Deal With Pink Ajakan Untuk Sadar Resiko Kanker Payudara

by - October 07, 2019

Wanita itu begitu istimewa, diberi rahim tempat tumbuhnya calon manusia baru hingga payudara untuk memberikan air susu bagi bayinya. Karena keistimewaan inilah wanita harus menjaga dan merawatnya agar organ-organ tersebut terhindar dari resiko penyakit kanker yang masih menjadi momok bagi kaum Hawa.


Siapa disini yang rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri tiap bulan?

Ini penting lho, sebagai wanita jaman now resiko terkena kanker payudara semakin tinggi. Bahkan diprediksi oleh WHO di Indonesia sendiri nantinya di 2030 penderita kanker payudara akan meningkat hingga 7 kali lipat.

Kalau dulu penyakit ini identik dengan wanita yang sudah berumur, tapi semakin kesini usia penderita kanker payudara semakin muda saja. Bahkan diinformasikan oleh Dr.Irawati Marga, MARS, QIA, CMA selaku Direktur utama RS. Adi Husada Undaan Wetan Surabaya usia termuda yang pernah beliau temui adalah seorang gadis yang berusia 18 tahun.


Untuk itulah dihari Minggu, 06 Oktober 2019 lalu dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara International, Can-Care dan Adi Husada Cancer Center bersama dengan Yayasan Kanker Indonesia menyelenggarakan acara Zumba dengan tema "Deal With Pink" di Taman Bungkul Surabaya. Menurut Virgie Keen selaku marketing Can-Care Indonesia, Car Free Day Taman Bungkul dipilih karena disinilah tempat berkumpulnya semua lapisan masyarakat terutama masyarakat yang peduli dengan kesehatan. Agar nantinya informasi yang diberikan dapat ditularkan ke orang-orang disekitarnya.



Acara dimulai tepat pukul 06.00 dimulai dengan Aerobic bersama lalu diselingi dengan pesan agar para semua orang selalu mawas diri akan resiko penyakit kanker payudara ini. Disini juga disebar team yang membawa papan bagaimana melakukan SADARI ( Pemeriksaan payudara Sendiri ) dan motivasi-motivasi lainnya yang diharapkan bisa menyadarkan kita bahwa mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati.

Bahkan dengan SADARI jika seandainya ditemukan ada yang tidak biasa pada tubuh kita nantinya bisa cepat terdeteksi dan bisa segera diobati. Untuk itulah alangkah baiknya jika dilakukan setiap bulan dengan 3 cara yang tepat :
  1. Pilih waktunya yaitu 7 sampai 10 hari sesudah menstruasi
  2. Periksa pandang, berdiri didepan cermin dan lakukan langkah-langkah SADARI
  3. Raba dengan 3 jari secara lembut

Dilanjutkan dengan penampilan dari The Next Management yang mewakili para generasi muda yang tampil dengan campaign material tentang kanker. Dan yang ditunggu-tunggu adalah Zumba lalu ditutup dengan pembagian 1.000 balon merah muda sebagai pertanda kepedulian juga pengingat bahwa kita, berapapun usianya dan apapun gendernya harus selalu mawas diri akan bahaya penyakit kanker terutama kanker payudara.


You May Also Like

0 comments