Cara Perpanjang SIM Jawa Timur

by - March 10, 2020

Ga kerasa saya punya SIM A sudah 5 tahun lamanya, karena bulan Maret adalah bulan kelahiran saya waktunya untuk memperpanjang SIM A yang sudah habis masa pakainya ditahun ini. Dan kudu gercep nih karena kalau sampai terlambat 1 hari saja prosesnya tidak bisa perpanjangan tapi sama dengan pembuatan SIM baru yang ribetnya bikin males. Harus tes ini, tes itu yang prosentase lulusnya ga sampe 2 digit hehehehe.




Untunglah saat ini untuk memperpanjang SIM di Surabaya sudah sangat dipermudah, kita bisa melakukan perpanjangan di drive thru, gerai atau di Colombo. Dan kali ini saya pilih untuk melakukan perpanjangan SIM A saya di gerai BG Junction Mall. Sebenarnya hari Sabtu jam 1 siang saya sudah kesana tapi karena kuota sudah habis saya harus balik lagi keesokan harinya. Untuk kuota pelayanan tiap harinya adalah 140 orang.

Untuk jadwal pelayanan SIM di gerai BG Junction Mall Surabaya jadwalnya seperti ini ;

Senin - Sabtu :
10.00 - 14.00
17.00 - 19.30
( Istirahat 14.00 - 17.00 )

Minggu :
10.00 - 14.00

Apa yang harus disiapkan :

  1. KTP dan SIM Asli
  2. Foto copy KTP dan SIM masing-masing 2 lembar  ( Jika perpanjangan 1 jenis SIM) namun jika perpanjangan 2 jenis SIM makan disiapkan masing-masing 3 lembar
  3. Surat keterangan sehat jasmani, bisa didapat di Puskesmas, klinik atau di tiap gerai sudah disediakan juga. Untuk surat keterangan sehat jasmani masa berlakunya adalah H+7 dari tanggal dikeluarkan
  4. Surat keterangan sehat rohani, berupa hasil psikotest dilakukan dimasing-masing gerai. Untuk surat keterangan sehat rohani masa berlakunya adalah H+30 dari tanggal dikeluarkan
Khusus untuk pelayanan tes kesehatan jasmani dan rohani di gerai BG Junction mall Surabaya berikut jadwalnya



Kalau kalian mau minta surat keterangan sehat jasmani di Puskesmas pastikan kalian tahu golongan darah, nanti disana akan diukur tekanan darah, berat badan dan di tes buta warna atau tidak.

Berapa biaya yang harus disiapkan?



Ini belum termasuk parkir dan jajan nya, malah lebih banyak keluarin uang buat jajannya daripada buat bayar perpanjangannya hehehehhee. Oh iya, kalau buat surat keterangan sehat jasmani nya di gerai biayanya Rp 40.000 yaa.

Dihari Sabtu kan saya ga dapat kuota tuh, akhirnya daripada saya sia-sia datang kesana ya udah saya ikut psikotes aja. Untuk psikotes kita harus naik kelantai L2, lokasinya pas dibelakang foodcourt sebelahan dengan ruang tes kesehatan. Prosesnya juga ga lama, sekitar 10 menit.

Disana kita harus menyerahkan 1 lembar foto copy KTP dan SIM, nantinya akan diberi 20 soal psikotest dan kita bisa mengerjakan tanpa batasan waktu. Menurut saya waktu ngerjain udah yang paling bener sih ehh tapi ternyata waktu dikoreksi masih ada yang salah juga, untungnya masih layak alias jiwanya masih sehat untuk berkendara.

Akhirnya hari Minggu pun tiba, biar cepet saya pilih parkir mobil langsung dilantai L1 karena lokasi SIM Corner di BG Junction Mall ada di lantai L1. Ancer-ancernya tuh dari ACE Hardware kekanan, posisinya pas banget disebelah toko Altara. Saya sampai sana jam 10.13 dan dapat nomer antrian 15. Oh iya, kalau disini maximal H-7 sebelum tanggal SIM mati ya kalau kurang dari itu pastinya bakal ditolak sama bapak petugasnya.

Nah ini dia nih yang menarik, setelah kita dapat nomer antrian kita harus antri untuk ambil formulir. Siapkan foto copy KTP dan SIM serta SIM asli, nanti yang atur berkas petugasnya. Untuk isi formulir ada meja khusus disisi kiri dan ada contoh pengisiannya juga. Setelah itu langsung aja menuju ke meja kasir, saran saya ya ga usah sungkan soalnya disini tuh nomer antrian udah ga berlaku lagi. Siapa yang "rai tembok" ya itu dia yang dilayani duluan. Pengalaman saya kemrin nih, kita semua udah duduk nih didepan area kasir sambil saling nanya nomer antrian berapa dan tiba-tiba ada cewe yang nyelonong aja ke meja kasir padahal dia nomer antrian 29 sementara yang baru dilayani nomer antrian 11 gitu lho sama petugasnya ga diarahkan "mbak ngantri dulu, sekarang masih nomer 11" ya kita-kita yang udah nunggu anteng rodok mangkel juga ya tau gitu dari tadi selesai ngisi langsung aja slonong boy ke meja kasir.

Untuk biaya perpanjangan SIM A = Rp 80.000 dan SIM C = Rp 75.000



Setelah bayar kita tunggu dipanggil untuk foto, sidik jari dan juga cek kelengkapan data. Disini juga ga urut untuk panggilannya, seenak petugasnya aja. Dan setelahnya baru deh nama kita dipanggil setelah SIM nya jadi. Total pelayanan sekitar 2 jam dari awal saya datang jam 10.15 selesai sekitar jam 12 siang lebih sedikit.

Yuk dicek SIM nya, jangan sampai kelewatan ya.....

You May Also Like

0 comments