Perjuangan Hamil dan Menyusui Ditengah Pandemi

by - September 16, 2020

Apa sih impian terbesar seorang ibu? Saya yakin hampir semua akan menjawab bisa memberikan yang terbaik bagi buah hatinya mulai dari hari pertama dia tumbuh dalam rahim hingga akhir hayatnya kelak. 

Perjuangan hamil dan menyusui ditengah pandemi dengan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Hampir 9 tahun waktu kami menunggu datangnya buah hati ke-2 ini, saya sempat ikut KB setelah melahirkan anak pertama. Dan ketika usia Ara ( putri pertama saya ) menginjak usia 4 tahun saya memutuskan tidak ikut KB lagi berharap bisa segera dikaruniai anak ke-2. Namun rencana Tuhan lebih indah, kami harus bersabar menanti hingga dibulan September 2020 tumbuh janin buah penantian kami sekeluarga.

Saya awalnya ga sadar kalau sedang hamil, bahkan saya sempat pergi ke Thailand untuk berwisata dengan rekan-rekan kerja. Waktu itu harusnya saya menstruasi dan saya sudah siap bawa pembalut, tapi sampai pulang kok saya masih belum haid juga. Awalnya saya santai karena biasanya juga begitu mundur 7-10 hari. Tapi saya kok merasa ada sesuatu, iseng saya coba test karena dirumah selalu sedia test kehamilan.

Eeehhh abis celupin kok kelupaan sampe 3 hari, pas pulang kerja lihat hasil nya kok samar 2 garis duhh jadi deg2an langsung saya foto dan WA ke suami. Langsung minta tolong belikan lagi alat tes kehamilan yang lebih akurat. Begitu pulang kerja suami bawain 3 test pack beda-beda dan Alhamdulillah semuanya muncul 2 garis.

Pas akhir pekan kami sekeluarga langsung ke dokter kandungan dirumah sakit tempat saya dulu melahirkan Ara. Alhamdulillah terlihat kantung janin, dan saya pun disarankan untuk mengurangi aktivitas dan lebih meningkatkan asupan nutrisi. Oleh dokter Budi saya diresepkan salah satu brand suplemen kehamilan, tapi saya kok merasa kurang pas dihati. Saya browsing suplemen apa nih yang paling bagus untuk perkembangan janin dan juga baik untuk saya. Karena saat itu usia saya sudah 35 tahun otomatis tubuh saya sudah tidak sekuat dulu lagi. 

Karena waktu itu saya juga memberikan Blackmores sebagai vitaminnya Ara, saya coba tanya-tanya digrup whatsapp emak-emak yang saya ikuti. Dan memang benar sebagian besar bahkan hampir semua menyarankan saya untuk minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Saya juga ngintip di sosial medianya Blackmores Akhirnya saya memutuskan ga beli suplemen yang diresepkan dokter Budi tapi jadinya beli Blackmores PBFG.

Alasannya bukan itu aja sih ketika saya cari informasi diwebsitenya dalam Blackmores PBFG tuh suplemen dengan kandungan lengkap yang mengandung 17 Nutrisi Essensial. Ini nih yang ga saya dapatkan disuplemen kehamilan lainnya

Komposisi Blackmores Pregancy & Breast-Feeding Gold
Komposisi Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold


Untuk Blackmores PBFG ini ada 3 kemasan yang isi 60, 120 sama 180 kapsul kalau saya biasanya beli yang isi 60 kapsul. Waktu sebelum pandemi saya biasanya beli di Watson ato Century tergantung mana yang lagi promo, hehehehe. Tapi setelah pandemi tepatnya mulai Februari 2020 saya mulai beli di kalcare.com karena selain ga perlu keluar rumah, untuk mengumpulkan poinnya juga lebih cepat.

Oh iya, aturan minumnya tuh seharusnya 2x sehari tapi karena saya minumnya diselingi sama Blackmores I-Folic Pregnancy jadinya saya hanya minum 1x sehari untuk Blackmores PBFG nya. Ada alasannya sih kenapa saya kok minumnya diselingi sama Blackmores I-Folic Pregnancy? Waktu itu saya konsultasi sama dokter kandungan saya dan diinfokan bahwa sebenarnya kebutuhan Asam Folat ibu hamil itu harusnya 600-800 µg setiap harinya. Karena dalam Blackmores I-Folic Pregnancy kandungan Asam folatnya 500 µg ditambah 200 µg dari Blackmores PBFG jadinya kebutuhan asam folat saya dan janin dalam kandungan saya terpenuhi.

Blackmores I-Folic
Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


Hamil dan Menyusui Ditengah Pandemi

Ibu dan Bayi yang lahir ditengah pandemi COVID-19 ini benar-benar diuji, karena selain ga bisa periksa perkembangan kehamilan sebagaimana mestinya kami juga harus ekstra jaga kesehatan agar tidak terinfeksi COVID-19.

Ketika pandemi COVID-19 ini mulai masuk di Indonesia kehamilan saya masuk di trimester 2 akhir. Harusnya saya bisa kontrol ke dokter dengan nyaman tapi saat itu setiap kontrol perasaan selalu khawatir dan harus ketat menerapkan protokol kesehatan.

Harusnya HPL saya tuh 6 Juli 2020 tapi karena saya tiba-tiba mengalami kesakitan dipanggul dan berat janin juga sudah cukup akhirnya dokter Seto memutuskan untuk melakukan operasi SC sore harinya tepatnya di 23 Juni 2020. Karena rumah sakit juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebelum SC saya harus dirapid test dulu dan Alhamdulillah hasilnya non-reaktif.

Proses melahirkan dengan SC
Saat diruang OK 

Alhamdulillah rumah sakit tempat saya melahirkan sangat Pro-ASI, beberapa jam setelah melahirkan bayi saya langsung diantar kekamar untuk saya susui. Saya senang sekali karena saya lancar menyusui, Colostrum yang dibutuhkan bayi saya bisa saya berikan semuanya. Jadi sedih kalau saya ingat 9 tahun lalu ketika melahirkan Ara, sampai 3 hari ASI saya ga keluar. Bisa jadi karena dulu saya belum mengenal Blackmores PBFG ya jadi ASI nya seret.

Sampai sekarang pun saya masih rutin minum Blackmores PBFG, terbukti ASI saya lebih kental, ASI berkualitas dan bernutrisi tentunya. Terbukti anak saya saat ini tumbuh dengan kuat dan sehat karena nutrisinya selalu terpenuhi mulai dari dalam rahim hingga kini melalui ASI saya.

Oh iya, saya sempat posting di Facebook tentang suplemen kehamilan yang saya minum, waktu itu ada beberapa teman yang kasih komentar. Dan memang benar lho kalau dihitung-hitung secara rupiah, dengan pakai rangkaian suplemennya Blackmores jatuhnya lebih hemat. Jadi hitungannya gini :

" Saya beli yang I-Folic isi 150 pil (1x sehari, berarti untuk penggunaan 5 bulan) di Watson seharga 148.200, saya kombinasi sama Blackmores PBFG isi 60 kapsul seharga 197.900 (1x sehari, berarti untuk penggunaan 2 bulan)  di Guardian pas harga promo. Kalau matematika saya benar nih sebulan cuma habis 128.000 aja dan itu dibawah banget dibandingkan harga suplemen hamil premium lainnya "

Kalaupun ga lagi promo, secara rupiah masih tetap terjangkau kok dan pastinya kebutuhan jabang bayi dalam kandungan dan kita sebagai ibunya juga terpenuhi. Itu kan yang penting?

Untuk ibu yang sedang hamil atau bahkan yang berencana hamil dan untuk ibu menyusui, terutama dimasa pandemi ini selalu untuk rutin minum Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold karena ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa. Kalau mau tau info lebih banyak lagi bisa lho follow instagramnya @Blackmoresid atau bisa juga ke websitenya Kalbe Blackmores Nutrition

Dalam rangka memperingati World Breast-Feeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia sejak 2017 Blackmores bekerjasama dengan  Bumi Sehat Foundation setiap tahunnya membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold di klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota yaitu di Denpasar, Aceh, dan Papua. Senang kan bisa membantu sesama ibu untuk melalui masa kehamilan dan menyusui dengan bahagia. Karena salah satu faktor penting dalam menghasilkan kualitas ASI yang baik adalah hati yang bahagia.





You May Also Like

0 comments