Sunpride, buah lokal bersertifikat internasional

Siapa yang pernah nonton serial anak upin dan ipin? Hampir semua pasti ngacung, ada satu episode upin ipin yang membuat saya kepo akut apa saja sih buah lokal asli Indonesia. Episode yang judulnya "buah tempatan" membahas tentang buah-buahan lokal yang ternyata kandungan gizinya sangat baik bagi tubuh, rasanya enak dan yang pasti harganya juga jauh lebih murah dibandingkan buah import.

Ada yang pernah dengar Sunpride? Menurut kalian Sunpride merk buah lokal atau buah import? Kalau saya awalnya mengira Sunpride adalah buah-buahan yang diimport dari luar negeri. Ternyata saya salah, Sunpride ditanam di tanah air kita tepatnya didaerah Lampung Timur dan di Blitar.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini masyarakat sedang gandrung-gandrungnya menjalani healthy lifestyle. Mulai dari kebiasaan berolah raga hingga mengkonsumsi makanan sehat termasuk buah. Kalau mencari tolak ukur bagaimana buah yang sehat saya juga bingung. Paling saya lihat kulitnya apakah masih segar, daging buahnya apa masih layak alias ga busuk, palingan gitu-gitu aja sih tolak ukur saya kalau mau beli buah baik dipasar tradisional ataupun di supermarket.

Ternyata, buah juga ada sertifikat kelayakannya lho. Salah satu instansi yang mengeluarkan adalah Global Good Agricultural Practice (G.A.P) dan buah-buahan dari Sunpride sudah memperoleh sertifikasinya. Ada Nanas Honi, Pisang Cavendish dan Guava Crystal yang sudah mendapatkan sertifikat ini.

Apa sih Global Good Agricultural Practice ?
Global G.A.P adalah sistem sertifikasi produk yang menerapkan pendekatan sistem produksi untuk memastikan keamanan produk buah segar agar layak untuk dikonsumsi.

Lantas apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa memperoleh sertifikat ini :
  1. Mempunyai sertifikasi sistem keamanan pangan
  2. Tidak ada rekayasa genetik dalam pembibitannya
  3. Dapat ditelusuri melalui sistem yang sudah disediakan
  4. Terjaminnya keselamatan dan kesejahteraan tenaga kerja
  5. Ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial
  6. Buahnya berkualitas tinggi sehingga bisa diterima pasar dunia


Jadi, bukan hanya rasanya saja yang sudah pasti enak tapi hati kita juga ga was-was karena buah-buahan dari Sunpride sudah memperoleh sertifikat internasional. Dan sertifikat ini selalu diperbarui dan ditinjau ulang lho tiap beberapa tahun. Bisa dipastikan bahwa selain kita membantu petani lokal, kita juga memastikan buah yang kita konsumsi terjamin kualitasnya.

Apalagi nih ya, besok kita sudah menjalankan ibadah puasa. Buah biasanya jadi salah satu hidangan wajib saat berbuka ataupun sahur. Kita bisa menyajikan buah-buahan segar ataupun yang sudah diolah jadi takjil yang nikmat.


Kalau saya sih biasanya bawa bekal pisang atau buah potong yang saya masukkan dulu dikulkas kantor. Seringnya saya buka puasa pas perjalanan pulang, jadi untuk membatalkannya ya pakai buah-buahan tadi itu. Karena buah juga bisa membantu pencernaan kita, lambungnya ga langsung kaget gitu, cerna buah-buahan dulu sampai dirumah baru deh makan nasi.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa kita menjadi puasa yang membuat jiwa kita kembali fitrah dan menyehatkan raga kita tentunya.

1 comment:

  1. Aku suka upin ipin, aku suka buah, aku suka sunpride, thanks sharingnyaaa ya mbaak...

    ReplyDelete