5 Model yang Meninggal Tragis

by - November 24, 2017



Model, kalau dengar kata fashion model yang terlintas langsung perempuan-perempuan cantic, tinggi, dan langsing. Meskipun saat ini ada model plus size namun tubuh kurus dan semampai sudah jadi icon kata model itu sendiri.
Namun, sebegitu kejamnya kah dunia model sehingga membuat perempuan-perempuan yang berprofesi sebagai model berusaha setengah mati bahkan sampai jadi mati juga demi sebuah tubuh yang kurus.
Inilah kisah 5 perempuan cantik yang hidupnya berakhir tragis untuk memenuhi kriteria model “sempurna”



Luisel Ramos

Perempuan cantik yang seandainya masih hidup dia seusia saya, dia lahir di Uruguay 33 tahun lalu. Perempuan yang bermata biru kehijauan dengan rambut berwarna pirang gelap ini menghembuskan nafas terakhirnya diusia 22 tahun, tepatnya ditanggal 2 Agustus 2006. Dia meninggal karena gagal jantung yang disebabkan oleh Anorexia Nervosa.

Tragisnya, perempuan cantik ini meninggal dunia sesaat setelah menjalani profesinya sebagai model catwalk, setelah melakukan peragaan busana dan hendak kembali berganti pakaian dia terjatuh dan meninggal.

Tahu nggak berapa berat badan Luisel? Bobotnya hanya 44kg dengan tinggi badan 175 cm, kalau dihitung BMI (Berat Massa Tubuh) nya hanya di angka 14,5 sementara kriteria BMI terendah menurut WHO untuk perempuan dengan tinggi 175cm seharusnya ada di angka 16.

Namun, dengan meninggalnya Luisel akhirnya mata dunia permodelan terbuka lebar, bahkan saat Madrid Fashion Week yang digelar pada September 2006 ditetapkan bahwa para model yang akan memperagakan pakaian selama acara ini harus memiliki BMI minimal 18. Bahkan pada Desember ditahun yang sama, para perancang busana di Italia melarang model-model dengan ukuran pakaian 0 (nol) untuk memperagakan pakaian rancangan mereka.

Eliana Ramos

Kalau melihat nama belakangnya sepertinya Eliana dan Luisel memiliki hubungan kekerabatan. Ya, Eliana adalah adik kandung Luisel Ramos. Bahkan Eliana meninggal diusia yang lebih muda daripada sang kakak, Eliana meninggal diusia 18 tahun. Sama halnya dengan sang kakak, Eliana juga meninggal dunia karena serangan jantung yang disebabkan oleh malnurisi.

Meskipun banyak yang menampik itu, karena seperti diketahui bahwa ayah kaka beradik ini adalah mantan pemain sepakbola yang menerapkan pola hidup sehat, apalagi setelah kematian sang kakak yang disebabkan oleh anorexia. 



Daul Kim

Dari namanya kita tahu bahwa perempuan ini adalah wanita asia berdarah Korea. Kim Daul lahir di Korea Selatan pada 31 Mei 1989. Wajahnya wara wiri diberbagai majalah internasional, bahkan dia juga acap kali berlenggak lenggok di arena Fashion Week. 

Entah apa penyebabnya, Daul ditemukan gantung diri didalam apartmentnta di Paris pada 10 November 2009 silam. Didalam kamarnya ditemukan sebuah catatan yang menyatakan bahwa dia sebenarnya mengalami depresi, merasa selalu sendiri dan mengalami kesulitan tidur. Dia merasa depresi dan frustasi dengan jadwal kerja dan juga tuntutan didunia model.

Padahal kalau kita lihat, sebagai orang awam sih, sepertinya dunia model adalah dunia yang gemerlap, mereka kan sering bertemu dengan banyak orang. Namun ternyata hal itu bukanlah kenyataannya, mereka hidup dalam sebuah drama agar bisa mngikuti ritme dan arus dunia kerjanya. 

Anna Carolina Reston

Anna, perempuan ini meninggal dunia diusia 22 tahun. Karena apalagi kalau bukan anorexia nervosa bahkan juga bulimia. Berat badannya hanya 40 kg dengan tinggi badan 172 cm. Sebelum meninggal dunia, Anna diketahui hanya makan daun selada dan minum diet cola selama 3 bulan.

Anna sebenarnya dilahirkan dari keluarga yang cukup berada, namun dunia modelling menarik perhatiannya dan dijadikan sebagai profesinya. Mengawali sebagai model disuia 13 tahun, Anna sudah dikontrak berbagai agency elit dan sudah berkeliling dunia untuk sesi pemotretan ataupun mengikuti fashion show para perancang terkenal didunia.

Namun, untuk bisa bertahan didunia modelling, dia harus menjaga penampilannya tanpa diimbangi dengan pola hidup yang sehat yang akhirnya berakhir tragis. Anna meninggal dunia karena serangan jantung yang lagi-lagi disebabkan oleh bulimia yang dideritanya.

Vlada Dzyuba

Model cilik dari Rusia ini meninggal dunia saat tengah berada di China. Diusianya yang kala itu baru 14 tahun, vlada sudah melanglang buana dan bekerja layaknya model dewasa. Diberitakan bahwa Vlada meninggal dunia karena kelelahan akibat bekerja selama 13 jam nonstop. Apalagi saat itu perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan, bahkan Vlada harus naik kereta selama 48 jam untuk menuju ketempat kerjanya di China.

Vlada meninggal di tanggal 27 Oktober 2017 di Shanghai China dengan kondisi yang sangat jauh dari keluarganya.

Dari sini bisa kita ambil pelajaran, apalagi sebagai orang tua. Anak boleh-boleh saja punya profesi sebagai apapun, itu hak prerogative dia. Namun kita sebagai orang tua juga punya kewajiban mendampingi mereka, arahkan ketika mereka bingung, bombing ketika mereka mulai melenceng dari yang benar. Apalagi kalau saya lihat, mereka-mereka ini kurang komunikasi dengan keluarga terutama ayah dan ibunya. Jika saja mereka mau terbuka, tidak akan ada orang tua yang akan membiarkan buah hatinya terjurumus dalam sebuah kesalahan apalagi sampai meninggal dunia.

You May Also Like

0 comments