Doa ketika Anak Nakal

Pernahkah kita merasa bahwa anak kita sangat nakal? walaupun kata nakal itu tidak ada dalam istilah psikologi, karena anak-anak pada hakekatnya sedang berkembang.


Mari kita lihat kisah Imam Sudais ( Abdurrahman as-Sudais ), salah satu imam dan khatib di di Masjidil Haram yang terkenal dengan suaranya yang syahdu saat melantunkan ayat-ayat Al-Quran. Apakah beliau serta merta menjadi imam besar?

Oh tentu tidak, ketika beliau masih anak-anak beliau pernah membuat marah ibundanya. Pada waktu itu Abdurrahman as-Sudais kecil menaburkan pasir diatas kue yang sudah susah payah dibuat ibundanya untuk disajikan pada tamu-tamunya.

Kalau kita, wahhh sudah ngamuk kali ya bahkan mungkin ada yang bilang "dasar anak nakal" sambil ngejewer telinganya. Tapi masya Allah hebatnya kekuatan hati ibundanya, beliau memang marah tapi beliau tidak mengucapkan kata-kata buruk. Beliau malah mendoakan anaknya " Aku doakan engkau kelak menjadi Imam Haromain " dan masya Allah dalam kondisi yang marah doa seorang ibu ternyata didengar oleh Allah S.W.T


Bisa juga kita berkaca dari seorang Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat yang ke 16. Beliau memang ditakdirkan memiliki wajah yang tidak terlalu tampan, bahkan ketika kecil ia sering jadi bahan bully-an teman-temannya dan bahkan sang guru juga tidak terlalu menyukainya. Tapi namanya Ibu, anaknya adalah yang paling tampan didunia. Meskipun Abraham kecil banyak bertingkah nakal namun sang ibu selalu berdoa, sempat disuatu ketika saking marahnya sang ibu hingga beliau berujar "Wahai anakku, jadilah engkau pemimpin dunia agar dunia tahu hebatnya dirimu" Masya Allah doa sang ibunda juga terkabul.

Usia anak-anak memang masa dimana anak mengeksplorasi dunia sekitarnya, mungkin menurut kita anak kita nakal. Namun yakinlah seiring dengan berjalannya waktu, dengan bimbingan serta doa kita kenakalannya, kekurangannya ataupun sifat negatifnya akan semakin berkurang bahkan hilang. 

Memang tidak mudah, namun biasakan mulut kita untuk mengucap yang baik seperti doa. Karena doa ibu apalagi doa kebaikan akan lebih diijabah oleh Allah S.W.T 

Biasakan mengucapkan 
"Semoga nanti kamu jadi anak yang berguna" atau 
"Semoga nanti kamu jadi penghafal Al-Quran" atau 
"Semoga nanti kamu bisa membanggakan bapak sama ibu"  dan seterusnya karena hakekat berdoa itu bisa dilakukan dengan bahasa apa saja.

Jadi, ketika kita sebagai ibu atau suami kita marah pada anak-anak kita, maka jadikan kemarahan kita itu sebagai salah satu pelepasan doa-doa orang tua yang paling hebat.

10 Tips Puasa Sehat

Ramadan Tiba...Ramadan Tiba...
Marhaban Yaa Romadhon... Marhaban Yaa Romadhon


Alhamdulillah senang sekali rasanya dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan, bulan yang paling mulia bagi seluruh ummat Islam didunia. Ramadan bisa menjadi detoks bagi tubuh kita, dimana saat kita menjalankan ibadah puasa tubuh serasa dimurnikan kembali. Asal.... kita melakukannya dengan benar, makan sehat dan tetap melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Beberapa saat lalu saya menghadiri acara ulang tahun Wajah Bunda Indonesia yang ke 7 bareng bunda2 wilayah Jatim di Bebek Bengil. Kebetulan waktu itu ada dokter Sahid dari RS Grha Husada beliau memaparkan 10 Tips Sehat & Bugar saat berpuasa

1. Medical Check up

Sebelum berpuasa ada baiknya kita memeriksakan diri yah setidaknya berkonsultasi dengan dokter kita, khususnya bagi yang punya masalah kesehatan tertentu. Seperti saya nih yang punya masalah lambung, hal ini untuk menghindari keluhan ketika kita menjalani ibadah puasa. 

Biasanya dokter akan memberikan vitamin atau obat yang bisa kita konsumsi agar tubuh kita siap menerima jadwal makan yang diluar kebiasaan.

2. Tetap Konsumsi Obat seperti Biasanya

Nah, seperti saya yang memang harus rutin minum obat lambung saya tetap minumnya 3x sehari hanya saja waktunya yang berbeda. kalau sebelumnya tiap 5 atau 6 jam sekali ketika puasa waktu minum obatnya diubah. Itulah perlunya berkonsultasi sebelum puasa agar tidak salah.

Misalnya bagi penderita diabetes melitus dengan konsumsi obat minum maka obat bisa dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sedangkan pada saat sahur obat yang dikonsumsi sebaiknya jangan yang menyebabkan penurunan kadar gula karena dapat menyebabkan hipoglikemia/penurunan gula pada siang harinya

3. Merencanakan Jadwal Menu

Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan kita tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

Agar semuanya terencana dan mudah ada baiknya kita buat jadwal menu setidaknya untuk 1 minggu. Biar ga bosan juga kita bisa kombinasikan menu setiap harinya. Berikut contoh menu buka dan sahur selama 7 hari yang mudah dan praktis tapi tetap penuh nutrisi

Menu buka dan sahur

4. Jangan Pernah Lewatkan Makan Sahur

Pernah dengar beberapa teman yang bilang "Aku ga bisa kalo puasa makan sahur jam 3, nanti jam 10 pasti wes lapar lagi" wahh tubuh anda aneh yaaa  😁 padahal dengan sahur lambung waktu lambung kita kosong jadinya semakin sebentar. tahu sendiri kan kalau lamung yang terlalu lama kosong akan menyebabkan terjadinya gastritis atau maag. Dengan makan sahur juga bisa mencegah rasa haus dan lemas yang disebabkan karena tidak ada makanan yang masuk sebagai sumber energi yang dibutuhkan, karena saat tidurpun tubuh kita masih membutuhkan energi meskipun tidak sebesar ketika kita beraktivitas.

5. Jenis Hidangan saat Sahur

Biasanya pas makan sahur mager banget ya pengennya buru-buru aja makannya terus ngelanjutin tidur. Nah agar tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi sepanjang hari selama berpuasa kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks seperti oat cereal, makanan yang tinggi protein serta sayuran yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama dan kurangi karbohidrat serta minum air yang cukup.

Minum air hangat sebagai penutup segala makan dan manum setelah sahur, bahkan lebih bagus lagi ketika menjelang imsyak sangat membantu mengurangi rasa haus pada saat berpuasa. Karena air hangat akan membersihkan sisa-sisa minyak dikerongkongan yang dapat menyebabkan rasa haus berlebihan pada saat puasa.

6. Hindari Berbuka Puasa dengan Makan Berlebihan

Penyakit banget ih, menjelang berbuka bawaannya lapar mata semua maunya dibeli semua maunya dimakan. Apalagi ada air dingin atau es pasti itu yang akan diserbu duluan, emang enak sih ditenggorokan rasanya nyesss gitu. Tapi,alangkah bijaksana jika kita minum air hangat dulu sebelum mengkonsumsi yang lainnya.

Berbuka puasa cukup dengan 1 gelas air dan buah kurma dalam jumlah ganjil sesuai sunnah Rasulullah S.A.W ini sudah cukup kok mengganjal perut dan memberikan sedikit energi untuk melaksanakan sholat Maghrib. Setelah sholat Maghrib silahkan makan, tapi secukupya yaa apalagi yang punya sakit lambung maupun diabetes melitus nanti perutnya kaget. Boleh kita makan lagi nanti setelah melaksanakan sholat tarawih. Tapi porsinya kecil aja, jangan lupa tambahan sayur dan buah-buahan sesaat sebelum tidur.

7. Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Sebenarnya ga hanya ketika berpuasa, dalam keseharianpun lebih baik sebisa mugkin kita hindari tempat yang terlalu panas. Karena kompisisi tubuh kita itu paling banyak cairan jadi kalau terlalu sering kena panas tubuh akan lebih cepat dehidrasi. Namun jika kegiatan kita memang lebih banyak diluar ruangan gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan berbahan katun agar tubuh tetap dingin. Pakai juga pelindung kepala seperti topi agar panas tidak menyentuh kulit langsung.

8. Penuhi Kebutuhan Cairan selama Puasa

Selama berpuasa kita tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, standardnya 8 gelas setiap harinya. Untuk pembagiannya bisa dilihat dibagan berikut, kalau ini dipenuhi Insyaa Allah meskipun cuaca sedang terik-teriknya cairan tubuh kita akan tetap terpenuhi.

jadwal minum selama puasa

Jangan hanya minum air putih biasa

Air yang kita minum nantinya akan disimpan dalam tubuh, namun air minum biasa akan cepat menguap dan menyebabkan urin lebih pekat. Urin yang lebih pekat tentunya membuat ginjal kita harus bekerja ekstra keras. Untuk itulah kita harus minum cairan yang mengandung elektrolit yang bisa mencegah dehidrasi dibandingkan air biasa.

Ibaratnya seperti kaktus yang dapat menyimpan cairan, minum Pocari Sweat saat sahur dapat membantu jaga cairan tubuh saat puasa. Apalagi saat ini ada family pack alias kemasan yang bisa dinimkati seluruh keluarga dengan harga yang lebih ekonomis namun manfaatnya bisa dirasakan seluruh anggota keluarga.

Oh iya, agar kandungan ion dan elektrolit dalam Pocari Sweat tetap terjaga sebaiknya setelah dibuka langsung dikonsumsi. Misalnya tidak habis pastikan sudah ditutup dengan benar dan masukkan dalam lemari pendingin serta hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.




9. Olah Raga

Menggerakkan tubuh dengan berolah raga wajib ya hukumnya untuk menjaga kesehatan, dan puasa ga boleh jadi alasan buat kita bermalas-malasan. Untuk mencegah dehidrasi sebaiknya kita melakukan oleh raga ringan selama 15-20 menit menjelang waktu berbuka atau kalau mau lebih lama lagi bisa sih dilakukan setelah sholat tarawih

Jenis olah raga saat berpuasa
  • Jogging atau lari santai, aktivitas ini tidak terlalu banyak membutuhkan energi namun tetap bisa melatih kardiovaskular kita agar tubuh tetap prima dan tidak lemas disiang hari ketika puasa.
  • Yoga, ini olah raga yang paling sering dilakukan ketika berpuasa. Gerakan yang minimal namun tetap terarah membuat tubuh kita memperoleh keseimbangan. Apalagi dengan berlatih pernafasan tubuh kita akan memperoleh oksigen segar selama menjalani puasa. Kalau saya biasanya yoga sesaat setelah sholat Shubuh, tubuh jadi lebih segar dan siap menjalani hari
  • Bersepeda, ga perlu jauh-jauh cukup bersepeda disekitar rumah aja bisa sambil boncengan atau beriringan sama si kecil juga.
10. Kurangi Makanan Pedas atau Digoreng

Terutama ketika makan sahur sebisa mungkin jangan makan makanan yang digoreng dan pedas karena bisa menyebabkan mulas ataupun gangguan pencernaan. Dan sisa-sisa minyak dari gorengan tadi bisa menyebabkan rasa haus meskipun sudah banyak minum saat sahur.

SOBATKU, Tabungan Online Anti Ribet

Hai, kalian punya berapa tabungan ? Pasti kebanyakan bilang cuma 1, alasannya apa hayo? Biasanya malas antri ke bank, isi ini itu dan lagi lama nya itu lho bikin mager. Buat kalian yang mau buka tabungan tanpa ribet sekarang bisa banget. Apalagi sekarang kita suda bisa nabung di aplikasi tabungan online, salah satunya SOBATKU yang bisa kita unduh di app store secara gratis dan mudah.

Senang ya kalau semuanya jadi mudah seperti ini, ga ada alasan lagi ga mau nyisihin uang karena mager.

SOBATKU, aplikasi tabungan online dengan banyak kemudahan dan keuntungan

Untuk tabungan online sebelumnya saya pernah sih mendengar beberapa nama, tapi baru kali ini saya ketemu sama sebuah aplikasi tabungan online yang kita benar-benar ga perlu datang kekantor cabang bank penyedia terdekat untuk verifikasi atau lain sebagainya.

Dan yang lebih menarik lagi, lewat aplikasi SOBATKU ini kita ga cuma bisa menabung tapi juga berfungsi sebagai e-Wallet yang bisa digunakan untuk transaksi di merchant, pembayaran tagihan dan transaksi online lainnya. Inilah nilai lebih aplikasi ini dibandingkan aplikasi tabungan online lainnya.

Dari tadi saya mention SOBATKU, emang ada yang tahu siapa SOBATKU?

SOBATKU ( Simpanan Online Sahabatku ) ini adalah sebuah tabungan online yang dirupakan dalam bentuk aplikasi. Yang mencetuskan aplikasi ini adalah KSP Sahabat Mitra Sejati, sebuah institusi keuangan yang terpercaya yang didukung penuh oleh Bank Sahabat Sampoerna



Langkah-langkah untuk Registrasi SOBATKU
  1. Download aplikasi SOBATKU di appstore / playstore
  2. Isi semua data yang diminta dengan benar sesuai dengan identitas yang masih berlaku 
  3. Setelah semua data diisi kita akan diminta untuk foto e-KTP tampak depan dan juga foto selfie dengan memegang e-KTP. Pastikan gambarnya jelas ya biar bisa segera di verifikasi.
  4. Kita akan dikirimi kode Token ke nomer HP yang kita daftarkan
  5. Beberapa saat kemudian kita akan mendapat notifikasi SMS maupun email bahwa registrasi kita telah berhasil, namun harus tunggu dulu beberapa saat karena tim SOBATKU akan melakukan verifikasi dulu informasi yang diberikan.
  6. Dan ga lama kemudian setelah proses verifikasi selesai kita juga akan dapat notif email dan SMS, siap deh kita bisa menikmati semua layanan yang ada di aplikasi SOBATKU.

Menabung Tanpa Ruwet

Biasanya nih, kita kalau mau nabung kan kudu ke Bank yaa which is terikat harinya Senin-Jumat jam 08.00-15.00 aja. Belum lagi kudu ngantri panjang di Teller, kan ada CDM. Ada sih tapi kan ga banyak bank yang menyediakan CDM/Mesin Setor Tunai dan lokasinya juga tertentu. 

Tapi dengan SOBATKU kita tinggal melipir aja ke Alfamart/Alfamidi terdekat untuk nabung minimal 50.000 rupiah, setiap hari tanpa ada putus maksimal sampai jam 9 malam. Tuhh hebat kan, tabungan mana coba yang bisa kasih pelayanan seperti ini.

Aplikasi Anti Ribet

Didalam aplikasi SOBATKU kita akan menemukan bermacam fitur yang memudahkan kita untuk bertransaksi, mulai dari menabung, tarik tunai, transfer dan sebagainya.
  • Menabung melalui bank transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking)
  • Setor/tarik tunai di Alfamart/Alfamidi
  • Transfer ke sesama SOBATKU / nomer HP / Rekening Bank
  • Transfer terjadwal dan berkala
  • Melakukan pembayaran, pembelian ataupun melunasi tagihan
Umroh dan Tabungan 100 Juta

Siapa sih yang ga mau dikasih hadiah pergi Umroh ke tanah suci apalagi dikasih uang senilai 100 juta, mendadak jadi jutawan ahhhhhh Bismillah semoga menang. Dan yang bisa kasih hadiah ini ya jelas dengan memperbanyak saldo tabungan di SOBATKU. 

Semakin banyak poin yang kita dapatkan semakin bersar kesempatan kita untuk memenangkan hadiah di undian yang diadakan setiap bulan. Untuk hadiah bulanan jumlahnya ga puluhan lho tapi ratusan hadiah uang tunai mulai dari 100 ribu, 500 ribu, 1 juta, 5 juta sampai 10 juta rupiah.

Sedangkan di periode undian tiga bulanan inilah akan diundi pemenang Grand Prize uang tunai senilai 100 juta rupiah dan 4 paket hadia Umroh senilai 25 juta rupiah untuk 4 pemenang. Jangan khawatir masalah pajak, karena seluruh pajak hadiah ditanggung, para pemenang tinggal terima beres hadiahnya.

Poin saldo sobatku untuk undian
Poin Saldo

Keseruan Pengundian Pemenang Triwulan SOBATKU di event KEPO Market



Bagi warga Surabaya tentu udah ga asing lagi sama Kepo Market karena ini sudah kali ke 21 mereka mengadakan event. Yang special kali ini mereka menggandeng SOBATKU sebagai mitra untuk melakukan pembayaran disetiap tenantnya. 

Tentu saja ada yang special donk karena setiap pengunjung yang berbelanja berhak mendapatkan cashback 30% untuk semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SOBATKU selama event KEPO Market berlangsung. Bukan hanya itu, bagai yang baru download aplikasi SOBATKU langsung mendapatkan Velluto gellato secara gratis. Dan bagi pengunjung yang bertransaksi minimal 250.000 dengan menggunakan aplikasi SOBATKU akan langsung mendapatkan 1 box SpikuAyu senilai 100.000 rupiah.

Mudahnya bertransaksi dengan Sobatku
Langsung Cashback nya
Event ini sendiri dilaksanakan di Convention Hall lantai 6 Galaxy Mall Surabaya mulai tanggak 3 sampai 5 Mei 2019, menghadirkan sekitar 2000 menu , beragam tenant dan tentu saja bermacam acara dihadirkan disana. Antusiasme pengunjung sangat ramai sekali, khususnya di hari Sabtu karena dihari itu ada pengundian pemenang 3 bulanan SOBATKU. Dan yang khusus lagi selain pengundian hadiah grand prize juga ditambahkan 1 hadiah Umroh khusus pemenang yang ber KTP Jawa Timur.

Pengundian ini adalah kali ke 7 sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2017 lalu, dan setelah dilakukan pengundian inilah daftar 12 nama pemenang hadiah uang tunai masing-masing 1 juta rupiah :
  1. Asep Hendri dari Subang
  2. Eric Sutarjie dari Makassar
  3. Febrianto Halim dari kota Palembang
  4. Hanipan dari Pringsewu
  5. Hasni dari Luwu Timur
  6. Imam Safii dari Tangerang
  7. Nurkhasanah dari Bogor
  8. Prayogo dari Makassar
  9. Samsudin dari Ogan Komering Ilir 
  10. Sie Leng Kun dari kota adm Jakarta Utara 
  11. Suherman Santoso dari kota adm Jakarta Pusat
  12. Toh Guat Ling dari kota adm Jakarta Barat

3 nama pemenang hadiah uang tunai masing-masing 5 juta rupiah :
  1. Paulus Sutrisno dari kota Surabaya
  2. Pham Jung Tjhan dari kota Singkawang
  3. Rosalinda dari Bandung


Sedangkan 1 orang pemenang uang tunai seniali 10 juta rupiah adalah bapak Zetdianto Patabang dari Makassar.

Dan 4 orang plus 1 orang warga Jatim yang berhak memenangkan hadiah Umroh adalah :

  1. Asgar R Alie dari Luwu Timur
  2. Idham dari Bogor
  3. Lianati Wiriadiredja dari Jakarta Barat
  4. Oman Abdul Rohman dari kota Tangerang Selatan
  5. Suyati dari Surabaya

penyerah hadiah umroh Sobatku
Ibu Suyati
Pemenang hadiah Umroh 
Sementara itu Jutawan dadakan yang beruntung sore hari itu adalah seorang pria yang katanya akan segera meninggalkan status jomblonya alias menikah dalam waktu dekat ini, dialah Andrew Effendy dari Jakarta Barat. Duhhh seneng banget yaa dan berkah banget hadiahnya karena akan dipakai sebagai biaya pernikahan untuk memulai kehidupan baru setelah memenangkan undian 100JT

hadiah 100 juta Sobatku
Penyerahan hadiah 100 juta
secara simbolis

Rajin-rajin deh nabung di SOBATKU siapa tahu kita yang akan jadi jutawan dadakan berikutnya. Semakin dimudahkan lho kita untuk menabung, bukan hanya karena hadiahnya tapi juga ingat tabungan itu manfaatnya bukan hanya untuk diri kita tapi juga untuk keluarga kita. Yukk Nabung!!!