Tips memilih minyak pijat aman saat hamil dan menyusui

by - July 25, 2020

Kehamilan jadi salah satu berkah luar biasa yang diterima pasangan suami istri, bukan hanya newly wed yang harap-harap cemas tiap tanggal menstruasi tapi buat old couple seperti saya dan suami yang mengharapkan kehadiran anak kedua setelah hampir 10 tahun jarak dengan anak pertama juga.




Kehamilan kedua saya ini bisa dibilang ga disangka ga diduga, mengalir aja tiba-tiba Alhamdulillah positif. Ada sedikit kecemasan juga karena saya hamil diatas usia 35 tahun, tahu sendiri kan kalau kehamilan yang sehat disarankan terjadi direntang usia 20-35 tahun. Dan perbedaan yang saya rasakan ketika dulu hamil diusia 26 tahun dengan sekarang diusia 36 tahun banyak banget bedanya.

Kalau dulu nih rasanya biasa aja, kerja ya udah kerja ga ngerasain punggung atau pinggang yang suka pegal. Tapi ketika hamil yang kedua ini, ya Allah hampir tiap malam punggung dan pinggang rasanya mau copot pengennya dipijitin terus entah sama anak atau suami.
Rupanya ini awal dari perjuangan saya mencari media untuk pijat, bagi bumil dan menyusui kita ga boleh loh pakai obat gosok, balsem atau minyak pijat sembarangan karena kandungan yang didalamnya akan mempengaruhi tumbuh kembang janin kita serta kualitas ASI jika kita sedang menyusui. Kita harus mencari produk yang “Aman” yang menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya bebas dari toksin dan bahan berbahaya lainnya.

Jujur yaa, saya juga diawal-awal kehamilan sering banget pake minyak oles yang hangat atau pakai balsem bahkan koyo tempel yang biasa saya pakai sebelum hamil. Ya Allah ternyata saya sudah sangat salah, itu ga boleh banget karena mengandung Methyl salicylate. Tapi saya masih beruntung, kok bisa?

Iya, untungnya saya pakai waktu masih ditrimester pertama sampai dimedio trimester kedua. Coba saya pakainya ketika masuk trimester ketiga bahaya banget, karena penggunaan Methyl salicylate bisa berpotensi menyebabkan pendarahan saat proses kelahiran nantinya bahkan bisa menyakiti janin kita lho didalam kandungan. Bahkan menurut FDA, obat topikal alias obat oles yang mengandung Methyl salicylate memiliki kategori “C” : terdapat efek yang tidak diinginkan pada janin, diberikan hanya jika memiliki efek positif lebih banyak.

Tau sendiri kan dimasa pandemi ini frekuensi untuk ketemu sama dokter di rumah sakit sebisa mungkin dikurangi, jadinya ya harus mencari alternatif lain yang aman dan tidak berbahaya. Dan karena harus mencari sendiri, kita harus benar-benar cek dan re-cek kandungan dari bahan-bahan yang digunakan. Saat ini harga yang ditawarkan juga belum tentu menjamin kualitas suatu produk, belum tentu yang mahal banget harganya pasti terjamin kualitasnya.

Perjuangan mencari minyak pijat

Seriusan, saya mengalami 1 fase yang namanya “perjuangan” karena saya mencoba berbagai macam minyak untuk mengurangi rasa pegal, ngilu dan linu yang saya alami selama masa kehamilan. Mulai dari minyak yang dijual diapotek bebas sampai yang pembeliannya lewat MLM. Mulai dari yang harganya puluhan sampai ratusan ribu.

Hampir semua yang saya coba punya karakteristik sama, wanginya kalo kita ga mandi akan terus nempel dan rasanya juga licin gitu ga mudah meresap dikulit. Belum lagi ada yang meninggalkan sensasi mentol, ada yang panasnya sampai kayak diolesi cabe. Duhh pusing banget deh pokoknya, ngerasain pinggang dan punggung sakit dan juga trial error minyak gosok sampai akhirnya saya diperkenalkan sama satu produk yang saya tahu waktu isi survey di media sosial, Mama’s Choice Herbal Massage Oil sebagai solusi aman redakan pegal saat hamil.



Tips memilih minyak pijat yang aman bagi ibu hamil dan menyusui

1. Terbuat dari 100% bahan alami

Sebenarnya memilih produk apapun sebisa mungkin yang 100% terbuat dari bahan alami ya, apalagi yang menyangkut kesehatan. Bahan yang digunakan Mama’s Choice Herbal Massage Oil semuanya alami. Dalam 1 botol Mama’s Choice Herbal Massage Oil diperkaya dengan kandungan essensial :

Oelum Europea atau Minyak Zaitun sebanyak 62% yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit agar halus dan lembut.
Grape Seed Oil atau Minyak Biji Anggur sebanyak 10% yang tinggi oksidan, dapat melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori
Oleum Cajuputi atau Minyak Kayu Putih sebanyak 25% sebagai obat alami untuk masalah pernapasan, juga mengobati nyeri otot dan persendian.
Oleum Lavender atau Minyak Lavender sebanyak 3% yang bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan otot, selain tentu saja aromanya dapat menenangkan saraf ketika kita mengoleskannya.

2. Review pengguna

Baca review para penggunanya dikomunitas-komunitas ataupun WAG bumil dan busui, saya juga sempat tanya-tanya produknya Mama’s Choice Herbal Massage Oil ke teman-teman yang sudah pernah pakai sebelum membelinya. Dan rata-rata komentarnya positif, yang saya rasakan setelah pakai juga sama sih. Kalau ada yang tanya sama saya ya saya pasti akan jawab jujur sesuai dengan yang saya rasakan.

3. Memiliki ijin BPOM

Sebisa mungkin kalau dikemasan produk yang kita beli ada keterangan nomer POM nya kita validasi dulu kebenarannya di website BPOM, dan ketika saya membeli Mama’s Choice Herbal Massage Oil sudah saya cek disana semua data yang diberikan sudah sesuai. Kenapa sih harus ada ijin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)?

Adanya kepastian bahwa produknya memiliki cara produksi yang baik dengan adanya lisensi dan sertifikasi industri
Adanya evaluasi produk sebelum diizinkan beredar
Adanya Post marketing vigilance
Adanya pre-audit dan post-audit iklan dan promosi produk
Adanya riset terhadap pelaksanaan kebijakan pengawasan obat
Adanya komunikasi, informasi dan edukasi publik termasuk peringatan publik

Ketika sebuah produk sudah memiliki ijin BPOM, yang ga kalah penting terutama bagi kita ummat Muslim, label HALAL juga harus ada. Karena apa? Label HALAL ini jadi jaminan buat kita bahwa produk yang kita gunakan mulai dari proses pembuatan sampai dengan tiba ditangan kita sudah sesuai dengan kaidah agama Islam jadinya ga ada lagi kekhawatiran juga rasa was-was.

Tiga tips sederhana tadi bisa banget kita gunakan ketika memilih minyak pijat yang aman bagi ibu hami dan menyusui. Alhamdulillah mulai dari trimester ketiga sampai sekarang saya menyusui kalau badan mulai pegal yang dicari pertama kali ya Mama’s Choice Herbal Massage Oil dan tinggal pijit-pijit sendiri betis, paha dan tangan. Kalau punggung sih itu tugasnya suami kadang anak saya yang besar juga sih, dioleskan saja udah cukup menghangatkan punggung yang pegal.



Saya pastinya #KurangiWorry karena sudah pilih Mama’s Choice Herbal Massage Oil yang lebih aman, halal dan natural yang sudah saya gunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Untuk Mama yang sedang mencari-cari apa nih yang terbaik buat saya dan buah hati, jangan khawatir karena pilihan Mama semua sudah tepat untuk memilih rangkaian produk dari Mama’s Choice. Mama bisa juga akses ke website ataupun instagram @mamaschoice untuk update informasi terkini seputar produk dan kegiatan lainnya.

Nah, sekarang ini kan kita disarankan untuk Stay at Home jadi untuk memenuhi kebutuhan lebih baik belanjanya online saja, saya kasih nih DISKON special buat Mama yang mau belanja produk-produknya Mama’s Choice di official store Mama's Choice di Shopee. Ada potongan langsung sebesar 25rb setiap belanja senilai total 150rb.

Caranya gimana?

Di aplikasi Shopee pilih : Profile --> Voucher saya --> masukkan kode voucher ( MAMASANTI ) dan nanti ketika check out jangan lupa digunakan vouchernya yaa

Yuk #KurangiWorry dan jadilah Mama pintar dengan memilih produk yang Aman, Halal, dan Alami dari Mama’s Choice




You May Also Like

0 comments