kita beli di websitenya Mama's Choice atau bisa juga di eCommerce kesayangan. Harganya juga terjangkau hanya Rp 79.000 saja kita sudah dapat banyak manfaatnya. Kalau beli di Website resminya nih, pakai aja kode MAMAGRENSY karena setiap pembelian minimal 90ribu pasti akan dapat potongan langsung senilai 25.000 lumayan banget kan hematnya.

Mama bisa juga follow social medianya Mama's Choice, bisa di Facebook ataupun Instagram. Selain banyak banget informasi seputar kesehatan dan tumbuh kembang buah hati, sering juga lho diadain games ataupun kuis yang lumayan banget hadiahnya. 


Dari pengalaman saya mengatasi kolik pada Ayya ketika masa MPASI, yang utama adalah kenali dulu penyebab dia kolik. Kalau Ayya yang bias saya tangkap adalah dia masih belajar tekstur makanan baru, dan ketika saya kurangi porsi buburnya perlahan-lahan pencernaannya bisa menerima. 
Sesuaikan juga komposisi MPASI yang kita berikan, jangan terlalu “memaksa” anak dengan olahan MPASI yang belum bias diterima pencernaanya. Jangan pernah juga merasa “anak tetangga usianya sama kok sudah makan ini itu ya, anak saya kok belum bisa ?” 

Setiap anak itu UNIK jangan pernah membandingkan satu dengan yang lainnya. Ingat ya Ma, jangan pernah merasa bersalah ketika bayi kita mengalami Kolik. Karena bayi yang mengalami kolik itu wajar dan pasti akan membaik asal kita tetap tenang dan tidak panik. Namun, jika kondisinya ini berulang-ulang kita tetap harus waspada dan segeralah konsultasi dengan dokter anak. 

Berikut kondisi Kolik yang harus diwaspadai, jika salah satunya kita temui pada bayi kita cepat-cepat ke dokter ya : 
• Saat diangkat anak lemas 
• Suara tangisnya lebih tinggi dan ga bisa berhenti 
• Warna muntahnya lebih hijau 
• Urine nya lebih sedikit daripada biasanya 
• Saat BAB ada lender atau darahnya • Diare 
• Nafsu makan berkurang 
• Kejang 
• Perubahan warna kulit dibeberapa bagian tubuhnya, biasanya lebih pucat atau biru 
• Suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius 

Lebih baik kita mencegah terjadinya Kolik pada bayi dengan lebih sering melakukan pijatan ILU atau pijatan kolik setiap selesai mandi. Semoga anak-anak kita selalu diberi kesehatan dan tumbuh menjadi anak yang ceria dan bahagia.

You May Also Like

17 komentar

  1. Alhamdulillah sekarang sudah ada solusi untuk atasi kolik pada bayi ya Mbak semoga ananda sehat sellau ya...rutin memijat area pencernaan bayi dengan geralan ILU biasanya ampuh atasi kembung mereka

    BalasHapus
  2. Kolik itu kayak nightmare buat aku, sekarang Alhamdulillah ada Mama's Choice ya bunds

    BalasHapus
  3. Masa MPASI memang masa penyesuaian ya Bun. Ususnya dan lambungnya masih belajar menerima makanan bertekstur lebih kasar. Memang bisa bikin kolik juga. Beruntung bisa diatasi dengan rutin menggunakan calming tummy oil mama's choice ya.

    BalasHapus
  4. Calming tummy oil ini memang cocok sama kukit bayi bikin nyaman rileks juga :)

    BalasHapus
  5. Cantiknya Adek Ayya.
    Kolik ini memang punya banyak sebab ya Mbak. Masalah pencernaan memang paling gampang menyerang anak-anak dan sedih banget kalau mereka jadi rewel secara belum bisa bilang yang sakit di bagian mana, huhuhuh.
    Syukurnya sekarang ada Mama's Choice Calming Tummy Oil ini ya yang bisa #KurangiWorry Mama apalagi saat anak tidak nyaman karena kolik.

    BalasHapus
  6. Baby Ayya sehat selalu yaa, aahh kalo lagi kolik mamanya langsung oles2 pijat pake Calming Tummy Oil nih. Produk Mama's Cjoice memang menjadi andalan buat para Mama mengatasi keluhan2 pada anknya.

    BalasHapus
  7. Dulu, kolik itu rasanya sangat menakutkan. Abisnya anak rewel gak jelas apa-apanya. Tapi dengan produk ini, setiap anak rewel, tinggal dioles aja perutnya. Gak lama, dia pun tenang. Bisa diandalkan deh ini.

    BalasHapus
  8. Jangan samain anak yang satu dengan yang lain. Ini well noted banget. Karena setiap anak berbeda ya. Tapi kalau buat pijet bayi aku sih percaya Calmin Tummy Oil ini pas buat setiap anak karena kandungannya beneran aman dan sudah teruji

    BalasHapus
  9. Kalau ingat masa menghadapi anak yang kolik dulu, saya sampai pusing deh.. Alhamdulillah sekarang udah lewat.

    BalasHapus
  10. Calming Tummy Oil-nya Mama's Choice ini penyelamat banget deh ya, meminimalisir si kecil mengalami Kolik yang selain bikin Baby-nya gak nyaman dan capek karena nangis terus, kita juga khawatir dan sedih. Efektif bisa Kurangi Worry banget deh.

    BalasHapus
  11. bermanfaat sekali ya tummy oil ini mba, semoga baby ayya sehat selalu :)

    BalasHapus
  12. Baru tau aku mbak, ternyata kolik juga ada yg fase agak parahnya yah. Tapi untuk pertolongan pertama tummy oil dari mamas choice bisa jadi solusi ya mbak

    BalasHapus
  13. Ini jadi minyak andalanku nih bahkan pengganti minyak telon, wanginya juga enak bgt menenangkan

    BalasHapus
  14. Kmrn juga sempet bingung banget karena anak tiba tiba nangis ternyata kolik, akhirnya ku pijat pake culming tummy oil ini alhamdulilah membaik

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ya mums ada produk yang mengerti kebutuhan ibu dan anak. Anak ku juga pakai Mama's Choice Calming Tummy Oil ini dan ngebantu banget mengatasi perut kembungnya. Jadi gak terlalu rewel..

    BalasHapus
  16. solusi banget ya mba adanya tummy oil ini yah jadi bisa kasih info buat atasi kolik

    BalasHapus
  17. Suka banget sama produk Mama's choice ini. Selain aman bahan2nya juga ternyata bikin bayi anget dan bebas kembung ya mba

    BalasHapus