Rokok dan Masa Depan Anak

Selama ini kita mengira bahwa bahaya rokok hanya pada si perokoknya sendiri dan orang yang kena asapnya saja. Tapi ternyata tidak lho, bahaya rokok mencakup disemua aspek kehidupan, bukan hanya dari sisi kesehatan saja terlebih lagi dari sisi ekonomi dan juga generasi penerus kita.

Dalam rentang waktu 20 tahun saja kenaikan pengeluaran rumah tangga untuk biaya beli rokok naik 2% dari yang sebelumnya 3,6% menjadi 5,6% gila ya, bukannya persentase untuk biaya pendidikan atau biaya makan lho yang naik malah biaya untuk beli rokok yang naik. Dan mirisnya lagi, usia perokok pun semakin muda saja. Di medio tahun 2017 sebuah penelitian menyatakan lebih dari sepertiga atau sekitar 36,3% penduduk di Indonesia adalah perokok bahkan 20% nya adalah perokok muda dengan rentang usia 13-15 tahun. Ini karena apa? Karena harga rokok yang sangat terjangkau, dengan uang saku mereka.

Apalagi bahaya asap rokok ini yang paling utama bukannya dirasakan first hand smoker alias si perokoknya, yang merasakan dampak terbesar dari bahaya rokok adalah second hand smoker alias orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahkan asap rokok ini akan menempel pada benda-benda yang terkena asap tadi, termasuk baju yang dipakai.

Ada yang berdalih, ah saya kan gak ngerokok di dalam rumah anak-anak saya pasti aman kok. Jangan salah lho ya, kulit, rambut, kuku, baju dan semua yang menempel didiri Anda yang disebut sebagai thirdhand smoker yang terkena asap rokok masih mengandung zat-zat yang berbahaya juga. 



Hubungan Rokok dengan Tumbuh Kembang Anak

Stunting, pernah dengar kan kata ini? Bahkan sering sekali kita baca di bahasan media dan juga lewat iklan-iklan televisi. Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Manusia yang dimulai sejak janin terbentuk dalam rahim, dia sudah mulai menyerap apa pun yang dibawa oleh sel darah ibunya. Buat bapak nya ini, berapa uang yang harus dikeluarkan tiap hari untuk merokok? Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 1 bungkus rokok per hari dengan harga dikisaran Rp 20.000,- Coba deh Pak seandainya uang itu untuk membeli susu atau ikan yang lebih buat istri bapak yang lagi hamil dan juga buat anak-anak bapak yang masih balita saya yakin mereka akan lebih cerdas, lebih sehat dan punya fisik yang lebih kuat. Dari sini saja sudah bisa dilihat lho kalau Anda benar-benar sayang keluarga pasti yang terbaiklah yang akan diberikan, termasuk meninggalkan rokok. 

Itu tadi positifnya ya kalau rokok bisa ditinggalkan, tapi apa dampak negatifnya saat para perokok ini masih tetap cuek dengan keadaan sekitarnya bahkan tidak peduli dengan kesehatan keluarganya. Janin dan anak yang terpapar asap rokok bisa terkena masalah kesehatan serius seperti :

  • Keguguran
  • Bayi lahir prematur
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
  • Gangguan kemampuan belajar dan hyperactivity disorder (ADHD)
  • Stunting


Berbicara tentang stunting, apa sih definisi stunting dan hubungannya dengan asap rokok?
Stunting adalah kondisi dimana tubuh anak tumbuh tidak sesuai dengan tahapan usianya. Dari mana kita tahu anak kita pertumbuhannya tidak sesuai dengan yang seharusnya? Bisa kita lihat dari KMS yang setiap bulan diisi oleh petugas Posyandu.

Stunting disebabkan karena anak kekurangan asupan nutrisi saat pertumbuhannya, jangan tutup mata lah coba kita lihat berapa banyak bapak-bapak yang merokok dengan kondisi ekonomi yang mendekati garis kemiskinan bahkan dibawah garis layak hidup? Katanya sayang sama anaknya, kok uangnya malah dibuat beli roko bukannya dibelikan susu pertumbuhan atau makanan yang sehat untuk buah hatinya ?

Saya kadang gemes gitu kalo mendengar keluh kesah ibu-ibu saat belanja, ada yang bilang uang belanjanya ga cukup tapi begitu ditanya ibu suaminya merokok? jawabannya selalu iya. Nanti kalau ditanya pengeluaran terbesar apa ini bu? Jawabannya pasti uang belanja, coba deh dihitung itu 1 bungkus rokok bisa lho dibeliian ayam setengah kilo atau telor dan sayur-sayuran untuk buah hatinya.

Itu tadi dari sisi pertumbuhan fisiknya, belum lagi dari perkembangan mental serta psikologinya. Seorang anak yang punya bapak atau ibu perokok aktif 80% saat dewasa bahkan diusia remaja menjadi perokok aktif juga. Belum lagi beberapa saat alu kita melihat beberapa anak yang masih balita merokok dengan nikmatnya bahkan sampai kecanduan. MIRIS

Lantas apa yang bisa kita lakukan ?

  1. Beri edukasi pada suami kita, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi batu saja bisa lubang saat ditetesi air perlahan-lahan, saya yakin mereka yang hatinya bersikeras merokok pasti bisa diluluhkan juga. Pastikan suami atau siapapun yang merokok saat masuk dalam rumah berganti pakaian dan sudah mandi sebelum beraktivitas dalam rumah terutama jika mereka mau main dengan anak-anak.
  2. Manfaatkan media sosial kita untuk menyebarkan berita-berita tentang bahaya rokok dan akibatnya bagi generasi penerus kita
  3. Tanda tangani petisi di change.org ini untuk mendukung ROKOK HARUS MAHAL
Dan saya sangat bersyukur akhirnya suami saya bisa berhenti merokok, dibalik musibah kecelakaan yang dialaminya. Atas saran dari dokter beliau dilarang merokok jika ingin cepat sembuh. Beliau pun merasakan dampaknya secara ekonomi, suatu hari beliau bilang "saya merasa uang di dompet kok gak berkurang ya sejak berhenti merokok" semoga hal ini untuk selamanya.

Lindungi anak-anak kita, jangan sampai generasi penerus kita ini menjadi generasi yang kerdil baik secara fisik maupun secara mental.


Pecahnya Festival Sahabat Generasi Maju Surabaya

Festival Sahabat Generasi Maju, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa acara yang diselenggarakan oleh SGM ini tidak hanya diadakan di satu tempat saja tapi diadakan di beberapa kota besar di Indonesia. Beruntungnya Surabaya terpilih menjadi salah satu kota diselenggarakannya Festival Sahabat Generasi Maju. Dan pilihan SGM ini sangatlah tepat, karena Surabaya adalah kota yang terpilih sebagai kota layak anak di Indonesia.


Festival yang digelar di Parkir Timur Surabaya Plaza ini berlangsung di hari Minggu, 22 Juli 2018. Acara utamanya tentu saja lomba mewarnai yang diikuti lebih dari 1000 orang anak yang terbagi dari 2 kategori, kategori A usia 3-kurang dari 5 tahun dan kategori B untuk usia 5-6 tahun. Melihat meja registrasi kemarin saya amazing sekali dengan antusiasme para orang tua di Surabaya dan sekitarnya. Dari yang awalnya hanya dibuka 5 meja registrasi sampai harus dibuka jadi 10 meja registrasi. Itu pun antrean juga masih mengular, hebat ya para orang tua ini yang mau ikut mengembangkan bakat dan potensi putra-putrinya lewat lomba mewarnai.

Para dewan jurinya adalah orang-orang yang berkompeten dan saya rasa punya netralitas tinggi, beliau-beliau antara lain :

  • ibu Dian Febianti, selaku Key Account Alfamidi
  • ibu Ade Mutia, selaku Channel Marketing Minimarket
  • bapak Robert Sumarno, selaku Marketing Manager Alfamidi Jatim

Tidak hanya itu saja, dalam Festival Sahabat Generasi Maju ini ada bermacam booth dan acara yang disediakan panitia. Anak-anak bisa bermain pasir kinetik dan menempel di booth Kelas Edukasi, dan di tenda Kelas Olahraga anak-anak bisa bermain sepakbola dan juga bola basket. Hadir juga Mini Mobi, salah satu sarana yang dihadirkan SGM berupa mobil edukasi yang bisa berkeliling memberikan edukasi untuk anak-anak. 

PT. Sarihusada selaku produsen SGM tahun ini membuat sebuat event besar untuk mendukung berkembangnya tanda-tanda potensi Anak Generasi Maju. Seperti yang siang itu dijelaskan oleh ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Explor, SGM mengajak para orang tua untuk menceritakan potensi prestasi yang dimiliki si kecil lewat foto dan juga tulisan yang dibagikan melalui media sosial Facebook dari tanggal 19 April sampai dengan 8 Juli 2018. Nantinya akan dipilih 55 calon pemenang yang akan mengikuti Audisi Final yang akan diadakan di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 27-29 Juli 2018. 

Grand Final ini nantinya akan dipilih 25 pemenang yang akan memenangkan beasiswa senilai total 1 Milyar Rupiah. Sementara itu untuk kriteria penilaiannya bukan hanya dilihat dari bakat yang dimiliki tapi juga dari pencapaian Milestone sesuai degan tahapan usia anak. Melihat antusiasme peserta di media sosial, sangat terharu sekali merasakan para orang tua yang berlomba-lomba mengasah dan meningkatkan 5 Potensi Anak Generasi Maju

Tumbuh Tinggi dan Kuat
Percaya Diri
Cerdas Kreatif
Mandiri
Supel


Siang itu disela-sela jeda pengumuman pemenang lomba mewarnai, dhadirkan juga talkshow yang menghadirkan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., Msi.,Psi atau yang akrab disapa mbak Anna. Mbak Anna memaparkan apa sih definisi 5 Potensi Anak Generasi Maju itu

Tumbuh Tinggi dan Kuat
Bisa dilihat dari pertumbuhan fisik seorang anak, indikasinya dilihat dari grafik KMS yang biasanya didapat dari Posyandu. Kita juga bisa melihat dari kesigapan ataupun keluwesan tubuhnya dalam bergerak.
Berikan stimulasi untuk koordinasi motorik kasar dan halusnya. Berikan permainan yang bisa membuat bukan hanya tangan tapi kakinya juga bergerak.

Percaya Diri
Percaya diri bukan berarti anak itu berani maju di depan umum, tapi bagaimana dia percaya terhadap kemampuan dirinya sendiri, dan bagaimana dia mengetahui bahwa hal itu adalah baik meskipun orang lain berpikir itu berbeda.
Percaya diri adalah salah satu hal utama yang harus ditumbuhkan pada jiwa seorang anak. Orang tua tidak hanya harus punya bonding tapi harus juga punya attachment yang kuat agar anak percaya pada orang tuanya dan otomatis anak akan lebih mudah percaya pada dirinya sendiri.

Cerdas Kreatif
Anak-anak yang cepat menangkap, mengerti banyak hal, kreatif bagaimana dia menciptakan beraneka macam ide. Bisa berimajinasi, menciptakan solusi-solusi baru yang belum dipikirkan oleh orang lain.
Untuk mengembangkan kecerdasannya kita bisa memulai dengan sering membacakan buku. Membacakan buku bisa meningkatkan kosakata, logika bahasa yang penting agar anak memahami tata bahasa dan bisa menentukan bagaimana anak berlogika.

Mandiri
Agar anak tidak tergantung pada orang lain, bahwa yang harus diandalkan adalah dirinya.
untuk meningkatkan kreativitas kita bisa memberikan permainan edukasi yang memungkinkan anak-anak membentuk objek 3 dimensi. Dengan ini anak akan berusaha membuatnya sendiri dan akhirnya bisa meningkatkan kemandiriannya. Seperti saat lomba mewarnai, anak jangan dibantu berikan dia kepercayaan agar kemandiriannya bisa meningkat.

Supel
Agar anak bisa berinteraksi, bersosialisasi, bekerja sama, dan berbagi dengan orang lain. Anak mampu melakukan negosiasi serta memiliki empati yang tinggi.
Agar supelnya bisa meningkat, biarkan anak bermain dengan teman sebayanya agar bisa meningkatkan kecerdasan sosialnya juga.

Setiap anak sudah punya potensi, namun peran orang tualah yang akan memicu dan meningkatkan potensi yang sudah ada di dalam dirinya. Jika anak-anak bisa mengembangkan kelima potensi ini maka anak-anak kita akan menjadi Anak Generasi Maju.

Dan di akhir acara selain deg-degan nungguin pengumuman siapa pemenang lomba mewarnai kategori A dan B, semua pengunjung juga deg-degan ini siapa yang dapat doorprize utama berupa 1 unit sepeda. 

Akhirnya diumumkanlah pemenang juara untuk kategori A dengan hadiah untuk juara harapan 1 sampai 5 uang pembinaan senilai masing-masing Rp 200.000,- juara ke 3 uang pembinaan senilai Rp 500.000,- sertifikat dan juga piala. juara kedua uang pembinaan senilai Rp 750.000,- sertifikat dan juga piala dan juara pertama uang pembinaan senilai Rp 1.000.000,- sertifikat serta piala. Namun sayang sekali kami belum sampai menyaksikan siapa pemenang dikategori B karena Ara sudah ngantuk banget karena kami tadi berangkat dari rumah sehabis shubuh.


Dan bukan hanya itu, karena di acara ini kami para Mombassador SGM dari batch 1 sampai batch 7 ngumpul jadinya seperti ajang reunian. Semoga Big Bang yang nanti diadakan di Jakarta bisa lebih sukses lagi dan SGM semakin berkomitmen untuk menjadikan anak Indonesia Anak Generasi Maju.





Maxi-Peel Peeling semudah Breathing

Peeling, dehhhh mendengar kata itu saja sudah ngilu-ngilu bagaimanaaa begitu. Ngebayangin setelah proses perawatan wajah jadi memerah semerah kepiting rebus. Belum lagi bagi beberapa orang yang punya sensitivitas lebih, peeling yang deep bisa menimbulkan iritasi bahkan bisa menyebabkan aktifnya virus Herpes Simpleks bagi kita yang pernah terjangkit sebelumnya. Selain itu, hal utama yang membuat saya malas untuk melakukan perawatan peeling ya karena makan waktu lama, harus pergi ke klinik kecantikan, kalau mau aman yaa, atau ke salon-salon yang menyediakan jasa peeling dan prosedur perawatannya durasinya juga cukup lama.


Beruntungnya kita saat ini sudah dimudahkan dan dimanjakan dengan sebuah penemuan hebat dari Splash Corporation, sebuah perusahaan kosmetik yang berbasis di Philipina yang sudah berdiri sejak tahun 1985. Salah satu revolusi perawatan kulit wajah bagi perempuan jaman now yang selalu sibuk dan punya sedikit waktu tapi tetap mau cantik, Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid.

Dan disiang yang cerah di hari Minggu kemarin, beruntungnya saya diundang untuk menghadiri launching Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid pertama kalinya dikota Surabaya. Acara yang sangat intimate ini dihadiri oleh para blogger serta rekan-rekan media dengan narasumber seorang dermatologist, dr. Inneke Jane, SpKK yang siang itu cantik sekali dengan baju pink nya serta ada miss Charmaine E, beliau adalah Brand Manager Personal Care Maxi-Peel yang datang langsung dari Philipina. 

Kenapa sih kita harus rutin melakukan peeling ?

  1. Peeling berfungsi merangsang kulit untuk beregenerasi, dengan peeling lapisan kulit atas dan kulit mati akan dihilangkan. Coba deh bayangkan kalau kulit mati menumpuk, kusam kan jadinya wajah kita. Binar-binar kecantikan alamiah kita akan tertutup oleh noda dan kusamnya kulit mati (hahahahhaaaa lebay)
  2. Dengan rutin melakukan peeling melasma tidak akan mudah terbentuk, melasma inilah yang nantinya akan menjadi flek hitam yang membuat wajah kita berpulau 1000. Ga mau kan? Kalau sudah berpulau gini pasti bingung deh, tiap keluar rumah harus pakai covering cream yang tebel biar warna muka rata. Daripada rempong mending kita rutin deh peeling.
  3. Mempercepat proses penyembuhan jerawat, dengan rutin melakukan peeling maka jerawat yang sudah tumbuh diwajah akan lebih cepat waktu peradangannya. Kalau biasanya kita harus tunggu beberapa minggu sampai jerawat matang sempurna dan akhirnya hilang dari wajah, dengan rutin melakukan peeling jerawat akan lebih cepat proses sirkulasinya.
  4. Kolagen, coba bayangkan berapa harganya kalau kita beli di toko kosmetik? Mahal... dan itu bisa kita produksi secara alami lho hanya dengan rutin melakukan peeling. Produksi kolagen dan elastin alami akan dirangsang seiring dengan dikikisnya lapisan kulit terluar dan kulit mati kita.
Kalau lihat manfaat Peeling bisa terbayang donk berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk sekali perawatan, bisa ratusan ribu bahkan jutaan.


Tenang Ladies, produk Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, HET nya hanya Rp 20.000 untuk 1 botol ukuran 50ml. Kita juga bisa lho kepoin Instagram mereka di @maxipeel_id untuk tahu informasi produk, promo dan juga event apa yang sedang diadakan. Lantas berapa lama kita bisa merasakan efek darI Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid ini ?

Dengan penggunaan tepat dan teratur, hanya dalam waktu 7 hari perbedaannya paling cepat bisa dilihat dan hasilnya akan bisa benar-benar kita rasakan setelah penggunaan 1 botol. Cara penggunaannya juga mudah, cukup teteskan 3-5 tetes Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid ditangan kita setiap malam lalu tepuk-tepuk pelan merata keseluruh wajah. Yang perlu diingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah pengaplikasian Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid :
  • Pastikan wajah kita dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid, bersihkan wajah dengan sabun muka atau pembersih wajah yang biasa kita gunakan.
  • Pastikan tidak ada luka terbuka pada wajah, seperti area jerawat yang sedang meradang atau mungin ada iritasi. Karena kandungan yang ada didalamnya akan membuat sensasi perih ketika terkena jaringan yang terbuka.
  • Setelah mengaplikasikan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid boleh dikombinasikan dengan pelembab atau cream malam lainnya.
  • Agar hasilnya semakin sempurna, jangan lupa gunakan tabir surya setidaknya yang mengandung SPF 30 saat kita harus beraktivitas diluar ruangan.

Kita ga usah khawatir deh dengan timbulnya muka ala kepiting rebus setelah melakukan peeling, dengan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid kita bisa melakukan perawatan eksfoliasi setiap hari karena dosis yang digunakan sangat aman dan prosenya memang perlahan. Kita ga akan merasakan kulit mati kita sedang meluruh dan berguguran, halahhh. Apalagi Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid mengandung Skin renewal Micro-Exfoliants yang dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran pada pori-pori wajah. Selain itu juga mengandung Vitamin A, E, C, dan B yang dapat membantu melembabkan serta melindungi kulit dari paparan sinar UV. Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid #MaximumBeauty is #MaxiPeel 


Dengan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid...... 

Peeling jadi semudah Breathing 


HTHT : Hamil Tetap Hits Tau


Hai Ladies....pernah enggak sih kalian lihat atau merasa ada teman kita yang lagi hamil kebingungan cari baju hamil yang nyaman tapi tetap modis? Kalau ada yang tanya pasti saya yang pertama kali ngacung. Dulu, 8 tahun lalu waktu hamil saya bingung banget enaknya pakai baju apa terutama untuk kerja. Pergi ke toko maternity isinya kalo enggak celana bahan yang modelnya lurus doang yang ada kantong kanggurunya sama atasan model baby doll. Sebagai perempuan, apalagi lagi hamil, kita inginnya tetap terlihat cantik bisa pakai baju yang modelnya enggak itu-itu saja. Bisa nggak sih waktu hamil tapi penampilan tetap kece badai? Bisa lhaaa, Hamil Tetap Hits Tau


https://4.bp.blogspot.com/-8T57FEKdyQ8/W0g9CbZ8olI/AAAAAAAADnI/nO3WLuDtMYA0yR3jsRBwBmoNvVOud-1GgCLcBGAs/s640/MM.jpg


Yahh meskipun baju dalam lemari cukup banyak tapi ketika masa kehamilan tiba, terutama di trimester terakhir baju-baju yang ukurannya "normal" pastinya sudah enggak akan cukup dipakai. Beli baru kadang kita malas mau keluar rumah, mau beli online takutnya ekspektasi tidak sesuai kenyataan. Bagi saya, membeli baju apa pun lewat daring saya biasanya memperhatikan reputasi penjualnya dulu. Yang jadi pilihan utama saya adalah eCommerce yang sudah punya nama, mudah diakses terutama yang punya aplikasi dan yang pasti banyak promonya, hehehehe tetap yaa yang dicari promo. 

Susah-susah gampang sih cari online shop yang terpercaya, yang bisa memberi jaminan kualitas dan yang pasti no tipu-tipu. Apalagi baju hamil, sebaiknya saat membeli lewat daring kita harus benar-benar memperhatikan bahan yang digunakan, ukuran lengan, pinggang, pinggul dan paha, karena tahu sendiri kan ketika hamil badan kita akan melar terutama di bagian lengan dan paha.

1. Bahan dan Model yang Nyaman

Enggak seperti jaman saya hamil dulu, pakaian hamil terutama untuk kerja modelnya begitu-begitu saja. Sekarang...duhh yang namanya baju hamil model dan bahannya banyak banget. Coba deh lihat yang satu ini, modelnya formal cocok dipakai untuk kerja tinggal dipadankan sama celana hamil yang nyaman. Berbahan katun, baju ini memiliki kerah berbentuk bulat yang membuat kita ngga ngerasa tercekik. 

Material kain yang terbuat dari katun akan mudah menyerap keringat. tau sendiri kan disaat hamil suhu tubuh akan meningkat dan biasanya produksi keringat lebih banyak dibanding biasanya.




2. Pilih 1 ukuran lebih besar 

Ketika memilih ukuran baju hamil satu tips dari saya pilih yang ukurannya 1 tingkat lebih besar. Biasanya beda tiap ukuran hanya 1cm dan rasanya lebih bijak juga kalau kita memberikan tubuh kita yang sedang melar ini untuk leluasa bergerak. 

Apalagi kalau kita belinya di sebelum trimester ketiga, lebih baik kalau kita beli baju hamil dengan ukuran yang lebih besar. Karena ketika kehamilan sudah menginjak bulan ke 7, wihhhh perut akan cepat sekali membesar dan bobot tubuh tiba-tiba naik luar biasa. Kalau pas diawal kita beli baju hamil dengan ukuran yang PAS sayang sekali ketika perut sudah membesar baju hamilnya ga bisa dipakai lagi deh.


3. Hitz...Tetap Donk

Jaman now gitu lhoo kita bisa bebas pilih baju hamil dengan model yang tetap nyaman tanpa mengganggu estetika. Hamil bukan berarti kita tidak bisa hitz, kita masih bisa mitch and match baju-baju lama kita dengan baju hamil. 

Misalnya ini kita punya bawahan yang berbahan spandex, kita bisa banget pakai karena karakteristik spandex yang bisa melar dan tetap nyaman. Lalu atasannya baru deh kita pakai atasan maternity biar si adek tetap nyaman bergerak dalam kandungan kita

Nah, kalau kita mau belanja baju hamil, ga hanya baju hamil sih mau belanja baju apapun di via daring saya biasanya melakukan beberapa hal berikut :

1. Harus punya meteran badan, saya selalu mengukur berapa lingkar lengan, lingkar paha, lingkar pinggul dan panggul karena penjual daring yang terpercaya pasti akan memberikan deskripsi barangnya dengan lengkap.
2. Lihat review dari pembeli sebelumnya, biasanya semakin banyak review yang ada artinya produk yang kita pilih memang bagus kualitasnya.

3. Jangan sungkan bertanya, biasanya sebuah aplikasi eCommerce akan menyediakan fitur chatting yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan customer service secara langsung.
4. Manfaatkan promo yang sedang berlangsung, jangan lupa untuk selalu subscribe email dari eCommerce karena mereka biasanya selalu mengirimkan email ketika akan ada promo.

" You are beautiful even your body look twice bigger, because you are special. 
A human is growing inside you, be happy and be pretty "