5 Cara Sederhana Tetap Waras Bekerja

by - September 08, 2019


Sadar ga sadar sebagian besar waktu kita yang kerja office hour ya dikantor, penat tentunya bakal melanda terutama setelah ngerjain tugas-tugas yang butuh konsentrasi tinggi. Ada yang bilang "bisa gila gue ngadepin kerjaan kayak gini" nah biar kita tetap "waras" saya mau bagi sedikit rahasia saya.

Kalau kita lihat perusahaan-perusahaan yang "kekinian" seperti google, facebook ataupun perusahaan-perusahaan start up seperti gojek kita bakal ngelihat kantor yang dibuat senyaman mungkin biar karyawannya tetap "melek" dan produktif.

Tapi perusahaan yang seperti itu bakal bisa dihitung dengan jari tangan aja, gimana dengan kita yang kerja di perusahaan konvensional? Apa nih yang bisa kita lakukan biar tetap "Waras" menjalani hari-hari di kantor ?

1. Meja Kerja

Ya, kita harus membuat meja kerja kita senyaman mungkin. Kalau saya biasanya biar ga bosan sebulan sekali saya ubah tata letak meja kerja. Entah itu dipindah aja posisi telpon, bulan ini ditambahin kaktus, bulan depan pakai vas bunga yang ada bunga mawarnya bahkan saya sering kali gonta ganti foto yang saya pasang di meja kerja. Saya senang sekali ketika sudah jenuh lihat foto anak saya yang kemarin baru menang lomba, lihat foto suami yang saya candid. Hal-hal receh seperti itu sih yang buat saya jadi semangat lagi. 


Oh iya, dimeja kerja saya ada diffuser kecil biasanya kalau lagi suntuk saya tetesin aroma terapi yang bikin tenang. Tapi yang satu ini jangan sampai mengganggu meja sebelah ya aromanya, pilih yang lembut saja namun bisa membangkitkan semangat kerja lagi.

2. Musik

Musik adalah makanan bagi jiwa, itu kata orang tapi menurut saya benar sih. Dengan mendengarkan musik rasa jenuh yang melanda akan sirna seketika. Kalau saya biasanya dengar radio kesayangan pakai headset aja. tapi kalau bos lagi ga ada di loud speaker biar yang lain juga menikmatinya.

Untuk musik selain dari radio saya juga ada playlist yang saya buat di aplikasi langit musik dan spotify. Pilih aja musik-musik yang easy listening dan bisa didengarkan lintas generasi, maklum dikantor kan usianya beragam dari yang masih A.B.G sampai yang abege alias angkatan babe gue 😂



3. Kosmetik

Apa hubungannya jenuh dikantor sama kosmetik? Ada donk, kalau saya nih biasanya kalau lagi jenuh saya tinggalkan sejenak pekerjaan-pekerjaan. Tutup buku, letakkan pena lalu buka sachet masker.

Sesekali saya pakai masker (pilih yang sheet mask ya biar gampang pakai dan bersihinnya) dikantor. Serius nih, setelah pakai masker saya biasanya merasa lebih tenang. Mungkin karena kulit wajah jadi bersih ya dan masker kan biasanya juga ada aromanya nah itu juga bisa banget nenangin saya.


Kadang juga saya pakai under eye mask atau pore pack yang dipakai dihidung buat ngilangin komedo. Kalo udah gini saya biasanya ajak-ajak meja sebelah buat ikutan pakai, jadinya kalau ada divisi lain yang lewat biar keliatan kompak hahahaha



4. Main

Ih, sudah dewasa kok masih suka main. Ga usah dengerin apa kata orang, karena pada dasarnya manusia itu akan selalu punya jiwa anak-anak. Betul kan?

Saya kalau jenuh banget dikantor suka main sama teman-teman. Main apa aja, mulai ABC 5 kata sampai tebak-tebakan. Dengan bermain hormon bahagia akan meningkat, bahkan kadang ide-ide baru itu munculnya secara ga sengaja ketika kita lagi main.


Khusus untuk main ini jangan ambil waktu kerja ya, profesionalitas tetap harus dijaga meskipun kita jenuh banget. Kecuali diperusahaan tempat kita kerja ada aturan yang ngebolehin karyawannya main untuk bisa kembali kreatif. Jangan jadikan jenuhnya kita alasan untuk meninggalkan kewajiban.

5. Tidur

Inilah senjata pamungkasnya, kalau sudah jenuh banget saya biasanya ijin 15 menit ke bos buat tidur. 15 menit atau yang sering diistilahkan "Power Nap" bisa banget mengembalikan semangat kerja saya. beneran lho saya sudah membuktikan sendiri, saya biasanya tidur 15 menit sebelum jam 1. Awalnya kesulitan untuk ngepasin 15 menit, saya pasti pasang alarm. Tapi setelah beberapa lama kebiasaan power nap saya ya seperti itu.

Setelah 15 menit bangun badan dan pikiran sudah segar kembali. Mau ngerjain tugas yang menumpuk, telpon client yang susah OK2 aja. Tidur itu ga harus dikasur yang nyaman, saya biasanya kalau tidur siang diatas meja aja pakai bantal kecil. Alhamdulillah lebih pulas, biasanya sih saya gantian posisi kepalanya, hari ini ngadep kiri besok ngadep kanan biar ga peyang sebelah kepalanya 😂😂

Itulah hal-hal kecil yang saya lakukan yang bisa mengembalikan mood saya dan menghilangkan kejenuhan di tempat kerja. Selamat mencoba dan semoga tetap "waras" agar selalu produktif dan kreatif 😏😏

You May Also Like

0 comments