Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta

Hanya dengan sebuah sentuhan, seorang anak akan mampu bertahan hidup bahkan meningkatkan kualitas kehidupannya. Sebegitu dahsyatnya sentuhan orang tua membuat kita ga boleh berhenti membelai dan mencurahkan cinta kasih kita agar anak kita bisa bertumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya.



Hari Sabtu lalu saya dapat pelajaran lagi nih, kali ini bareng The Urban Mama dan Johnson's saya dengan para ibu hebat lainnya diberi pelatihan pijat bayi dan manfaat tumbuh kembang bagi si kecil. Bertemu dengan dokter

Selalu berbicara tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan, ya nutrisi dari dalam memang sangat perlu tapi ada 1 hal yang secara tidak sengaja sering terlupakan terutama oleh ibu-ibu baru, sentuhan. Saya baru tahu lho ternyata masa krusial seorang bayi bertahan hidup didunia ada di 28 hari pertama kehidupannya. Bayi yang mendapat dekapan serta sentuhan berupa pijatan dari ibunya peluang hidupnya lebih besar lho. Untuk itulah Johnson's mengembangkan teknik pijat bayi yang sudah disertifikasi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia untuk memperbesar peluang hidup bayi-bayi terutama yang ada dipelosok Indonesia. Tau sendiri kan betapa luasnya negeri tercinta kita, dimana masih ada beberapa daerah yang sulit terjangkau secara teknologi. Mereka masih mengandalkan informasi dari orang tua terdahulu ketika merawat bayi mereka.





Tahun ini Johnson's mengajak kita semua untuk berpartisipasi lewat program Sentuhan Cinta, JOHNSON’S® akan menyisihkan Rp 500,- dari setiap penjualan ini untuk pembangunan Posyandu di Gresik, Jawa Timur.

  • Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25,000,- 
  • Setiap pembelian JOHNSON’S® Oil 125ml / Top-to-Toe Bath 400m / Baby Lotion 200ml di Indomaret, Carefour, Superindo, Guardian, Giant, Alfamidi dan di toko-toko lainnya yang bekerjasama

Kenapa sih pijat sangat disarankan dilakukan secara rutin? Bunda pasti ingat ketika kita memandikan bayi kita dia akan menatap wajah kita, meskipun dia belum bisa melihat tapi dia bisa merasakan sentuhan kita. Sebenarnya ketika memandikan bayi kita juga ga sengaja memberikan mereka pijatan.

Manfaat Stimulasi Pijat Bayi

Saya beruntung banget bisa hadir diacara ini, secara langsung belajar memijat bayi dengan cara yang benar. Dengan hanya 15-20 menit saja setiap hari kita bisa menstimulasi tumbuh kembang bayi kita. Dengan rutin melakukan pijat peredaran darah akan menjadi lancar, massa tulang lebih kuat dan juga lebih padat.

Manfaat Fisik

  • Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
  • Membantu melancarkan sistem peredaran darah
  • Membantu melancarkan sistem sirkulasi/pernafasan
  • Membantu meningkatkan berat badan → tumbuh sehat
  • Membantu meningkatkan sistem imunitas → bayi makin sehat
  • Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur → tidur lebih lelap dan lama → perkembangan memori
Manfaat Emosional
  • Membuat ikatan/bonding dengan ibu/orang tua
  • Lebih mudah bersosialisasi
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan, misalnya saat bayi sedang kolik atau akan tumbuh gigi
  • Menurunkan produksi/hormon stresor sehingga membuat bayi riang
  • Mengurangi rewel
  • Membantu bayi untuk berlatih relaksasi sehingga bayi menjadi lebih riang


Tips agar bayi lebih nyaman saat dipijat

Agar bayi kita merasa nyaman saat dipijat kita harus memperhatikan hal-hal yang biasanya kita anggap sepele, dengan memberikan kenyamanan bayi jadinya gak rewel :

  • Hindari wewangian/bebauan yang tajam baik wangi si ibu ataupun peralatan untuk bayinya
  • Suhu ekstrim, kalau pakai AC sebaiknya suhunya diturunkan dulu sampai suhu ruang dan jangan pakai kipas angin ya
  • Tekstur kasar, hindari ya bunda pakai handuk atau alas yang kasar. Pilih yang paling lembut, rata dan menyerap keringat
  • Suara keras/kasar, kalaupun tidak memungkinkan untuk menghindari suara dari luar ada baiknya ketika memijat pintu ditutup saja untuk mengurangi kebisingan. Bisa juga sambil kita dengarkan musik-musik lembut khusus untuk bayi atau sholawat juga bisa lho. Kita juga bisa menenangkan bayi dengan bersenandung lembut.
  • Sebaiknya ketika memijat jangan terlalu dekat dengan sumber cahaya, karena cahaya yang terlalu terang/silau tentunya mengganggu si kecil
  • Jangan memijat bayi setelah minum susu atau makan, tapi jangan juga kondisi perutnya kosong ya bunda. Dijeda saja sesaat setelah si kecil minum susu atau makan.
  • Jangan membangunkan bayi hanya untuk pijat, kalau dia lagi tidur ya udah kita harus nunggu dia bangun dulu baru deh boleh dipijat
  • Jangan memijat bayi saat sakit, meskipun hanya demam jangan ya bunda
  • Jangan memaksa posisi tertentu saat pemijatan
  • Jangan memijat dengan kuku panjang
  • Jangan juga menggunakan perhiasan disekitar tangan dan jari
Berdasarkan penelitian yang sudah pernah dilakukan dan sudah dibuktikan, stimulasi pijat akan lebih optimal bila menggunakan baby oil / lotion saat memijat. Sarannya nih kalau si kecil dipijatnya menjelang mandi pakainya baby oil tapi kalau dipijatnya setelah mandi atau menjelang tidur lebih enaknya pakai body lotion. Setelah melakukan pemijatan bayi bisa dimandikan atau diseka dengan air hangat.

Pilih Produk yang Tepat

Seperti yang tadi saya utarakan kalau kita bisa memakai baby oil ataupun baby lotion ketika proses pemijatan. Namun kita juga harus berhati-hati dalam pemilihannya, ada beberapa baby oil yang mengandung Oleic Acid yang malah bisa merusak Skin Barrier.  Efeknya nih kalau kita pakai baby oil yang bayi akan lebih tenang, tapi kalau kita pijatnya pakau baby lotion bisa menjaga kelembaban kulit bayi sehingga terhindar dari iritasi atau kulit kering.

Proses pemijatan dibagi menjadi 6 tahap
Masing-masing tahapan dilakukan 8 hitungan dan 6x repetisi ya bunda, kalau untuk tangan dan kaki hitungannya sepasang.

Pijatan Wajah
Pijatan Dada
Pijatan Perut
1. Caress Love
1. Butterfly
1. Mengayuh
2. Relax 2. Cross 2. Bulan Matahari
3. Circle Down 3. I Love You
4. Smile 4. Walking Fingers
5. Cute 5. Relax


Pijatan Tangan
Pijatan Kaki
Pijatan Punggung
1. Milking India & Swedia
1. Milking India & Swedia
1. Go Back Forward
2. Rolling
2. Squeezing
2. Slip
3. Squeezing 3. Thumb After Thumb 3. Mengayuh
4. Thumb After Thumb 4. Sprial 4. Sprial
5. Sprial 5. Finger Shake 5. Menggaruk
6. Finger Shake 6. Relax
7. Relax

No comments:

Post a Comment