10 Tips Puasa Sehat

by - May 07, 2019

Ramadan Tiba...Ramadan Tiba...
Marhaban Yaa Romadhon... Marhaban Yaa Romadhon


Alhamdulillah senang sekali rasanya dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan, bulan yang paling mulia bagi seluruh ummat Islam didunia. Ramadan bisa menjadi detoks bagi tubuh kita, dimana saat kita menjalankan ibadah puasa tubuh serasa dimurnikan kembali. Asal.... kita melakukannya dengan benar, makan sehat dan tetap melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Beberapa saat lalu saya menghadiri acara ulang tahun Wajah Bunda Indonesia yang ke 7 bareng bunda2 wilayah Jatim di Bebek Bengil. Kebetulan waktu itu ada dokter Sahid dari RS Grha Husada beliau memaparkan 10 Tips Sehat & Bugar saat berpuasa

1. Medical Check up

Sebelum berpuasa ada baiknya kita memeriksakan diri yah setidaknya berkonsultasi dengan dokter kita, khususnya bagi yang punya masalah kesehatan tertentu. Seperti saya nih yang punya masalah lambung, hal ini untuk menghindari keluhan ketika kita menjalani ibadah puasa. 

Biasanya dokter akan memberikan vitamin atau obat yang bisa kita konsumsi agar tubuh kita siap menerima jadwal makan yang diluar kebiasaan.

2. Tetap Konsumsi Obat seperti Biasanya

Nah, seperti saya yang memang harus rutin minum obat lambung saya tetap minumnya 3x sehari hanya saja waktunya yang berbeda. kalau sebelumnya tiap 5 atau 6 jam sekali ketika puasa waktu minum obatnya diubah. Itulah perlunya berkonsultasi sebelum puasa agar tidak salah.

Misalnya bagi penderita diabetes melitus dengan konsumsi obat minum maka obat bisa dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sedangkan pada saat sahur obat yang dikonsumsi sebaiknya jangan yang menyebabkan penurunan kadar gula karena dapat menyebabkan hipoglikemia/penurunan gula pada siang harinya

3. Merencanakan Jadwal Menu

Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan kita tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

Agar semuanya terencana dan mudah ada baiknya kita buat jadwal menu setidaknya untuk 1 minggu. Biar ga bosan juga kita bisa kombinasikan menu setiap harinya. Berikut contoh menu buka dan sahur selama 7 hari yang mudah dan praktis tapi tetap penuh nutrisi

Menu buka dan sahur

4. Jangan Pernah Lewatkan Makan Sahur

Pernah dengar beberapa teman yang bilang "Aku ga bisa kalo puasa makan sahur jam 3, nanti jam 10 pasti wes lapar lagi" wahh tubuh anda aneh yaaa  😁 padahal dengan sahur lambung waktu lambung kita kosong jadinya semakin sebentar. tahu sendiri kan kalau lamung yang terlalu lama kosong akan menyebabkan terjadinya gastritis atau maag. Dengan makan sahur juga bisa mencegah rasa haus dan lemas yang disebabkan karena tidak ada makanan yang masuk sebagai sumber energi yang dibutuhkan, karena saat tidurpun tubuh kita masih membutuhkan energi meskipun tidak sebesar ketika kita beraktivitas.

5. Jenis Hidangan saat Sahur

Biasanya pas makan sahur mager banget ya pengennya buru-buru aja makannya terus ngelanjutin tidur. Nah agar tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi sepanjang hari selama berpuasa kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks seperti oat cereal, makanan yang tinggi protein serta sayuran yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama dan kurangi karbohidrat serta minum air yang cukup.

Minum air hangat sebagai penutup segala makan dan manum setelah sahur, bahkan lebih bagus lagi ketika menjelang imsyak sangat membantu mengurangi rasa haus pada saat berpuasa. Karena air hangat akan membersihkan sisa-sisa minyak dikerongkongan yang dapat menyebabkan rasa haus berlebihan pada saat puasa.

6. Hindari Berbuka Puasa dengan Makan Berlebihan

Penyakit banget ih, menjelang berbuka bawaannya lapar mata semua maunya dibeli semua maunya dimakan. Apalagi ada air dingin atau es pasti itu yang akan diserbu duluan, emang enak sih ditenggorokan rasanya nyesss gitu. Tapi,alangkah bijaksana jika kita minum air hangat dulu sebelum mengkonsumsi yang lainnya.

Berbuka puasa cukup dengan 1 gelas air dan buah kurma dalam jumlah ganjil sesuai sunnah Rasulullah S.A.W ini sudah cukup kok mengganjal perut dan memberikan sedikit energi untuk melaksanakan sholat Maghrib. Setelah sholat Maghrib silahkan makan, tapi secukupya yaa apalagi yang punya sakit lambung maupun diabetes melitus nanti perutnya kaget. Boleh kita makan lagi nanti setelah melaksanakan sholat tarawih. Tapi porsinya kecil aja, jangan lupa tambahan sayur dan buah-buahan sesaat sebelum tidur.

7. Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Sebenarnya ga hanya ketika berpuasa, dalam keseharianpun lebih baik sebisa mugkin kita hindari tempat yang terlalu panas. Karena kompisisi tubuh kita itu paling banyak cairan jadi kalau terlalu sering kena panas tubuh akan lebih cepat dehidrasi. Namun jika kegiatan kita memang lebih banyak diluar ruangan gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan berbahan katun agar tubuh tetap dingin. Pakai juga pelindung kepala seperti topi agar panas tidak menyentuh kulit langsung.

8. Penuhi Kebutuhan Cairan selama Puasa

Selama berpuasa kita tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, standardnya 8 gelas setiap harinya. Untuk pembagiannya bisa dilihat dibagan berikut, kalau ini dipenuhi Insyaa Allah meskipun cuaca sedang terik-teriknya cairan tubuh kita akan tetap terpenuhi.

jadwal minum selama puasa

Jangan hanya minum air putih biasa

Air yang kita minum nantinya akan disimpan dalam tubuh, namun air minum biasa akan cepat menguap dan menyebabkan urin lebih pekat. Urin yang lebih pekat tentunya membuat ginjal kita harus bekerja ekstra keras. Untuk itulah kita harus minum cairan yang mengandung elektrolit yang bisa mencegah dehidrasi dibandingkan air biasa.

Ibaratnya seperti kaktus yang dapat menyimpan cairan, minum Pocari Sweat saat sahur dapat membantu jaga cairan tubuh saat puasa. Apalagi saat ini ada family pack alias kemasan yang bisa dinimkati seluruh keluarga dengan harga yang lebih ekonomis namun manfaatnya bisa dirasakan seluruh anggota keluarga.

Oh iya, agar kandungan ion dan elektrolit dalam Pocari Sweat tetap terjaga sebaiknya setelah dibuka langsung dikonsumsi. Misalnya tidak habis pastikan sudah ditutup dengan benar dan masukkan dalam lemari pendingin serta hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.




9. Olah Raga

Menggerakkan tubuh dengan berolah raga wajib ya hukumnya untuk menjaga kesehatan, dan puasa ga boleh jadi alasan buat kita bermalas-malasan. Untuk mencegah dehidrasi sebaiknya kita melakukan oleh raga ringan selama 15-20 menit menjelang waktu berbuka atau kalau mau lebih lama lagi bisa sih dilakukan setelah sholat tarawih

Jenis olah raga saat berpuasa
  • Jogging atau lari santai, aktivitas ini tidak terlalu banyak membutuhkan energi namun tetap bisa melatih kardiovaskular kita agar tubuh tetap prima dan tidak lemas disiang hari ketika puasa.
  • Yoga, ini olah raga yang paling sering dilakukan ketika berpuasa. Gerakan yang minimal namun tetap terarah membuat tubuh kita memperoleh keseimbangan. Apalagi dengan berlatih pernafasan tubuh kita akan memperoleh oksigen segar selama menjalani puasa. Kalau saya biasanya yoga sesaat setelah sholat Shubuh, tubuh jadi lebih segar dan siap menjalani hari
  • Bersepeda, ga perlu jauh-jauh cukup bersepeda disekitar rumah aja bisa sambil boncengan atau beriringan sama si kecil juga.
10. Kurangi Makanan Pedas atau Digoreng

Terutama ketika makan sahur sebisa mungkin jangan makan makanan yang digoreng dan pedas karena bisa menyebabkan mulas ataupun gangguan pencernaan. Dan sisa-sisa minyak dari gorengan tadi bisa menyebabkan rasa haus meskipun sudah banyak minum saat sahur.

You May Also Like

0 comments