Wujud Nyata Kepedulian Cordlife di Hari Pelanggan Nasional

by - September 25, 2019

Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Memberikan yang terbaik itu bukan hanya secara materi atupun kasih sayang saja tapi juga memberikan perlindungan dan jaminan masa depannya, termasuk kesehatan.

Pernah berpikir ga sih untuk menyimpan tali pusat bayi kita di sebuah bank darah? Jujur saja saya awalnya juga ga kepikiran kesana sampai saya melihat sendiri apa sih manfaat yang bisa didapatkan dengan menyimpan tali pusat anak kita di bank darah. Dan salah satu bank darah tali pusat terbesar di Indonesia adalah PT Cordlife Persada.


Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional yang diperingati tanggal 4 September 2019 setiap tahunnya, PT Cordlife Persada mengadakan acara yang bertajuk " Cordlife Luncheon " yang diadakan di JW Marriott Hotel Surabaya pada 8 September 2019 lalu.

Acara ini sebagai wujud penghargaan terhadap para pelanggan setia PT Cordlife Persada sekaligus juga berbagi kepedulian terhadap ibu hamil di Surabaya serta kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Surabaya. Dikemas secara santai, selain mengajak para undangan saling berbagi, makan siang bersama sekaligus memperoleh ilmu baru dari narasumber yang dihadirkan.

Dibuka oleh ibu Retno Suprihatin selaku Country Director PT Cordlife Persada, pada kesempatan ini beliau memaparkan bahwa kehadiran Cordlife di Indonesia bukan hanya untuk mengejar profit saja tapi juga memberikan arti dan dampak positif bagi masyarakat yang sejalan dengan visi yang sudah 18 tahun ini dijalankan, membantu orang untuk hidup lebih sehat, lebih bahagia dan lebih baik.



Kenapa kali ini yang diajak ibu hamil?

Karena Cordlife ingin mengedukasi para ibu hamil di Indonesia untuk menjalani masa kehamilan hingga menyusui nanti dengan sehat dan bahagia agar melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat serta bahagia juga. Dan selama proses kehamilan inilah masa penting tumbuh kembang janin kita ditentukan kualitasnya.

Pada kesempatan ini dihadirkan para praktisi kesehatan, tepatnya 3 orang dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya. Ada Dr. dr. Dian Pratamastuti, SpA ; dr. Benediktus Arifin, MPH SpOG (K), FICS dan dr. Meriana Virtin


" Yuk kita berjuang 6 bulan saja, berikan ASI eksklusif karena ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi, memberikan kekebalan alami untuk pertumbuhan bayi yang optimal "  dr. Dian Pratamastuti, SpA beliau memaparkan betapa pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi bayi kita terutama di 6 bulan pertama. Beliau ini adalah salah satu doker yang sangat mendukung IMD ( Inisiasi Menyusui Dini ) Karena lewat IMD inilah bayi akan mulai belajar menggunakan seluruh panca indranya untuk mencari puting susu ibunya. Dan ASI pertama yang keluar setelah melahirkan mengandung Kolostrum yang banyak sekali manfaatnya bagi bayi kita.

" Contoh kelainan kromosom yang sering terjadi adalah Trisomy 21 atau dikenal sebagai Down Syndrome. Mengapa NIPT (Non Invasive Prenatal Test) itu penting, karena terkadang kelainan kromosom tidak terlihat pada saat pemeriksaan USG. Pilihlah pemeriksaan NIPT pada labolatorium yang reliable dan sudah terakreditasi" dr. Benediktus Arifin, MPH SpOG (K), FICS 

Ada yang belum pernah dengar apa itu NIPT dan kapan sih waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk melakukan NIPT?

NIPT adalah pemeriksaan janin yang dilakukan sebelum dilahirkan dengan menggunakan teknik yang aman tanpa mengganggu pertumbuhan janin didalam kandungan. Test ini dilakukan dengan cara mengambil sample darah ibu sekitar 10cc. Dengan pemeriksaan ini ibu hamil dapat mengetahui apakah janin yang dikandunganya berisiko mengalami kelainan kromosom.

NIPT dapat dilakukan pada awal kehamilan yaitu pada usia kandungan mulai dari 10 minggu. Di Cordlife kita bisa berkonsultasi dengan para konsultannya untuk tahu lebih dalam tentang manfaat NIPT ini dan juga bisa tanya-tanya tentang layanan Cordlife lainnya seperti penyimpanan darah tali pusat dan juga skrining kelainan metabolisme bawaan pada bayi yang baru lahir.

Layanan yang dimiliki Codlife saat ini adalah  NIPT (Non Invasive Prenatal Testing) untuk skrining kelainan kromosom, penyimpanan darah tali pusat dan tali pusat stem cell, serta Newborn Screening atau skrining untuk bayi baru lahir terutama untuk kelainan metabolik bawaan.

Selain menghadirkan ketiga praktisi kesehatan tersebut, acara yang juga didukung oleh Mustela, Sorella, MumsandBabes, Melle Green Food, Crane, dan Mama Choice ini juga memberikan donasi kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Surabaya. Semoga kedepannya PT Cordlife Persada semakin sering mengadakan acara yang memberikan edukasi dan membuka cara pandang orang tua di Indonesia tentang betapa pentingnya menyimpan tali pusat buah hati kita.

Penyeraham Donasi kepada kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Surabaya
Kanan ke kiri: Ibu Anisah Mahsunah Harun Ketua Cabang YKAKI Surabaya, dr. Meriana Virtin


You May Also Like

0 comments