Cara Pindah BPJS Kesehatan PBI

by - August 14, 2019


Siapa yang merasa pernah terlambat bayar iuran BPJS Kesehatan Mandiri? Saya termasuk didalamnya, beberapa waktu lalu saya pernah terlambat bahkan sampai total 3 jutaan harus saya lunasi.

Namun sesaat setelah saya melunasi BPJS Kesehatan Mandiri saya yang awalnya kelas II setelah saya cek kembali ternyata status kepesertaan saya dan keluarga berubah menjadi peserta PBI kota Surabaya dengan jatah kelas III dan bebas iuran.

Antara senang dan ga senang sih, maksudnya yaa lumayan lah ga perlu bayar iuran tapi dalam hati kan saya mampu bayar dan masih banyak orang-orang yang lebih membutuhkan yang gratis. Waktu itu karena status saya pengangguran jadinya ya sudah lah biarkan saja status kepesertaan saya sebagai PBI.

Karena sekarang sudah kerja, saya harus donk cabut status PBI jadi peserta BPJS Perusahaan. Awalnya saya bingung harus kemana dulu, pernah suatu hari saya datang ke kantor BPJS Kesehatan yang di Dharmahusada disana dijelaskan saya harus ke kantor Dinas Kesehatan dulu sambil bawa surat keterangan dari perusahaan.

Hmmm OK lah saya minta ke HRD, lha sama HRD ga dikasih surat keterangan malah dikasih surat pernyataan. Baiklah akhirnya saya isi lah semuanya lengkap dengan tanda tangan bermaterai.

Karena keterangan yang saya dapat minim banget saya juga coba browsing harus kemana dulu. Disalah satu website disebutkan saya harus ke Dinas Sosial, baiklah saya akhirnya ke Dinas Sosial yang ada di Gayungsari. Ternyata salah saudara, disana saya diberi pengarahan kalau untuk melakukan pencabutan PBI harus di kantor Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang ada di jalan Jemursari no.197 Surabaya.

Untunglah lokasinya dari ga jauh tinggal putar balik sedikit ke Dolog, lokasinya pas didepan Hotel Luminor sesudah perempatan yang mau ke Plaza Marina. Karena saya naik motor parkirnya ada didepan disisi kiri gedung utama.

Dari parkiran nanti lurus aja, ada Musholla belok kiri. Pas ditengah itu ruangan untuk urus BPJS Kesehatan, tepatnya di ruangan Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan. Dipintu masuk sudah ada nomer antrian, jadi begitu datang langsung ambil aja karena nanti dipanggil berdasarkan urutan.


Karena saya mau urus pindah dari PBI kota Surabaya ke BPJS Perusahaan dokumen-dokumen yang harus disiapkan ini :
  1. Foto copy kartu keluarga 2 lembar
  2. Kartu BPJS Kesehatan ASLI dan copy 2 lembar
  3. Materai 6 ribu 1 lembar
  4. KTP asli
Ketika giliran kita tiba nanti kita masuk kedalam ruangan, disana ada 3 petugas jadi jangan khawatir lama. Awal masuk kita akan ditanya dulu keperluannya apa, lalu petugas melakukan pengecekan dikomputer. Setelah selesai beliaunya kembali kemeja kita dan menyerahkan 1 formulir yang harus ditempeli materai 6.000 dan dibubuhi tanda tangan. Setelahnya harus di foto copy 2x. Jadi, formulir yang saya dapat dari HRD kantor yang sudah saya print dan kasih materai ga guna ternyata 😂


Karena disini tidak disediakan jasa foto copy alhasil kita harus jalan deh, lumayan sekitar 500 meter menuju ke Polsek Wonocolo. Disana ada semacam kantin yang menyediakan jasa foto copy juga, namanya Panorama fotocopy.

Sesuai instruksi bapaknya tadi (ga tau namanya karena si bapak ga pake name tag) saya disuruh langsung masuk dan menyerahkan berkas-berkas tadi. Setelah dicek dan yang copyan diberi stempel serta tanda tangan sudah selesai. Semua berkas asli dibawa beliau dan yang sudah distempel tadi harus saya serahkan ke HRD tempat saya kerja untuk bisa segera didaftarkan.

Sementara proses peralihan, kita masih bisa menikmati fasilitas BPJS Kesehatan sesuai kelas III sampai status sebagai peserta BPJS Perusahaan aktif. Semoga infomasinya bermanfaat, kalau ada tanbahan kasih komentar yaa



You May Also Like

0 comments