Pecahnya Festival Sahabat Generasi Maju Surabaya

by - July 24, 2018

Festival Sahabat Generasi Maju, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa acara yang diselenggarakan oleh SGM ini tidak hanya diadakan di satu tempat saja tapi diadakan di beberapa kota besar di Indonesia. Beruntungnya Surabaya terpilih menjadi salah satu kota diselenggarakannya Festival Sahabat Generasi Maju. Dan pilihan SGM ini sangatlah tepat, karena Surabaya adalah kota yang terpilih sebagai kota layak anak di Indonesia.


Festival yang digelar di Parkir Timur Surabaya Plaza ini berlangsung di hari Minggu, 22 Juli 2018. Acara utamanya tentu saja lomba mewarnai yang diikuti lebih dari 1000 orang anak yang terbagi dari 2 kategori, kategori A usia 3-kurang dari 5 tahun dan kategori B untuk usia 5-6 tahun. Melihat meja registrasi kemarin saya amazing sekali dengan antusiasme para orang tua di Surabaya dan sekitarnya. Dari yang awalnya hanya dibuka 5 meja registrasi sampai harus dibuka jadi 10 meja registrasi. Itu pun antrean juga masih mengular, hebat ya para orang tua ini yang mau ikut mengembangkan bakat dan potensi putra-putrinya lewat lomba mewarnai.

Para dewan jurinya adalah orang-orang yang berkompeten dan saya rasa punya netralitas tinggi, beliau-beliau antara lain :

  • ibu Dian Febianti, selaku Key Account Alfamidi
  • ibu Ade Mutia, selaku Channel Marketing Minimarket
  • bapak Robert Sumarno, selaku Marketing Manager Alfamidi Jatim

Tidak hanya itu saja, dalam Festival Sahabat Generasi Maju ini ada bermacam booth dan acara yang disediakan panitia. Anak-anak bisa bermain pasir kinetik dan menempel di booth Kelas Edukasi, dan di tenda Kelas Olahraga anak-anak bisa bermain sepakbola dan juga bola basket. Hadir juga Mini Mobi, salah satu sarana yang dihadirkan SGM berupa mobil edukasi yang bisa berkeliling memberikan edukasi untuk anak-anak. 

PT. Sarihusada selaku produsen SGM tahun ini membuat sebuat event besar untuk mendukung berkembangnya tanda-tanda potensi Anak Generasi Maju. Seperti yang siang itu dijelaskan oleh ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Explor, SGM mengajak para orang tua untuk menceritakan potensi prestasi yang dimiliki si kecil lewat foto dan juga tulisan yang dibagikan melalui media sosial Facebook dari tanggal 19 April sampai dengan 8 Juli 2018. Nantinya akan dipilih 55 calon pemenang yang akan mengikuti Audisi Final yang akan diadakan di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 27-29 Juli 2018. 

Grand Final ini nantinya akan dipilih 25 pemenang yang akan memenangkan beasiswa senilai total 1 Milyar Rupiah. Sementara itu untuk kriteria penilaiannya bukan hanya dilihat dari bakat yang dimiliki tapi juga dari pencapaian Milestone sesuai degan tahapan usia anak. Melihat antusiasme peserta di media sosial, sangat terharu sekali merasakan para orang tua yang berlomba-lomba mengasah dan meningkatkan 5 Potensi Anak Generasi Maju

Tumbuh Tinggi dan Kuat
Percaya Diri
Cerdas Kreatif
Mandiri
Supel


Siang itu disela-sela jeda pengumuman pemenang lomba mewarnai, dhadirkan juga talkshow yang menghadirkan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., Msi.,Psi atau yang akrab disapa mbak Anna. Mbak Anna memaparkan apa sih definisi 5 Potensi Anak Generasi Maju itu

Tumbuh Tinggi dan Kuat
Bisa dilihat dari pertumbuhan fisik seorang anak, indikasinya dilihat dari grafik KMS yang biasanya didapat dari Posyandu. Kita juga bisa melihat dari kesigapan ataupun keluwesan tubuhnya dalam bergerak.
Berikan stimulasi untuk koordinasi motorik kasar dan halusnya. Berikan permainan yang bisa membuat bukan hanya tangan tapi kakinya juga bergerak.

Percaya Diri
Percaya diri bukan berarti anak itu berani maju di depan umum, tapi bagaimana dia percaya terhadap kemampuan dirinya sendiri, dan bagaimana dia mengetahui bahwa hal itu adalah baik meskipun orang lain berpikir itu berbeda.
Percaya diri adalah salah satu hal utama yang harus ditumbuhkan pada jiwa seorang anak. Orang tua tidak hanya harus punya bonding tapi harus juga punya attachment yang kuat agar anak percaya pada orang tuanya dan otomatis anak akan lebih mudah percaya pada dirinya sendiri.

Cerdas Kreatif
Anak-anak yang cepat menangkap, mengerti banyak hal, kreatif bagaimana dia menciptakan beraneka macam ide. Bisa berimajinasi, menciptakan solusi-solusi baru yang belum dipikirkan oleh orang lain.
Untuk mengembangkan kecerdasannya kita bisa memulai dengan sering membacakan buku. Membacakan buku bisa meningkatkan kosakata, logika bahasa yang penting agar anak memahami tata bahasa dan bisa menentukan bagaimana anak berlogika.

Mandiri
Agar anak tidak tergantung pada orang lain, bahwa yang harus diandalkan adalah dirinya.
untuk meningkatkan kreativitas kita bisa memberikan permainan edukasi yang memungkinkan anak-anak membentuk objek 3 dimensi. Dengan ini anak akan berusaha membuatnya sendiri dan akhirnya bisa meningkatkan kemandiriannya. Seperti saat lomba mewarnai, anak jangan dibantu berikan dia kepercayaan agar kemandiriannya bisa meningkat.

Supel
Agar anak bisa berinteraksi, bersosialisasi, bekerja sama, dan berbagi dengan orang lain. Anak mampu melakukan negosiasi serta memiliki empati yang tinggi.
Agar supelnya bisa meningkat, biarkan anak bermain dengan teman sebayanya agar bisa meningkatkan kecerdasan sosialnya juga.

Setiap anak sudah punya potensi, namun peran orang tualah yang akan memicu dan meningkatkan potensi yang sudah ada di dalam dirinya. Jika anak-anak bisa mengembangkan kelima potensi ini maka anak-anak kita akan menjadi Anak Generasi Maju.

Dan di akhir acara selain deg-degan nungguin pengumuman siapa pemenang lomba mewarnai kategori A dan B, semua pengunjung juga deg-degan ini siapa yang dapat doorprize utama berupa 1 unit sepeda. 

Akhirnya diumumkanlah pemenang juara untuk kategori A dengan hadiah untuk juara harapan 1 sampai 5 uang pembinaan senilai masing-masing Rp 200.000,- juara ke 3 uang pembinaan senilai Rp 500.000,- sertifikat dan juga piala. juara kedua uang pembinaan senilai Rp 750.000,- sertifikat dan juga piala dan juara pertama uang pembinaan senilai Rp 1.000.000,- sertifikat serta piala. Namun sayang sekali kami belum sampai menyaksikan siapa pemenang dikategori B karena Ara sudah ngantuk banget karena kami tadi berangkat dari rumah sehabis shubuh.


Dan bukan hanya itu, karena di acara ini kami para Mombassador SGM dari batch 1 sampai batch 7 ngumpul jadinya seperti ajang reunian. Semoga Big Bang yang nanti diadakan di Jakarta bisa lebih sukses lagi dan SGM semakin berkomitmen untuk menjadikan anak Indonesia Anak Generasi Maju.





You May Also Like

1 comments

  1. Karena kemarin harus liputan ke tempat lain, jadinya nggak ngikutin anakku deh buat ikut lomba mewarnai di Festival Sahabat Generasi Maju. Padahal bisa masuk kategori yang 3 tahun. Untung dapat buku yang ada mewarnainya . Versi anakku, Upin Ipinnya ada rambutnya lho Bun. Panjang lagi. Mungkin versi Upin Ipin balas dendam karena lama nggak dikasih rambut. Hahaha...

    ReplyDelete